Ini Lho 5 Persiapan Masuk TK yang Harus Diketahui Ayah Bunda

27 March 2019

Melepas anak pertama kalinya untuk pergi bersekolah kadang cukup menakutkan bagi para orangtua. Si kecil yang setiap hari bermain di rumah tiba-tiba sudah saatnya mengembangkan sayap dan mulai menimba ilmu di institusi formal yaitu Taman Kanak-Kanak (TK). Nah, supaya Ayah Bunda siap mental menyambut hari tersebut, ini lho 5 persiapan masuk TK yang harus Ayah Bunda ketahui.

 

1.   Pelajari Kurikulum Taman Kanak- Kanak yang Ada di Sekitar Tempat Tinggal

Persiapan Masuk TK

kumparan.com

Pada prinsipnya Taman Kanak-Kanak adalah tempat bermain sambil belajar. Jenjang pertama sebelum si kecil benar-benar masuk ke sistem pendidikan wajib yang digariskan oleh pemerintah. Kurikulum di TK biasanya beragam, ada pelajaran mengenal pola dan warna, belajar mengenal angka dan huruf, belajar mencintai lingkungan, hingga belajar norma sopan santun yang ada di masyarakat.

 

Ada baiknya, Ayah Bunda melakukan survei ke sekolah-sekolah yang diincar sebagai bahan pertimbangan untuk persiapan masuk TK. Jangan sungkan bertanya mengenai kurikulum dari masing-masing TK, kualifikasi para pengajar, kelengkapan bahan ajar dan alat bermain, sampai biaya masuk dan SPP per bulannya. Ayah Bunda nantinya bisa berdiskusi cocok tidaknya kurikulum TK tersebut dengan visi misi pendidikan yang Ayah Bunda inginkan untuk si kecil.

 

2. Informasikan pada Si Kecil bahwa Dia akan Bersekolah.

Ini Lho 5 Persiapan Masuk TK yang Harus Diketahui Ayah Bunda

friso.co.id

Ayah Bunda juga sudah harus mengajak si kecil berkomunikasi mengenai perubahan jadwal hariannya, yaitu bersekolah, sejak jauh-jauh hari. Hal ini untuk meminimalisir keterkejutan si kecil dan membuat buah hati Anda lebih adaptif terhadap perubahan jadwal hariannya.

 

Berikan gambaran yang menyenangkan tentang sekolah kepada buah hati Anda sebagai persiapan masuk TK. Ceritakan kepadanya bahwa TK adalah tempat yang penuh dengan hal-hal baru, si kecil bisa bermain gembira bersama teman-temannya. Saat bersekolah, si kecil nantinya bisa mendapat suasana baru, memiliki teman-teman baru, serta belajar berbagai permainan baru.

3. Jelaskan kepada Buah Hati Anda Konsekuensi dari Bersekolah

Persiapan Masuk TK

inspirasipagi.id

Selain menginformasikan hal-hal yang menyenangkan sebagai persiapan masuk TK, Ayah Bunda juga harus menjelaskan konsekuensi bersekolah pada buah hati Anda. Jelaskan padanya bahwa setelah bersekolah si kecil harus bangun lebih pagi dari jadwal biasanya, kemudian sarapan sebelum berangkat ke sekolah, dan tak lupa membawa bekal makan siang dari rumah.

 

Ananda tercinta juga harus diberi pengertian tentang peraturan yang ada di sekolah, bahwa tidak boleh terlambat ke sekolah dan harus mematuhi instruksi bapak ibu guru saat di sekolah. Untuk mempermudah penjelasan ini, Ayah Bunda bisa membuat daftar peralatan yang harus dibawa si kecil setiap harinya dalam bentuk gambar sehingga buah hati Anda juga lebih paham jadwal hariannya.

 

4. Latih Kemandirian Anak

 Persiapan Masuk TK

femaleradio.co.id

Ada baiknya Ayah Bunda juga melatih kemandirian anak sebagai persiapan masuk TK. Ayah Bunda bisa mengajarkan caranya buang air sendiri saat di sekolah, kemudian makan sendiri tanpa disuapi, bagaimana caranya memakai sepatu sendiri, dan mencuci tangan sendiri setelah bermain. Anak yang mandiri biasanya disayang oleh guru-guru di sekolah dan tentunya lebih meringankan beban dari pengajar di TK nantinya.

 

5. Persiapkan Keuangan dengan Baik

 Persiapan Masuk TK

popmama.com

Salah satu manfaat melakukan survei sebagai bagian dari persiapan masuk TK adalah bisa memilih sekolah yang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Memang betul TK yang mahal memiliki fasilitas yang lengkap dibandingkan TK yang SPPnya lebih murah, namun bukan berarti TK yang lebih murah kualitas pendidikannya lebih rendah lho ya.

 

TK yang mahal belum tentu sesuai dengan kondisi keuangan Ayah Bunda sekeluarga. Apalagi biaya pendidikan cenderung naik minimal 10% setiap tahunnya, Ayah Bunda. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar menyiasati keuangan keluarga, dan disarankan menabung biaya pendidikan anak-anak sejak dini.

 

Demikian 5 langkap persiapan masuk TK yang bisa kami bagikan. Semoga cukup jelas dan bermanfaat ya, Ayah Bunda. Jangan lupa untuk mempraktekkan informasi ini bersama si kecil. Selamat mencoba!

 

Leave a reply
Ini Dia Pentingnya Pendidikan Dini Menurut para AhliPencernaan Anak Sering Bermasalah? Pelihara Bakteri Baik dengan Cara Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!