Cara Mengajarkan Gaya Hidup Sehat pada Anak TK

1 March 2017

Gaya hidup sehat harus dikenalkan pada anak sejak dini. Gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu beberapa penyakit serius pada anak dan obesitas. Untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada anak, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda praktikkan untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada balita atau anak TK dan SD:

  1. Jadilah Teladan bagi Anak dan Keluarga

Jadilah Teladan bagi Anak dan Keluarga

Jadilah Teladan bagi Anak dan Keluarga – Pixabay.com

Jika ingin mengajarkan sesuatu kepada anak, Anda harus melakukannya terlebih dahulu. Jadilah teladan untuk anak-anak. Anda bisa memulainya dengan rajin berolahraga dan mengikutkan anak dalam kegiatan tersebut. Ajak anak Anda berjalan-jalan keliling kompleks perumahan, atau ajak anak berjalan kaki ke warung atau pasar dekat rumah.

Dengan contoh nyata dari Anda, anak akan lebih semangat dalam melakukan sesuatu, termasuk gaya hidup sehat. Dengan cara ini, Anda mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu menjadi lebih bugar dan mengajarkan anak untuk bergaya hidup sehat. Bukankah hal tersebut menyenangkan?

  1. Ajarkan Pola Hidup Sehat pada Anak

Ajarkan Pola Hidup Sehat pada Anak

Ajarkan Pola Hidup Sehat pada Anak – Pexels.com

Gaya hidup sehat pada anak erat kaitannya dengan pola hidup sehat. Untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada anak, perhatikan dahulu pola hidup keluarga Anda, Mulailah untuk mengenalkan pola hidup sehat pada anak. Anda bisa memulainya dengan mewajibkan anak cuci tangan sebelum makan, serta gosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga wajib belajar mengenai menyediakan makanan sehat bagi anak dan keluarga. Jangan terbiasa mengajak anak dan keluarga makan di luar dan makan jajanan yang kurang sehat.

  1. Berikan Bekal Sehat pada Anak

Berikan Bekal Sehat pada Anak

Berikan Bekal Sehat pada Anak – Pexels.com

Ketika berangkat ke sekolah, cukupi kebutuhan nutrisi anak Anda dengan memberinya bekal sehat. Gaya hidup sehat pada anak dimulai sejak dini dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di sekolah. Sekarang ini banyak jajanan anak-anak yang mengandung bahan pengawet dan pewarna makanan yang melebihi ambang batas. Hal tersebut tentunya membahayakan kesehatan anak.

Untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada anak, berikanlah buah hati Anda bekal makanan sehat, misalnya puding buah dan roti isi daging tanpa lemak. Selain mengajarkan gaya hidup sehat, memberikan bekal makanan sehat pada anak juga mengurangi pengeluaran keluarga. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk kebutuhan jajanan anak di sekolah.

Kehabisan ide mau membuatkan bekal sehat seperti apa? Tenang, di sini ada tips membuat bekal yang praktis dan mudah.

  1. Beri Pengetahuan tentang Pentingnya Gaya Hidup Sehat

Beri Pengetahuan tentang Pentingnya Gaya Hidup Sehat

Beri Pengetahuan tentang Pentingnya Gaya Hidup Sehat – Wikimedia.org

Sedikit demi sedikit, berilah pengetahuan mengenai pentingnya gaya hidup sehat pada anak. Beri pemahaman bahwa anak perlu menjaga kesehatan dirinya saat ini demi masa depannya kelak. Selain itu, pahamkan juga bahwa gaya hidup yang kurang sehat bisa menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya.

Jika memungkinkan, berilah contoh yang nyata. Misalnya, ceritakan mengenai saudara atau tetangga yang giginya sudah berlubang padahal usianya masih 15 tahun. Ceritakan penyebabnya dan pahamkan bahwa gaya hidup sehat bisa menghindarkan anak dari hal semacam ini.

  1. Beri Variasi Makanan Sehat

Beri Variasi Makanan Sehat

Beri Variasi Makanan Sehat – Pixabay.com

Ketika sedang mengajarkan gaya hidup sehat pada anak, sebaiknya Anda juga belajar untuk membuat variasi makanan sehat agar anak tertarik. Anak-anak lebih tertarik pada makanan yang bentuk dan warnanya menarik jika dibandingkan dengan makanan yang tampilan dan warnanya biasa saja. Tak ada salahnya Anda membuka beberapa situs web untuk mencari inspirasi variasi makanan sehat untuk anak dan keluarga.

Nah, itulah 5 cara untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada anak. Mudah untuk dipraktikkan, bukan?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Inspirasi Bekal Makanan Sehat untuk Anak TKPentingnya Pendidikan Emosi pada Anak
All comments (1)
  • […] ada cara lain untuk mencegah obesitas pada anak selain mempraktikkan gaya hidup sehat. Anak harus dikenalkan pada gaya hidup sehat sedini mungkin. Perkenalan dengan […] Read More[…] ada cara lain untuk mencegah obesitas pada anak selain mempraktikkan gaya hidup sehat. Anak harus dikenalkan pada gaya hidup sehat sedini mungkin. Perkenalan dengan gaya hidup sehat […] Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!