Ciri Preschool yang Memiliki Kualitas Bagus Untuk Anak

18 February 2019

Sebelum memasuki Taman Kanak-Kanak alias TK, anak-anak biasanya mengikuti pelajaran di preschool alias kelompok bermain. Di kelompok bermain, anak-anak bisa belajar untuk berkenalan dengan anak sebaya, melatih kemampuan motorik dan kognitifnya. Meski begitu, tidak semua preschool memiliki kualitas yang baik.

Nah, jangan sampai anak Anda malas bersekolah bahkan trauma hanya karena Anda salah memilih preschool. Kenali beberapa ciri preschool yang berkualitas dan layak untuk menjadi pilihan sekolah pertama anak:

Bersih

Ingat, kebersihan adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan bila memilih sekolah untuk anak. Anak-anak amat rentan pada penyakit dan vaksinnya belum sempurna. Maka dari itu, ciri preschool yang bersih jelas aman untuk anak dan tidak akan membuat Anda khawatir.

Bayangkan apabila kelompok bermain yang Anda pilih tidak mengutamakan kebersihan. Lantai, mainan, dan buku-bukunya begitu kotor dan berdebu. Bayangkan anak Anda memegang hal-hal tersebut kemudian memasukkan tangan ke mulutnya. Tentu saja anak bisa terkena penyakit seperti flu dan diare. Jangan sampai hal itu terjadi, ya.

 

Kurikulum yang sesuai

Ciri preschool yang ini sebetulnya relatif, karena kebutuhan kurikulum setiap anak berbeda-beda. Nah, pastikan kelompok bermain yang Anda pilih memiliki kurikulum yang cocok untuk anak Anda dan sesuai dengan ajaran dasar di rumah.

Bila ada perbedaan pengajaran antara kelompok bermain dan rumah, tentunya hal ini akan sangat membingungkan anak. Misalnya, Anda ingin anak menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu pertama. Nah, sebaiknya pilih kelompok bermain dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia. Sebaliknya, apabila Anda ingin Bahasa Inggris menjadi bahasa utamanya, pilih kelompok bermain dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

 

Guru yang baik dan sabar

Ciri preschool berikutnya yang tak kalah penting adalah para pengajar yang baik dan sabar. Ya, pernah ada beberapa kasus di mana guru-guru kelompok bermain berbuat kasar kepada anak didiknya sendiri karena kesal.

Kenakalan pada anak batita merupakan sebuah kondisi yang wajar. Nah seorang guru di kelompok bermain seharusnya menyadari hal itu. Alih-alih terpancing emosi, seharusnya mereka bisa sabar dan justru dapat mengatasi kelasakan anak dengan baik. Jadi, periksa rekam jejak kelompok bermain yang akan dimasuki anak anda dan pastikan guru-guru di sana sabar, ya.

 

Tidak pengap dan bising

Ada beberapa kelompok bermain yang menyediakan kelas dalam jumlah yang banyak. Nah, penataan yang kurang baik dan terlalu banyaknya kelas seringkali membuat proses belajar mengajar menjadi tidak optimal. Anak pun merasa tidak nyaman dan seringkali bisa sakit.

Nah, pastikan kelompok bermain yang Anda pilih memiliki suasana kondusif dan tidak menyediakan terlalu  banyak kelas, ya. Selain mudah kotor, kelompok bermain yang kelasnya terlalu banyak juga membuat guru tidak optimal dalam mengajar.

 

Biaya dan fasilitas yang sepadan

Ini adalah ciri preschool yang tidak sebaiknya Anda abaikan. Biaya mahal belum tentu menawarkan fasilitas yang baik. Hal ini tidak hanya merugikan anak, tetapi juga merugikan Anda sebagai orangtua.

Untuk itu, sebaiknya Anda cek fasilitas apa sajakah yang akan Anda dapatkan saat mendaftar di kelompok bermain tersebut. Pastikan fasilitasnya memang sepadan dengan harga yang sudah Anda bayar. Anda bisa bertanya mengenai fasilitas-fasilitas tersebut saat trial class ya.

Nah, itulah beberapa ciri preschool berkualitas yang harus diperhatikan orangtua. Ingat, jangan salah pilih supaya anak tidak mengalami trauma dan berpengaruh terhadap perkembangan edukasinya di masa depan ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ini Dia 5 Faktor yang Membuat Anak Terlambat Bicara5 Hal yang Membuat Anak Tidak Suka Bergaul dan Cara Mengatasinya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!