Cara Mudah Menumbuhkan Ikatan antara Anak dengan Ibu yang Bekerja

30 January 2018

Semua ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Perlu usaha yang keras untuk menumbuhkan ikatan antara anak dengan ibu, apalagi Anda yang masih harus bekerja di luar rumah. Akan semakin buruk lagi kalau yang dilakukan oleh sang ibu hanya fokus pada kebutuhan materil dan finansial si kecil saja.

Meski begitu, tidak ada ibu yang ingin kehilangan ikatan dengan anaknya. Oleh karena itu, meski Anda sedang kerepotan dengan berkas-berkas dari kantor, menyisihkan waktu untuk menumbuhkan ikatan antara anak dengan ibu adalah hal yang wajib dilakukan. Beberapa hal sederhana ini bisa Anda praktikkan agar si kecil tidak merasa kehilangan Anda sebagai ibunya.

Habiskan Waktu Bersama si Kecil

Habiskan Waktu Bersama si Kecil i2.wp.com

Habiskan Waktu Bersama si Kecil i2.wp.com

Menghabiskan waktu di sini adalah benar-benar hanya ada Anda dan si kecil, tanpa gadget apalagi komputer. Tidak perlu melakukan hal-hal yang sulit, duduk berdua setidaknya 15 menit setiap harinya akan membuat si kecil terbiasa dengan keberadaan Anda meskipun Anda bekerja.

Libatkan Anak dalam Aktivitas Harian

Libatkan Anak dalam Aktivitas Harian  1.bp.blogspot.com

Libatkan Anak dalam Aktivitas Harian 1.bp.blogspot.com

Di Minggu pagi misalnya, ajak si kecil ikut memasak menu sarapan sehat di dapur. Biarkan dia memilih menu dan berkreasi dengan sarapannya. Anda juga bisa meminta bantuannya memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Ini mungkin akan membuat pekerjaan Anda jadi lebih lama, tapi akan sangat berguna untuk menumbuhkan ikatan antara anak dengan ibu.

Berikan Kejutan

Berikan Kejutan cdn.zettamedia.co

Berikan Kejutan cdn.zettamedia.co

Kejutan tidak harus berupa mainan mahal atau makanan yang Anda beli dari kafe dekat kantor. Coba sisihkan waktu dengan membuatkan pita rambut dengan mencontek desain dari Pinterest. Muncul tiba-tiba di depan pagar sekolahnya saat jam istirahat juga akan membuat si kecil merasa dekat dengan Anda.

Berolahraga Bersama

Berolahraga Bersama magazine.orami.co.id

Berolahraga Bersama magazine.orami.co.id

Suka atau tidak Anda dengan olahraga, cobalah untuk meluangkan waktu bersama si kecil;. Mungkin dengan melakukan yoga ringan di depan televisi. Mungkin yang akan dia lakukan adalah mencoba mengganggu dengan memanjat atau menggelitiki Anda.

Berolahraga bersama akan menumbuhkan ikatan antara anak dengan ibu yang semakin kuat. Jika olahraga bersama sudah menjadi rutinitas, cobalah aktivitas baru untuk membuat si kecil bersemangat.

Berikan Sentuhan Sesering Mungkin

Berikan Sentuhan Sesering Mungkin murtiyarini.staff.ipb.ac.id

Berikan Sentuhan Sesering Mungkin murtiyarini.staff.ipb.ac.id

 

Jangan pernah abaikan ikatan yang terbentuk dari sentuhan fisik. Meski Anda sibuk, jangan lupa memeluk dan menciumnya. Sambil mengerjakan tugas kantor, Anda bisa sesekali mengganggunya bermain dengan menggelitik atau mengusap kepalanya. Rehat sebentar dari depan komputer, ajak dia beradu panco atau melakukan aktivitas lain yang melibatkan sentuhan fisik.

Makan dan Menonton Film Bersama

Makan dan Menonton Film Bersama www.inovasee.com

Makan dan Menonton Film Bersama www.inovasee.com

Di luar jam kantor, usahakanlah untuk makan satu meja dengan si kecil. Kalau anak suka menonton film, di hari libur Anda bisa mengajaknya menonton film kesukaannya bersama-sama.

Jika keluar rumah terlalu merepotkan dan memakan waktu, Anda tidak mesti melakukannya di bioskop. Buat saja teater sederhana sendiri di ruang keluarga, lengkapi dengan pop corn yang dan camilan lain agar suasana nonton semakin seru.

Ritual Sebelum Tidur

Ritual Sebelum Tidur cdn.zettamedia.co

Ritual Sebelum Tidur cdn.zettamedia.co

Jika hal lain untuk menumbuhkan ikatan antara anak dengan ibu tidak bisa Anda penuhi, setidaknya poin terakhir ini adalah hal yang wajib dilakukan. Berada di sisi si kecil saat ia tidur akan membuatnya merasa aman dan dilindungi. Jangan biarkan si kecil bangun tidur tanpa melihat ibunya dan tertidur tanpa sempat bertemu dengan Anda.

Jika sebelum tidur si kecil ingin bercerita, dengarkan ceritanya. Anda juga bisa membacakan dongeng atau mendengarkan musik bersama-sama hingga ia terlelap.

Menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dengan mengurus anak memang hal yang susah-susah gampang. Namun jangan sampai Anda kehilangan momen untuk melihat tumbuh kembangnya. Apalagi sampai membuat si kecil merasa jauh dari Anda. Demi menumbuhkan ikatan antara anak dengan ibu, tidak ada salahnya sisihkan waktu setidaknya beberapa jam dalam sehari untuk si kecil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Tips Mengajarkan Anak Bersih-Bersih Sejak DiniCari Musik untuk Perkembangan Anak? Dengarkan Karya Musisi Dunia Ini!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!