Coba 5 Makanan Berikut untuk Memasukkan Sayur dan Buah ke Dalam Menu Harian Anak

24 April 2017

Tidak ada yang lebih menyenangkan melihat si kecil makan dengan lahap dan tidak pilih-pilih. Namun terkadang, ada anak yang sulit menerima makanan baru apalagi jika berhubungan dengan buah dan sayur. Kalau sudah begitu, orang tua perlu lebih kreatif lagi dalam memasukkan komposisi sehat dalam menu harian anak.

Beberapa makanan yang sering ditolak oleh anak adalah sayuran hijau, alpukat, dan wortel. Ternyata, makanan tersebut bisa disembunyikan di dalam makanan. Dengan tampilan yang cantik, nutrisi penting untuk tubuhnya akan tetap terpenuhi tanpa dia sadari – dan tentunya, tanpa penolakan.

Selain sehat, kebersihan pun akan lebih terjamin karena Anda sendiri yang menyiapkan menu harian anak. Nah, beberapa makanan berikut bisa menambah ide Anda dalam memasukkan bahan sehat dalam makanan anak.

1. Nugget Ayam Isi Wortel

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Alih-alih membeli nugget kemasan siap masak, Anda bisa membuat nugget sendiri. Dengan bahan utama daging ayam cincang dan wortel, Anda dapat memasukkan nutrisi wortel ke makanan favorit anak-anak ini. Selain itu, nugget buatan Anda juga bisa disimpan ke lemari es bagian pembeku untuk digoreng kemudian.

 

2. Es Stik Buah

source - pixabay

source – pixabay

 

Di musim panas, es stik bisa menjadi cemilan yang menarik bagi anak-anak. Anda dapat membuat kreasi es stik dengan jus alpukat atau susu yang berisi potongan buah. Tentunya, membuat es stik sendiri akan lebih sehat dibandingkan membeli es siap konsumsi.

 

3. Telur Dadar Warna-Warni

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Telur dadar warna-warni dibuat dengan isian buncis, jagung, dan wortel yang dipotong kecil-kecil. Warna oranye dari wortel, hijau dari buncis, serta kuning dari jagung akan memberi kesan ceria pada makanan ini. Selain di buat telur dadar, telur dengan isian sayur ini juga bisa dimasak dengan cara dipanggang di dalam loyang muffin. Ini bisa menjadi camilan atau pendamping karbohidrat dalam menu harian anak.

 

4. Makaroni Panggang Isi Kembang Kol

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Makaroni panggang atau dikenal juga dengan macaronischotel bisa divariasikan dengan memasukkan kembang kol ke dalam resep. Selain memiliki warna yang sama, tekstur kembang kol yang sudah matang juga mirip dengan makaroni. Dengan begitu, makanan yang sarat akan karbohidrat dan protein ini bisa mendapatkan nutrisi tambahan dari kembang kol.

 

5. Bolu Pisang

Source -resepharian

Source -resepharian

 

Bolu ini adalah camilan yang manis dan pasti disukai oleh anak Anda. Cara membuat bolu ini sama dengan membuat bolu pada umumnya, tetapi dengan tambahan pisang yang sudah dilumatkan. Pisang akan membuat bolu harum dan manis secara alami. Selain itu, bolu pisang bisa dipercantik dengan butiran coklat atau keju untuk menarik minat makan anak Anda.

Bukan hanya untuk menu makanan sehari-hari, menu di atas juga bisa Anda gunakan sebagai bekal makanan untuk pergi ke sekolah. Bekal makanan adalah salah satu menu penting bagi anak yang sudah bersekolah karena hampir setengah dari hari si kecil dihabiskan di sekolah. Seperti yang kita tahu, membawakan bekal makanan untuk anak ke sekolah ternyata penting dan bermanfaat. Jadi, usahakan bekal makanan yang Anda siapkan sarat akan nutrisi dan mengundang selera.

Sebenarnya, menyembunyikan sayur dan buah dalam menu harian anak hanyalah salah satu cara untuk membiasakan anak dengan menu sehat. Kalau anak sudah mulai terbiasa, Anda bisa memberikan variasi menu dengan sayur dan buah lainnya. Yang terpenting, dengan memberi makanan bernutrisi, Anda sudah mengajarkan gaya hidup sehat pada anak.

Leave a reply
Mengenalkan Konsep Orisinalitas dan Kreativitas Anak Sejak DiniUsia Terbaik untuk Memulai Pendidikan Formal Anak
All comments (2)

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!