Buah Hati Anda Sering Rewel? Pahami 5 Tips Mendidik Anak Usia 2 Tahun yang Benar

10 November 2018

Apabila anak Anda sering rewel, jangan dimarah apalagi dengan kekerasan. Salah dalam mendidik akan berakibat fatal. Untuk itu, Anda perlu tahu cara cerdas mendidik anak usia 2 tahun agar tidak terjadi masalah dalam proses tumbuh kembangnya.

Masih bingung dan ragu cara mendidik anak usia 2 tahun, berikut ini 5 tipsnya.

  1. Luangkan Waktu untuk Anak

mendidik anak usia 2 tahun.

cowenlawfirm.com

Sesibuk apa pun Anda di kantor atau tempat kerja, meluangkan waktu untuk anak adalah hal wajib. Ajak ia bermain, bercanda, berbincang atau apa saja yang membuatnya bahagia. Kedekatan antara orang tua dan anak adalah hal yang utama dalam proses tumbuh kembangnya.

Perhatian Anda sebagai orang tua sangat penting. Ingat, ia tidak akan menjadi balita selamanya. Jangan sampai Anda melewatkan setiap momen berharga itu dan ketika ia dewasa baru lah Anda menyadari dan menyesal. Ajak ia bermain, beraktivitas di luar rumah dan bertemu banyak orang atau sekadar bertiga saja. Yang jelas, orang tua adalah unsur paling penting dalam mendidik anak usia 2 tahun.

  1. Jangan Membentak

mendidik anak usia 2 tahun.

momonganak.org

Anak kecil yang nakal adalah hal biasa. Jangan pernah sekalipun membentak meskipun ia telah berbuat salah. Memberi tahu bahwa yang ia lakukan adalah salah dapat dilakukan dengan cara lain, bukan emosi. Apalagi dengan umpatan atau perkataan yang justru akan berdampak pada psikologis anak. Sangat tidak dibenarkan.

Apakah Anda tahu, satu kali bentakan yang Anda lakukan pada anak dapat merusak milyaran sel dalam otak yang berpengaruh pada psikomotor, kognitif dan afektifnya. Itu akan berdampak langsung pada tumbuh kembangnya.

Mendidik anak usia 2 tahun harus dilakukan dengan kelembutan dan kasih sayang, bukan kekerasan.

  1. Tegas tapi Tunjukkan Kasih Sayang

mendidik anak usia 2 tahun.

meetdoctor.com

Ini bisa dilakukan dengan memberikan perhatian dan ajarkan hukuman padanya. Tegas tidak berarti Anda harus galak. Tegas artinya konsisten pada aturan. Itu bukan hanya berlaku untuk anak saja, tapi untuk Anda sendiri.

Misalnya Anda melarang anak untuk melakukan sesuatu hingga ia berusia 4 tahun, maka apa pun yang terjadi—kecuali kondisi darurat—Anda harus tetap melarangnya hingga mencapai usia 4 tahun. Jangan dibolehkan hanya karena ia menangis atau merajuk. Bujuk dengan lembut agar ia mengerti bahwa itu dilarang.

  1. Biarkan ia Berpendapat

mendidik anak usia 2 tahun.

m.ibay.com.mv

Di saat usia baru menginjak 2 tahun, anak belum sepenuhnya mengerti mana benar dan salah. Selain itu ada rasa penasaran yang tinggi membuat mereka banyak bertanya dan berpendapat.

Jangan lelah dengan pendapat atau pertanyaan yang ia utarakan. Karena dengan begitu anak akan mampu memahami banyak hal, dan Anda juga semakin tahu perkembangannya. Rasa ingin tahu anak adalah hal baik yang harus terus diasah.

  1. Jangan Batasi Kreativitasnya

mendidik anak usia 2 tahun.

squlio.com

Anak usia 2 tahun memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Terkadang hal itu justru membuat masalah yang membuat orang tua kesal seperti merusak barang berharga. Biarkan, jangan dilarang. Di usia ini anak akan berusaha mengenal banyak benda atau hal baru yang sebelumnya tidak pernah dilihat. Rasa penasaran itu yang membuatnya membongkar atau bahkan merusak sesuatu. Jangan dimarah, fasilitasi dia. Mungkin dengan mainan yang mengasah kreativitas atau hal lain. Dengan begitu kemampuan anak akan semakin terasah.

Mendidik anak usia 2 tahun harus dilakukan dengan kelembutan dan kasih sayang. Berikan perhatian penuh padanya, jangan dibatasi. Fasilitasi yang baik namun jangan berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Kenali 5 Masalah Umum Masalah yang Kerap DihadapiYuk, Coba Cara ini agar Anak Suka Menabung!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!