Seberapa Penting Sekolah Untuk Masa Depan Anak?

11 August 2018

Bila mendapat pertanyaan seberapa penting sekolah untuk masa depan anak, orang-orang mungkin akan menjawab penting. Tetapi, rata-rata jawaban tersebut akan didengar dari orang-orang yang tinggal di kota dengan segala kemudahannya. Akan beda lagi jika yang menjawab adalah orang-orang yang tinggal di desa maupun daerah terpencil. Mereka akan beranggapan jika sekolah tidaklah penting, sebab tidak dapat memberi makan mereka. Uanglah yang paling penting untuk masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran.

Sejatinya, itu hanyalah pola pikir yang perlu diubah. Tanpa masyarakat desa ketahui jika dengan bersekolah, masa depan anak bisa sedikit lebih cerah. Meski tidak ada jaminan secara pasti, tetapi dengan bersekolah akan ada banyak yang didapat. Di antaranya:

Pengetahuan yang Semakin Bertambah Seiring Tingginya Jenjang Pendidikan yang Dimiliki

Sekolah Untuk Masa Depan Anak

sumber : sunlife.co.id

Semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh, maka semakin banyak pula pengetahuan yang didapat. Contoh mudahnya adalah orang yang hanya lulus tingkat menengah atas, sudah pasti akan memiliki tingkat pengetahuan yang berbeda dengan orang yang melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi. Akan ada pemahaman dan pola pikir yang mereka miliki. Dalam memandang kehidupan pun sudah pasti berbeda.

Meski sejatinya sekolah bukan faktor utama dalam memperoleh pengetahuan, tetapi bangku sekolah adalah gerbang pertama dalam mencari ilmu pengetahuan. Sebelum berusaha mencari di tempat lain, Anda pasti akan bertanya terlebih dahulu di sekolah mengenai sesuatu.

Sebut saja ilmu mengenai seksualitas. Bagi orang awam, hal itu adalah sesuatu yang tabu untuk dibicarakan bagi anak di bawah umur. Tetapi, bagi orang yang mengenyam pendidikan, hal tersebut wajib diketahui untuk pembelajaran, bekal ketika menghadapi masa dewasa.

Pertemanan yang Luas dapat Mempermudah Menemukan Pekerjaan yang Sesuai

Sekolah Untuk Masa Depan Anak

sumber : merries.co.id

Sejatinya orang desa berpikir sekolah hanyalah membuang uang dan merugikan. Padahal sekolah untuk membuat masa depan anak lebih terjamin. Sebab, mereka dapat bertemu beragam orang, menjalin komunikasi dan kerja sama, yang kelak dapat membantu dalam menemukan pekerjaan yang sesuai maupun menjalin bisnis.

Karakter Dapat Terbangun ketika Berada di Bangku Sekolah

 Sekolah Untuk Masa Depan Anak

sumber : mocak.am

Sekolah untuk masa depan anak dapat menjadi sarana dalam membangun karakter. Anak-anak dapat belajar mengenai sopan santun, tata krama dalam bersosialisasi dengan orang lain baik yang seumuran maupun lebih tua, belajar mengambil keputusan yang tepat untuk masa depannya, serta belajar mengenai risiko dari tindakan yang dilakukan. Kekuatan mental anak pun perlahan terasah seiring tingginya pendidikan yang ditempuh.

Kemampuan Yang Bertambah Dan Meningkat

 Sekolah Untuk Masa Depan Anak

sumber : Pinterest.com

Tidak hanya pengetahuan yang bertambah, sekolah untuk masa depan anak dapat membantu meningkatkan kemampuan, baik dari segi akademis maupun nonakademis. Kompetensi inilah yang kelak dapat digunakan dalam dunia kerja yang penuh tantangan. Keahlian mumpuni yang dapat membawa anak pada jabatan tinggi dengan mudah. Hasil yang didapat akan sebanding dengan usaha yang dilakukan selama menempuh pendidikan.

Tidak Mudah Dibodohi oleh Orang Pintar

 Sekolah Untuk Masa Depan Anak

sumber : intipesan.com

Sekolah untuk masa depan anak lebih cerah dan tidak lagi terbelenggu dalam kebodohan. Ada ilmu yang didapat setiap harinya. Tidak hanya ilmu akademis, tetapi juga ilmu hidup dan alam. Kesopanan, tingkah laku, karakter, pengetahuan umum mengenai kehidupan, semua didapat dalam bangku sekolah. Selain itu, kepandaian anak meningkat, sehingga kelak tidak mudah dibodohi oleh orang lain, dalam hal apa pun.

Lima alasan tersebut dapat menjadi pertimbangan seberapa penting sekolah untuk masa depan anak. Jangan biarkan mereka putus sekolah karena keadaan. Apapun yang terjadi, tetap berikan pendidikan yang layak. Semoga bermanfaat.

Leave a reply
Bertemu Anak Kecil Ketika Arisan atau Pesta, Jangan Lakukan 5 Hal IniLes Anak Prasekolah, Perlu atau Tidak?

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!