4 Jenis Camilan Sehat untuk Anak Anda

9 November 2017

Salah satu tugas sebagai orang tua adalah memenuhi kebutuhan pangan anak-anak, termasuk di antaranya menyediakan camilan sehat untuk mereka. Periode emas perkembangan pada masa kanak-kanak harus diimbangi dengan asupan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Pilihlah camilan favorit anak Anda yang enak dan tetap sehat. Bila perlu, buatlah sendiri cemilan tersebut agar kadar nutrisinya dapat dikontrol. Lalu, Apa saja jenis camilan sehat untuk anak-anak? berikut 4 jenis yang dapat Anda berikan untuk mereka.

Cemilan Berjenis Buah

Cemilan Berjenis Buah - cbc.ca.com

Cemilan Berjenis Buah – cbc.ca.com

Salah satu camilan yang sehat untuk anak-anak adalah buah. Akan tetapi, menyajikan buah potong untuk anak terkadang kurang diminati. Sebagai orang tua, Anda harus menyajikan buah tersebut sebagai bentuk yang diminati anak.

Buah-buahan mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan anak untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu, mengolah buah tersebut menjadi camilan sehat diperlukan agar anak suka memakannya. Misalnya, berikan pisang, apel, atau melon yang dilumuri cokelat masak untuk selingan makanan sehat.

Oatmeal yang Anda kreasikan dengan bahan buah dapat menjadi pilihan. Misalnya oatmeal mangga dengan taburan kelapa.  Caranya, masukan potongan mangga yang kecil-kecil pada adonan oatmeal lalu taburi dengan parutan kelapa. Hem, pasti menjadi favorit anak-anak Anda.

 Camilan Berbahan Susu

Camilan Berbahan Susu - cdns.klimg.com

Camilan Berbahan Susu – cdns.klimg.com

Salah satu camilan sehat dapat dibuat dengan bahan susu. Misalnya, kue-kue kering. Anda dapat pula menyajikan pudding dengan campuran susu segar.

Susu sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang sebab mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan. Apabila anak Anda tidak menyukai susu, buatlah susu sebagai campuran camilan untuk mereka.

Salah satu resep camilan berbahan susu  yang dapat diberikan untuk si buah hati adalah pancake susu. Dengan bahan telur ayam, susu cair, tepung kentang, dan gula pasir, Anda dapat membuat pancake yang enak dan bergizi.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah mengatur porsi makan Anak. Anak usia 2 – 5 tahun rawan obesitas. Untuk mencegahnya, aturlah porsi dan jenis makanan untuk anak.

Camilan Berjenis Minuman

Camilan Berjenis Minuman - lighthouse-indonesia.com

Camilan Berjenis Minuman – lighthouse-indonesia.com

Pilihlah jenis minuman yang sehat untuk anak. Anak kecil biasanya senang sekali minum es. Meskipun terlalu banyak minum es membuat anak sakit, sesekali menyuguhkan es yang sehat untuk anak tidak ada salahnya.

Paduan es dengan bahan buah-buahan atau susu dapat memberikan jawaban. Misalnya es sumsum pisang. Pisang raja masak ditambah dengan nangka dan tapai ketan dapat Anda coba. Sajikan minuman tersebut anak pulang sekolah. Hem, pasti Anda akan menjadi seseorang yang sangat dinantikan oleh si buah hati.

Jika Anda tidak punya banyak waktu, buatlah jus buah sehat. Berikan jus tersebut pada pagi hari atau jus dengan es pada siang hari.

Camilan Berbahan Sayuran

Camilan Berbahan Sayuran - searchexceed.com

Camilan Berbahan Sayuran – searchexceed.com

Sayuran termasuk nutrisi yang sangat dibutuhkan anak, tetapi jarang disukai. Anak yang sulit makan sayur dapat dibiasakan dengan mengolahnya menjadi camilan sehat.

Kandungan zat besi pada bayam dan sayuran hijau lainnya sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Sayuran selalu identik sebagai pendamping makanan berat. Akan tetapi, sayur-sayuran dapat diolah menjadi camilan yang enak dan disukai anak-anak.

Resep camilan berbahan sayur dapat Anda coba di rumah. Misalnya cake bayam, roti wortel, dan bakwan sayur. Cake selalu identik dengan sesuatu yang manis. Akan tetapi, cake yang ditambah dengan bayam dan roti yang dicampur dengan wortel dapat diolah dengan sangat enak untuk camilan. Jika Anda kesulitan, cukup buatkan bakwan sayur yang sehat. Bakwan yang dijual di luar terkadang meragukan proses penggorengannya, tetapi buatan Anda sendiri tentu lebih sehat.

Bagaimana ide camilan sehat di atas? Anda tertarik untuk membuatnya? Yang penting sesekali buatlah camilan buatan sendiri untuk anak. Camilan yang Anda buat sendiri menunjukkan perhatian Anda kepada anak. Mereka akan selalu menunggu Anda memasaknya. Jajan yang dibuat sendiri juga lebih sehat pastinya. Selamat memasak!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
4 Contoh Perhatian agar Anak Tidak Menjadi Korban BullyMemilih Baju Anak Perempuan yang Pas? Begini Caranya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!