Tips Mengajarkan Anak TK untuk Menabung

27 February 2017

Menabung adalah satu hal yang sangat penting. Dengan menabung, Anda telah menyiapkan uang tambahan untuk keperluan dadakan. Namun, ternyata menabung harus dilatih sejak dini, lo. Anak TK pun sudah bisa diajarkan untuk menabung, asalkan Anda mau melatihnya dengan sabar.

Lalu, bagaimana cara untuk mengajarkan anak TK menabung? Begini caranya:

1. Berilah Pengetahuan mengenai Uang dan Manfaatnya

Mengajarkan Anak untuk Menabung

Mengenal Uang – Pixabay.com

Sebelum mengajari anak untuk menabung, terlebih dahulu Anda harus memahamkan anak mengenai konsep sederhana uang. Anda bisa memulainya dengan memahamkannya dengan jenis uang (logam dan kertas), jumlah uang (ribuan, puluhan ribu, dan ratusan ribu), serta manfaat uang.
Ketika anak sudah mampu memahami konsep sederhana tentang uang, Anda bisa mulai memahamkan arti menabung.

2. Berilah Tanggung Jawab pada Anak mengenai Uang Sakunya

Mengajarkan Anak untuk Menabung

Tanggung Jawab ada Uang – Pixabay.com

Ketika sekolah di TK, memberikan uang saku pada anak adalah hal yang lumrah. Namun, di sini Anda bisa memulai untuk mengajarkannya menabung. Ketika Anda memberikan uang saku, selalu selipkan nasihat tertentu, misalnya, “Sisihkan sebagian uang ini untuk ditabung di celengan ya.” Sedikit demi sedikit, nasihat tersebut bisa mengajak anak TK untuk menabung.

3. Pahamkan Anak mengenai Tujuan Menabung

Mengajarkan Anak untuk Menabung

Menabung – Pixabay.com

Jika Anda menyuruh atau mengajarkan anak untuk menabung, jangan sampai terlewatkan untuk memahamkan anak tentang pentingnya menabung. Selain tujuan jangka pendek, ajarkan juga tujuan atau manfaat jangka panjang dari menabung. Inilah beberapa contoh manfaat menabung yang bisa Anda ajarkan kepada anak Anda adalah:

a. Uang tabungan bisa digunakan untuk membeli mainan kesukaan tanpa meminta uang dari orang lain.
b. Uang tabungan bisa digunakan untuk membantu saudara jika membutuhkan sesuatu, misalnya buku baru atau pensil warna yang baru.
c. Uang tabungan yang dimiliki anak Anda pada saat ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak saat dirinya dewasa nanti, misalnya untuk biaya membeli sepeda ketika dirinya sudah masuk SMP atau untuk biaya tambahan membeli seragam ketika sudah masuk SD.
d. Di sisi lain, menabung juga bisa menjadi cara yang asyik untuk sekaligus belajar matematika lo. Caranya dengan mengajak anak menghitung berapa uang yang telah ditabungnya atau dengan menghitung perkiraan jumlah tabungannya dalam jangka beberapa bulan ke depan.

4. Beri tahu Hadiahkan Celengan Imut-imut untuk Sang Buah Hati Anda

Mengajarkan Anak untuk Menabung

Celengan – Pixabay.com

Anak TK sangat menyukai benda-benda yang berbentuk menarik. Ketika Anda sedang mengajarkannya menabung, tak ada salahnya jika Anda membelikan atau menghadiahkan sebuah celengan yang berbentuk imut-imut. Dengan celengan yang berbentuk menarik, anak TK akan lebih tertarik untuk menabung. Akan lebih baik jika Anda juga menamai celengan tersebut dengan nama yang lucu agar terkesan lebih menarik untuk anak.

5. Mengenalkan Menabung dan Berhemat dengan Permainan? Mengapa Tidak?

Mengajarkan Anak untuk Menabung

Mengenalkan Berhemat dengan Permainan – Flickr.com

Pernahkah Anda melihat anak TK yang sedang bermain monopoli? Ternyata, mainan ini bisa kita gunakan untuk mengajarkan cara berhemat dan menabung pada anak, lo. Di dalam permainan ini, anak dituntut untuk berpikir mengenai prioritas kebutuhan. Jadi, anak akan belajar mengenai kebutuhan mana yang harus segera dipenuhi dan kebutuhan mana yang tidak terlalu penting saat ini.

6. Jadilah Teladan

Mengajarkan Anak untuk Menabung

Jadi Teladan – Wikimedia.org

Kunci utama dari seluruh cara di atas adalah menjadi teladan bagi anak. Ya, sebagai orang tua, sudah seharusnya Anda menjadi teladan, terutama dalam hal menyisihkan uang. Sebagai contoh, ajaklah anak Anda berbelanja ke pasar tradisional ketimbang ke mal atau pusat perbelanjaan lainnya. Dengan cara ini, Anda bisa memahamkan anak untuk lebih berhemat dalam menggunakan uang.

Nah, itulah tadi 6 cara untuk mengajarkan anak TK menabung. Bagaimana, sudah siapkah Anda melatih anak untuk menabung sejak dini?

Leave a reply
Ketahui Gangguan Kesehatan yang Kerap Mengintai Si KecilInspirasi Bekal Makanan Sehat untuk Anak TK

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!