7 Film Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

26 July 2018

Tidak semua film menyajikan alur cerita yang buruk. Setidaknya 7 film kartun berikut ini mengandung pesan moral yang baik dan sangat cocok untuk ditonton bersama anak-anak ketika akhir pekan tiba.

Sofia The First

Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

Sumber : What’s on Netflix

Bagi Anda yang memiliki anak perempuan dan sedang mencari rekomendasi film kartun yang tepat, Sofia The First ini sangat cocok bila ditonton bersama mereka. Sofia The First berkisah tentang seorang putri kecil yang banyak menceritakan nilai-nilai sosial pada anak dan tidak memuat kisah romantis. Sepanjang film, si kecil akan disuguhkan tentang pengalaman Sofia bersama teman-temannya seperti saat melakukan penelitian yang menyenangkan atau saat belajar bersama di sekolah. Film ini sekaligus mengajarkan bagaimana bersikap baik dan cerdas.

Curious George

Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

Sumber : AlphaCoders.com

 

Kalau film kartun yang satu ini bercerita tentang anak kera bernama George yang cerdas, banyak akal, dan memiliki rasa ingin tahu pada hal-hal yang baru. Film ini pasti mengingatkan Bunda pada karakter anak-anak yang juga punya rasa ingin tahu yang begitu besar. Tak salah kalau Bunda memilih film ini untuk ditonton bersama mereka. Terlebih, film ini bisa mengajarkan anak tentang hal dasar seperti mengenal bentuk bidang, warna, dan angka.

Upin dan Ipin

Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

Sumber : NUOnline.or.id

 

Siapa yang tak kenal dengan Upin dan Ipin? Film kartun yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi, bukan. Upin dan Ipin bercerita tentang dua anak kembar yang ceria, pintar, sekaligus mandiri. Tak jarang, beberapa kisah yang dibawakan oleh film ini mengandung pesan moral seperti menghargai perbedaan adat dan agama hingga mendidik anak-anak untuk memahami arti bulan suci ramadhan. Selain anak-anak, banyak juga orang dewasa yang menyukai tayangan ini, lho. Gemas dengan tingkah Upin dan Ipin katanya.

Tayo: The Little Bus

Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

Sumber : Hulu.com

Tayo: The Little Bus merupakan film kartun asal Korea Selatan  yang bercerita tentang bus yang bisa bicara dan berpikir layaknya manusia. Memberikan alur cerita yang sederhana membuatnya lebih mudah dicerna oleh anak-anak. Di samping menghibur, film ini juga menyampaikan pesan baik bagi anak seperti mengajak anak untuk menghargai dan melakukan kebaikan kepada teman. Petualangan Tayo dalam menghadapi kondisi lalu lintas juga bisa mengajarkan anak untuk selalu disiplin dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Toy Story

Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

Sumber : EliteDaily.com

Ini dia film kartun yang sering mondar-mandir di televisi Indonesia, apalagi ketika liburan tiba. Toy Story merupakan film kartun yang layak ditonton bersama anak-anak. Toy Story berkisah tentang petualangan Woody, Buzz, dan mainan milik Andy. Terdiri atas 3 seri dengan cerita berbeda namun tetap kesamaan pesan moral yang baik. Toy Story banyak mengajarkan tentang persahabatan, kesetiaan, dan kekeluargaan terlebih ketika Andy berusia 17 tahun dan harus melanjutkan sekolah ke universitas.

Finding Nemo

Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

Sumber : ArcadeSpot.com

Selain Toy Story, Finding Nemo ini juga menjadi salah satu film kartun favorit anak-anak Indonesia. Bukan hanya tampangnya yang menggemaskan, ada beberapa bagian dari film ini yang mengisyaratkan pesan moral yang baik. Seperti saat Nemo bertemu Pearl yang malu karena memiliki tentakel pendek. Nemo justru menerima Pearl menjadi sahabatnya dan tidak membuat Pearl minder. Lebih dari itu, ada pesan mendalam tentang orang tua yang rela melakukan apa saja agar anaknya bisa kembali.

Up

Kartun yang Cocok Ditonton Bersama Anak Ketika Liburan Tiba

Sumber : meristation.as.com

Satu lagi film kartun berjudul Up yang bisa menjadi teman untuk anak-anak saat liburan tiba. Film ini bercerita tentang seorang kakek yang menerbangkan rumahnya dengan ribuan balon menuju Amerika Selatan, namun rencananya jadi berantakan saat seorang anak bernama Russel ikut bersamanya. Alur ceritanya begitu menyentuh dan menginspirasi siapa saja yang menontonnya. Adapun pesan moral yang disampaikan ialah usia bukanlan halangan untuk mewujudkan cita-cita.

 

Film memang bisa jadi media untuk mendidik anak asalkan tidak mengandung kekerasan, pornografi, atau mistis. Namun, tetap peran orang tualah yang menjadi senjata utama untuk mendidik anak agar baik karakternya.

Leave a reply
7 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Menggunakan AmarahKenali Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darahnya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!