Si Kecil Suka Baca Komik? Ini lo, 6Manfaat Membaca Komik!

12 October 2018

Apakah Anda termasuk orang tua yang tidak percaya bahwa membaca komik memiliki banyak manfaat? Banyak orang tua beranggapan bahwa membaca komik tidak memiliki manfaat. Selain itu, banyak orang tua juga berpendapat bahwa anak yang suka membaca komik sedang membuang waktu. Namun, apakah Anda tahu, ternyata ada banyak manfaat yang diperoleh ketika membaca komik. Berikut ini adalah 6 manfaat membaca komik bagi si kecil.

Mengenalkan Si Kecil pada Budaya Membaca

Manfaat Membaca Komik

beritagar.id

 

Bagi anak Anda yang belum bisa membaca, komik bisa dijadikan alternatif untuk belajar membaca. Banyaknya gambar, huruf-huruf yang tidak terlalu rapat, serta pilihan kata-kata yang pendek dan sederhana menjadikan komik sebagai media yang tepat untuk mengajarkan anak membaca. Melalui komik juga, Anda bisa mengenalkan budaya senang membaca pada anak sejak dini. Si kecil akan memiliki pengalaman yang menyenangkan saat membaca ditambah dengan kemampuan membacanya semakin meningkat.

Mengenalkan Si Kecil pada Macam-Macam Perbendaharaan Kata

Manfaat Membaca Komik

dancow.co.id

 

Manfaat membaca komik selanjutnya adalah melalui media komik, kosakata anak Anda akan semakin meningkat. Semakin sering anak Anda membaca komik, bermacam-macam kosakata akan anak Anda dapatkan. Hal ini terjadi karena komik menyajikan urutan cerita bergambar sehingga memudahkan Si Kecil untuk menyerap kosakata baru. Kata-kata tersebut akan dengan mudah dimengerti ketika adanya gambar yang menjelaskan maksud kosakata tersebut.

Meningkatkan Kreativitas dan Daya Imajinasi Anak

Manfaat Membaca Komik

jatik.com

 

Dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi anak juga salah satu manfaat membaca komik. Gambar-gambar dalam komik dapat membantu anak Anda untuk memvisualisasikan jalan cerita. Anak Anda akan diajak untuk berimajinasi bersama gambar-gambar di komik sehingga ceritanya dapat dengan mudah masuk ke dalam pikiran Si Kecil. Saat anak Anda membaca komik, maka terciptalah ruang untuk berimajinasi. Kemampuan berimajinasi inilah yang akan berkembang menjadi kreativitas.

Menjadi Media Pembelajaran bagi Anak

Manfaat Membaca Komik

meenta.net

 

Manfaat membaca komik selanjutnya adalah komik bisa menjadi media pembelajaran. Komik bisa menjadi media belajar yang menyenangkan untuk anak usia dini. Jika anak Anda memiliki gaya belajar visual, komik merupakan media belajar yang tepat. Anda bisa mengajarkan berhitung, pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, atau mengenalkan tokoh-tokoh penting dunia melalui cerita di komik. Nilai edukasi yang tertuang ketika menggunakan komik sebagai media adalah proses belajar anak Anda dapat lebih efektif dan menyenangkan. Anda hanya perlu memilih materi yang ingin Anda ajarkan dan memilih komik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai melalui materi tersebut.

Mengajarkan Nilai-Nilai Positif kepada Anak

Manfaat Membaca Komik

hipwee.com

 

Ternyata, ada banyak nilai positif yang dapat diperoleh ketika membaca komik. Nilai-nilai positif ini tertuang dalam cerita tersebut. Anak Anda secara langsung akan mengenal tentang persahabatan, semangat pantang menyerah, kasih sayang, serta kegigihan dalam mencapai cita-cita. Nilai-nilai positif tersebut akan tertanam dalam jiwa anak Anda secara tidak langsung.

Memberikan Hiburan bagi Anak

Manfaat Membaca Komik

molto.co.id

 

Manfaat membaca komik terakhir adalah memberikan hiburan bagi anak. Komik bisa menjadi sarana hiburan murah saat akhir pekan. Ketika Anda tidak bisa keluar rumah untuk berakhir pekan, Anda bisa mengajak anak Anda untuk membaca komik. Selain menyenangkan, membaca komik tidak terlalu menghabiskan banyak waktu dan juga uang. Anda bisa menyediakan berbagai bacaan komik yang mendidik di rumah Anda. Harganya pun bervariasi. Anda bisa membeli banyak komik dengan harga diskon di toko buku di kota Anda.

Ternyata ada begitu banyak manfaat membaca komik. Anda bisa menerapkan budaya membaca pada anak Anda melalui komik. Namun, Anda harus tetap selektif memilih komik yang tepat sesuai dengan usia anak Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a reply
Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Mulai Menghukum Anak AndaSulit Mengenal Beberapa Huruf? Yuk, Kenali Gejala Disleksia Sejak Dini!

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!