Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak agar si Kecil Tidak Mudah sakit

24 February 2018

Anda ingin anak Anda sehat dan jarang sakit? Anda perlu meningkatkan kekebalan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit. Kekebalan tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri atau penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa tips meningkatkan kekebalan tubuh anak agar tidak mudah sakit:

Berikan Makanan Sehat

Berikan Makanan Sehat  magazine.orami.co.id

Berikan Makanan Sehat magazine.orami.co.id

Tips meningkatkan kekebalan tubuh anak yang pertama yaitu memberikan makanan sehat untuk si kecil. Makanan sehat dapat menunjang terbentuknya kekebalan tubuh yang baik pada anak.

Makanan yang sehat merupakan makanan dengan gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak serta serat pangan yang cukup. Lengkapi makanan sehat ini dengan buah-buahan segar atau jus buah. Buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, kiwi, memiliki kadar antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah sakit.

Sayur juga merupakan komponen penting yang harus ada di dalam menu makanan si kecil. Jika anak kurang suka makan sayur, Anda bisa mencoba mengolahnya menjadi nugget atau salad sehingga lebih menarik bagi si kecil.

Berikan Minum yang Cukup

Berikan Minum yang Cukup 4.bp.blogspot.com

Berikan Minum yang Cukup 4.bp.blogspot.com

Tips meningkatkan kekebalan tubuh anak yang kedua adalah memberikan minum yang cukup. Anda perlu memberikan minum yang cukup pada anak karena tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membantu organ di dalam tubuh berfungsi secara optimal. Jika organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik, maka risiko sakit pada anak dapat ditekan.

Memberikan minum yang cukup juga dapat menghindarkan anak dari kondisi dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi kekurangan cairan pada tubuh yang dapat memicu terjadinya kematian pada anak. Jadi, pastikan anak Anda mendapatkan cairan yang cukup untuk tubuhnya, bisa dari susu, jus buah, maupun air gula atau air mineral.

Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup akalmu.com

Tidur yang Cukup akalmu.com

Tips meningkatkan kekebalan tubuh anak yang ketiga yaitu memastikan dia tidur dengan cukup. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon yang dapat meregenerasi sel pada malam hari. Jika regenerasi sel berfungsi secara baik, maka risiko sakit dapat ditekan. Selain itu, tidur yang cukup  juga dapat mengurangi risiko stres pada anak.

Lakukan Vaksinasi

Lakukan Vaksinasi www.parenting.co.id

Lakukan Vaksinasi www.parenting.co.id

Tips meningkatkan kekebalan tubuh yang keempat yaitu memberikan vaksinasi lengkap pada anak. Vaksinasi dapat memberikan kekebalan tubuh pada anak terhadap beberapa penyakit yang spesifik seperti difteri, tetanus, pertusis, hepatitis B, polio, campak, rubella, dan berbagai penyakit lainnya.

Berikan Vitamin

Berikan Vitamin greenspointdental.com

Berikan Vitamin greenspointdental.com

Tips meningkatkan kekebalan tubuh yang kelima yatu memberikan vitamin pada anak. Vitamin berfungsi untuk membuat tubuh anak lebih sehat dan lebih kuat serta lebih kebal terhadap penyakit. Saat ini juga terdapat multivitamin yang telah dilengkapi DHA dan Omega 3 sehingga  mendukung kecerdasan otak si kecil.

Jangan Terlalu Protektif

Jangan Terlalu Protektif cdn3.mycity4kids.com

Jangan Terlalu Protektif cdn3.mycity4kids.com

Tips meningkatkan kekebalan tubuh yang keenam yaitu tidak memperlakukan anak secara over protective. Anak yang terlalu dikekang dapat mengalami tekanan jiwa atau stres. Saat tubuh mengalami stres, maka kadar hormon Cortisol akan meningkat dan dapat menekan sistem imunitas. Jadi, agar kekebalan tubuh anak tidak menurun maka usahakan anak terhindar dari stres.

Ajak Anak Berolahraga

Ajak Anak Berolahraga cdn.idntimes.com

Ajak Anak Berolahraga cdn.idntimes.com

Tips meningkatkan kekebalan tubuh yang ketujuh yaitu rajin berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh. Anda bisa mengajak si kecil melakukan senam ringan atau jogging dan bermain di sekitar rumah.

Olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi organ dan mempercepat pertumbuhan anak. Anak yang sering diajak berolahraga cenderung memiliki nafsu makan yang lebih baik dan tidak mudah stres.

Demikian beberapa tips meningkatkan kekebalan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Selamat mencoba.

Leave a reply
Tips Mencegah Stres pada AnakBunda, Berikan Makanan untuk Perkembangan Otak Anak Berikut Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!