10 Sumber Kalsium untuk Anak Selain Susu

17 January 2018

Bukan suatu rahasia bila anak membutuhkan kalsium yang cukup selama masa perkembangannya. Pasalnya, kalsium memiliki peran penting dalam pertumbuhan  tulang dan gigi. Meski kalsium banyak terkandung dalam susu, bagi sebagian anak, susu menjadi hal yang tidak menyenangkan bahkan bisa menyebabkan alergi. Berikut ulasan tentang 10 sumber kalsium untuk anak selain susu.

Ikan Sarden

Kalsium untuk Anak Selain Susu

4.bp.blogspot.com

Ikan sarden adalah jenis makanan yang bisa memberikan asupan kalsium untuk anak ketika anak tak suka minum susu. Tahukah Anda bahwa ikan sarden mengandung 382 mg kalsium di setiap 100 g-nya. Sumber kalsium tersebut berasal dari tulang lunak yang ada pada ikan sarden. Oleh karena itu, bila sang buah hati mengonsumsi ikan sarden, ada baiknya tulang lunaknya tidak dibuang.

Yoghurt

Kalsium untuk Anak Selain Susu

miami.eat24hours.com

Yoghurt adalah olahan susu yang sering dimasukkan sebagai daftar makanan sehat. Salah satu kandungan nutrisi pada yoghurt yang penting untuk anak ialah kalsium. Dibandingkan dengan yoghurt full fat, yoghurt rendah lemak lebih banyak mengandung kalsium. Meski begitu, Anda bisa memilih jenis yoghurt yang sesuai dengan kebutuhan kalsium si buah hati.

Brokoli

Kalsium untuk Anak Selain Susu

static01.nyt.com

Selain hewan, sayuran hijau juga bisa menjadi sumber kalsium untuk anak, salah satunya yaitu brokoli. Di setiap 50 g brokoli, setidaknya mengandung 30 mg kalsium. Lebih dari itu, brokoli juga kaya akan vitamin C dan vitamin K yang bermanfaat untuk anak.

Keju

Kalsium untuk Anak Selain Susu

www.pegipegi.com

Keju adalah olahan susu yang banyak digemari oleh seluruh kalangan. Tak hanya rasanya yang enak, keju juga memiliki segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Mulai dari protein, vitamin, fosfor, hingga kalsium. Karena kadar kalsium yang tinggi, Anda bisa menjadikan keju sebagai sumber kalsium yang bisa menopang pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Jeruk

Kalsium untuk Anak Selain Susu

resepkoki.id

Jika umumnya jeruk dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, nyatanya jeruk juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat seperti kalsium. Ya, buah berwarna oranye ini mengandung setidaknya 60 mg kalsium di setiap buahnya.

Tahu

Kalsium untuk Anak Selain Susu

caradunia.com

Meski dikenal sebagai jenis makanan sederhana, maka tidak dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam tahu. Selain protein nabati, makanan berbahan kedelai ini memiliki kadungan kalsium yang tinggi dan sangat cocok bila dikonsumsi oleh si kecil yang berada dalam masa perkembangan.

Ikan Salmon

Kalsium untuk Anak Selain Susu

resepresto.com

Sering tampil sebagai salah satu bahan untuk membuat sushi, jenis ikan yang satu ini ternyata mengandung kalsium yang berguna untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang nantinya akan membantu penyerapan kalsium pada tubuh buah hati Anda.

Kacang Almond

Kalsium untuk Anak Selain Susu

static.viva.co.id

Merupakan makanan dari jenis kacang-kacangan, Almond bisa dijadikan asupan kalsium untuk anak. Setiap 100 g kacang almond, mengandung kalsium hingga 264 mg. Terlebih, kacang almond mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin, serat, dan mineral yang diperlukan untuk perkembangan otak dan tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu memilih kacang almond sebagai camilan sehat untuk anak Anda.

Lobak

Kalsium untuk Anak Selain Susu

2.bp.blogspot.com

Lobak adalah umbi-umbian yang kaya akan kandungan gizi seperti vitamin C, sodium, vitamin K, protein, karbohidrat, dan kalsium. Setiap 100 g lobak mentah, mengandung 25 mg kalsium yang berguna untuk anak. Untuk menarik minat sang buah hati, ada baiknya Anda mengolah lobak menjadi hidangan yang unik.

Buah Ara

Kalsium untuk Anak Selain Susu

khasiat.co.id

Nama lain dari buah arah adalah buah tin. Buah dengan rasa manis ini, mengandung beberapa nutrisi penting seperti antioksidan, serat, dan kalsium. Bila si buah hati sering mengonsumsi buah ara, maka kalsium yang terkandung di dalamnya bisa meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang pada anak.

Selama proses pertumbuhan tulang pada anak masih berlangsung, maka asupan kalsium harus terpenuhi dengan baik. Bila si kecil tak suka susu, 10 jenis makanan di atas bisa menjadi sumber kalsium untuk anak. Dari jenis makanan tersebut, Anda bisa berkreasi untuk membuat hidangan yang menarik bagi anak. Jadi, Selamat mencoba.

Leave a reply
Variasi Tata Rambut Anak untuk ke SekolahBunda, Latih Motorik Anak dengan 7 Kegiatan Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!