8 Cara Mengajarkan Anak Bernyanyi secara Menyenangkan

6 September 2018

Mau tahu cara mengajarkan anak bernyanyi yang efektif? Ikuti tips dan cara berikut ini.

Dunia anak-anak itu akrab dengan menyanyi. Saat kecil, kita pun melakukan hal yang sama. Kita belajar lagu “Bangun Tidur”, “Cicak-Cicak di Dinding”, “Dua Mata Saya” dan lagu anak lainnya. Akan tetapi ketika kita sudah berstatus sebagai orangtua, terkadang terasa tak mudah untuk mengajarkan bernyanyi pada anak. Lalu apa sebaiknya langkah-langkah metode bernyanyi yang tepat bagi putra-putri kita? Yuk simak tips dan cara mengajarkan anak bernyanyi berikut ini.

Ajak Bernyanyi

Mengajarkan Anak Bernyanyi

Sumber : Orami

Anak itu mudah untuk meniru. Cara mengajarkan anak bernyanyi paling mudah adalah dengan mengajaknya untuk bernyanyi. Kita bisa menyanyi terlebih dulu dan kemudian mengajak anak untuk menirukannya.

Pilih lagu anak-anak yang mudah ditirukan seperti “Bintang Kecil” dan “Naik Kereta Api”. Anak pun akan mudah menyerap dan menghafalnya.

Dengarkan Lagu di Smartphone

cara mengajarkan anak bernyanyi

Sumber : vidoeblocks

Simpan lagu anak di smartphone Anda. Kemudian Anda pun bisa memperdengarkannya kepada anak. Inilah cara mengajarkan anak bernyanyi yang mudah dilakukan.

Dengan cepat anak dapat menirukan lagu yang diputar. Anda dapat menyimpan beberapa lagu anak agar bisa sering diputar ulang. Makin sering mendengarkan lagu tersebut, anak akan makin cepat menguasainya.

Ulangi

cara mengajarkan anak bernyanyi

Sumber : vocalcoach.com

Prinsip penting dalam cara mengajarkan anak bernyanyi adalah sering mengulanginya. Lagu yang kemarin sudah dipelajari anak, hari ini bisa diulangi kembali. Dengan cara ini, anak pun akan lebih cepat menghafal

Dukung Anak

cara mengajarkan anak menyanyi

Sumber : throwbacks.com

Walau mungkin suara anak terdengar lucu atau ada kesalahan yang dilakukan anak, hindari untuk menertawakan atau mencela. Sebab, hal tersebut justru dapat membuat anak menjadi malu. Dikhawatirkan nantinya dapat membuat anak menjadi kurang percaya diri.

Sebagai orangtua, kita perlu memberi semangat anak saat bernyanyi. Dukungan inilah yang dibutuhkan anak agar bisa percaya diri ketika bernyanyi.

Rekam Nyanyian Anak

cara mengajarkan anak bernyanyi

Sumber : preschoolprodigies.com

Manfaatkan smartphone untuk merekam suara anak saat bernaynyi. Ini bisa menjadi cara mengajarkan anak bernyanyi secara praktis. Anak akan senang mendengarkan rekaman suaranya sendiri.

Yang terpenting, hindari untuk memutar rekaman suara anak ini pada orang lain. Dikhawatirkan anak menjadi malu dan akibatnya pun bisa menjadi kurang percaya diri.

Les Menyanyi

cara mengajarkan anak bernyanyi

Sumber : parentsmagazine.com

Jika anak memiliki bakat menyanyi, jangan ragu untuk mengarahkan bakatnya. Anda dapat mengajak anak untuk ikut les menyanyi. Dengan begitu, bakat anak akan terarah dengan baik.

Saat mengikuti kursus atau les menyanyi, anak akan diajarkan teknik pernafasan, intonasi, irama, tempo, dan teknik menyanyi yang benar. Tentu guru menyanyi pun memiliki metode yang sesuai dengan usia anak.

Ikut Kompetisi Menyanyi

Untuk menambah “jam terbang” anak, boleh juga Anda mengikutsertakannya kontes menyanyi. Targetnya tak harus menjadi juara. Yang terpenting adalah anak berani untuk tampil di hadapan banyak orang. Kalau kemudian ternyata anak menang, anggaplah itu sebagai ‘bonus’-nya.

Ajak Anak Menonton Penyanyi Idola

Tentu saja penyanyi cilik. Mungkin di kota Anda sedang ada acara yang menampilkan penyanyi cilik favorit anak. Nah, ini kesempatan baik untuk mengajak anak menyaksikan penampilannya secara langsung.

Dengan nonton langsung dapat memberi inspirasi anak dalam bernyanyi. Anak akan belajar banyak hal, seperti sikap saat di atas panggung dan cara berekspresi saat bernyanyi.

Begitulah beberapa cara mengajarkan anak bernyanyi yang bisa dipraktikkan orangtua. Mari arahkan bakat anak agar bisa tersalurkan dengan baik. Jika memang anak hobi bernyanyi, Anda bisa mendukungnya secara penuh. Siapa tahu nantinya anak Anda bisa menjadi penyanyi terkenal.

Leave a reply
Si Kecil Sekolah Paud? Jangan Lupa Siapkan 5 Peralatan Sekolah Ini!Yuk, Coba 8 Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri Berikut Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!