Mau Liburan Jauh? Baca dulu 10 Tips Agar Anak Nyaman di Pesawat

28 December 2018

Saat akan liburan menuju destinasi yang jauh, tentunya lebih efisien menggunakan pesawat. Namun, membuat anak nyaman selama perjalanan di pesawat menjadi tantangan bagi orang tua. Tentunya Bunda dan Ayah tidak ingin liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi mimpi buruk.  

Nah, sebagai solusinya, Anda bisa mencoba cara-cara seperti di bawah ini agar anak nyaman di pesawat:

Bagi menjadi dua penerbangan

Anak Nyaman di Pesawat

happybodyformula.com

 

Jika Anda dan keluarga memutuskan untuk liburan jauh keEropa atau Amerika, sebaiknya gunakan pesawat dengan dua kali penerbangan. Dalamjeda waktu ke penerbangan berikutnya, Anda bisa menginap dulu di hotel, bermainbeberapa jam di theme park, berendamair hangat di hotel, atau makan siang di restoran. Lebih baik lagi jika Andamenggunakan pesawat di malam hari agar anak tidur di perjalanan.

Gunakan bandara sebagai tempat bermain

Datanglah ke bandara lebih awal dan biarkan anakmenghabiskan energinya untuk bermain. Dengan cara ini, anak tetap senang namunakan lelah setelah bermain. Diharapkan, si buah hati bisa tidur ketika beradadi dalam pesawat.

Hati-hati pada tekanan udara di telinga

Anak Nyaman di Pesawat

parenting.firstcry.com

 

Untuk membantu anak melegakan tekanan yang ada di telingasaat take-off dan landing, berikan botol minuman ataususui mereka. Jika anak telah berusia 4 tahun, Anda bisa memberinya permenkaret untuk dikunyah dengan tetap mengawasi agar tidak tertelan.

Pakaikan kaos kaki

Anak Nyaman di Pesawat

VideoBlocks.com

 

Siapa sangka bahwa kaos kaki berperan untuk membuat anaknyaman di pesawat. Kaos kaki dapat melindungi kaki dari udara dingin di dalamkabin. Untuk jaga-jaga, bawalah ekstra kaos kaki. Selain itu, gunakan pakaiandengan material yang nyaman selama perjalanan.

Lawan jetlag

Anak Nyaman di Pesawat

VideoBlocks.com

 

Menjaga tubuhterhidrasi adalah kunci utama untuk mencegah jetlag. Caranya, minum 250 ml air putih setiap setengah jam saatberada di udara. Selain itu, mengatur ulang waktu pada jam tangan atau telepongenggam akan membantu tubuh beradaptasi dengan zona waktu baru.

Bawa benda kesukaan anak

Anak Nyaman di Pesawat

SafeBee.com

 

Biasanya anakmemiliki benda yang membuat ia nyaman seperti selimut, boneka, atau bukukomik yang bermanfaat. Anda juga bisa membawa iPad yang sudah berisi kartununtuk anak-anak. Jangan lupa ubah iPad ke dalam mode pesawat, ya!

Bawa makanan

Anak Nyaman di Pesawat

rd.com

 

Tidak semuaanak, terutama anak yang pilih-pilih makanan, menyukai makanan di pesawat. Olehkarena itu, Anda harus membawa makanan rendah gula di dalam kantung zip-lock seperti keripik, anggur beku,atau buah kering. Membawa bekal ini juga berguna jika anak memiliki alergiterhadap beberapa makanan.

Pastikan anak kenyang selama perjalanan, terutama sebelum berangkat. Biasanya perut kenyang akan membuat anak tidak rewel dan tidur lebih lama.

Minta bantuan

Anak Nyaman di Pesawat

cntraveler.com

 

Jika anak reweldan membuat Anda kewalahan, jangan ragu meminta bantuan kepada pramugari.Pramugari biasanya memiliki pengalaman membuat anak nyaman di pesawat. Merekabisa bantu menenangkan atau mengajak anak berjalan di sekitar kabin.

Buat anak tidur dengan nyaman

Anak Nyaman di Pesawat

twindycity.wordpress.com

Beberapamaskapai penerbangan menyediakan bassinetuntuk bayi yang beratnya hingga 11 kilogram. Untuk memakai fasilitas ini, hubungipihak maskapai penerbangan sebelum berangkat.

Ramah terhadap penumpang lain

Anak Nyaman di Pesawat

cheatsheet.com

 

Anda pasti akanbersinggungan dengan penumpang lain yang duduk di samping Anda. Sebaiknya Andabersikap ramah karena Anda akan menghabiskan waktu yang lama di samping mereka.Anda juga bisa meminta mereka untuk tidak sungkan memberi tahu jika merekamerasa terganggu dengan perilaku anak Anda. Memberikan kesan bahwa Anda peduli terhadap penumpang lain adalah hal yang penting.

Persiapkan kebutuhan anak sematang mungkin agar anak nyaman di pesawat. Simpan benda-benda yang akan diperlukan di dalam tas kabin, sehingga Anda dapat mengambilnya sewaktu-waktu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
6 Manfaat Metode Fonik dalam Mengajarkan Membaca Bahasa Inggris6 Cara Kreatif Mengatasi Anak Pilih-pilih Makanan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!