Tips Menata Kamar Anak yang Sempit Agar Terasa Lebih Menarik

16 May 2019

Menata kamar anak yang sempit butuh pertimbangan cukup matang. Anda tentunya tidak mau kalau kamar tersebut malah semakin terlihat sesak karena desain interior yang keliru. Untuk itu, sebaiknya perbanyak referensi Anda tentang cara simpel menata kamar anak. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan di rumah.

1.   Menerapkan satu warna pada dinding kamar

Menata Kamar Anak

pexels.com

Saat menata kamar anak, terapkan konsep satu warna pada dinding ruangan. Selain terkesan lebih simpel dan menonjolkan sisi minimalis, cara ini cukup efektif untuk membuat kamar tampak lebih luas.

Sebaiknya pilih warna-warna yang kalem dan natural, seperti abu-abu misalnya. Kemudian tambahkan dekorasi yang senada. Anda bisa memasang selimut atau sarung bantal dengan warna yang sama dengan dinding kamar.

2. Memiliki sistem pencahayaan yang tepat

Menata Kamar Anak

pexels.com

Anda bisa memberi fokus pada detail-detail kecil di kamar dengan memasang lampu sorot. Selain tampak lebih artistik, pencahayaan dari lampu sorot juga membuat suasana kamar jadi lebih hangat. Kini, lampu dinding dengan bentuk artistik banyak dijual di pasaran. Jadi, Anda tentu tidak akan kesulitan menemukan satu yang pas dengan konsep kamar anak.

3. Memasang rak dinding di atas tempat tidur

Menata Kamar Anak

pexels.com

Ukuran ruangan tidak jadi masalah, selama Anda tahu cara yang tepat untuk mendekorasinya. Ketika menata kamar anak, perhatikan sisi mana saja yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.

Ruang kosong di atas tempat tidur adalah salah satu sudut yang tepat untuk menaruh sebuah rak gantung. Kemudian di bagian bawah dari rak tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk menaruh meja belajar anak.

4. Tempat penyimpanan mainan anak

Menata Kamar Anak

pexels.com

Ingin menata kamar anak agar terlihat menarik dan rapi? Tidak susah, kok! Anda hanya perlu memikirkan sudut mana saja yang pas untuk dipasangi kabinet gantung. Tempat penyimpanan ini juga cukup efisien untuk membuat kamar terlihat lebih rapi. Anda bisa memanfaatkannya untuk menaruh mainan atau barang-barang anak, yang bakal memakan tempat jika itu dibiarkan berserakan di lantai kamar.

5. Membuat mural di dinding

Menata Kamar Anak

pexels.com

Beri sentuhan seni pada kamar anak Anda! Dinding kamar yang polos tampak monoton dan kaku. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan aspek seni yang bisa ditambahkan pada kamar anak.

Mural dinding tentu bisa jadi alternatif yang keren untuk membuat kamar anak terlihat lebih hidup. Tema mural bisa disesuaikan dengan selera anak. Jadi, Anda pun bisa melibatkan anak untuk mendekorasi ulang kamar tidurnya.

6. Memasukkan unsur natural ke dalam kamar

Menata Kamar Anak

pexels.com

Meski kamar anak tidak begitu luas, Anda tetap bisa membuatnya terasa nyaman dan asri. Anda bisa menaruh beberapa tanaman di dalam kamar tidurnya. Pilih yang ukurannya kecil dan tidak memakan tempat. Tanaman seperti kaktus atau tumbuhan yang ditanam di pot mini adalah pilihan yang tepat.

7. Menggunakan tempat tidur susun

Menata Kamar Anak

pexels.com

Apabila kamar tersebut ditiduri oleh dua anak sekaligus, menaruh sebuah tempat tidur susun tentunya lebih efektif. Pilih yang bentuknya ergonomis, namun tetap memiliki sentuhan seni. Untuk membuatnya menyatu dengan tema kamar yang minimalis, pilih warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau light brown. Tambahkan juga hiasan dinding yang menarik dan sebuah karpet lantai dengan warna senada.

Menata kamar anak yang sempit memang tidak mudah. Namun, bukan tidak mungkin untuk membuatnya terlihat lebih luas dan nyaman. Semoga tips di atas bisa memberi Anda inspirasi untuk melakukannya, ya!

Leave a reply
Bingung Memilih Sepatu Nyaman untuk Anak? Baca Tipsnya di Sini8 Jurus agar Bisa Tembus PTN Top

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!