Yuk, Intip 5 Manfaat Bermain Peran Bersama Anak!

24 April 2018

Tahukah Anda bahwa banyak sekali manfaat bermain peran bersama anak? Meski kelihatannya sepele, tetapi role playing berkaitan erat terhadap proses tumbuh kembang si kecil. Selain menyenangkan, bermain peran dapat digunakan sebagai alat yang efektif meningkatkan kecerdasan buah hati Anda.

Permainan ini kerap dimasukan ke dalam kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) karena terbukti menstimulasi kemampuan anak dengan baik. Adapun sejumlah manfaat bermain peran, antara lain sebagai berikut.

Meningkatkan Kreativitas

Manfaat Bermain Peran

orami.co.id

Bagi anak usia dini, bermain peran dapat menumbuhkan daya imajinasi. Ketika si kecil mendapatkan suatu peran, secara otomatis anak akan berpikir bagaimana cara menjalankan karakternya.

Kemampuan mencipta pun semakin terasah. Di tahap inilah kreativitas anak berkembang. Anak mulai berani untuk mencetuskan ide, membuat jalan ceritanya sendiri.

Tak hanya itu saja, anak pun dilatih untuk cepat tanggap terhadap sesuatu. Dengan bermain peran, anak juga belajar untuk mencari jalan keluar dari suatu permasalahan.

Mengingat salah satu manfaat bermain peran bagi anak adalah mengembangkan daya khayal, peran Anda sebagai orang tua adalah mengontrol imajinasi si kecil dan mengajarkan perbedaan antara khayalan dengan kenyataan.

Bermain Sambil Belajar

Manfaat Bermain Peran

thumb.saliha.id

Percaya atau tidak, ada perbedaan reaksi saat Anda mengucapkan kata belajar dengan bermain. Anak cenderung ogah-ogahan saat mendengar kata belajar. Lain halnya ketika ia mendengar kata bermain, ia akan bersemangat.

Dengan kegiatan bermain peran, anak tidak hanya bermain, tetapi juga belajar banyak hal. Aktivitas ini sangat bagus karena dikemas dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Anak tidak akan merasa bosan, justru ia akan penasaran dan tertantang untuk mengikuti permainan hingga akhir.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat Bermain Peran

orami.co.id

Salah satu cara meningkatkan aspek kognitif anak adalah dengan metode role playing. Saat tubuh beraktivitas, otak akan bekerja efektif dalam menghasilkan Brain Derived Neurotrophic Factor yang berperan untuk meningkatkan fungsi otak. Alhasil, kemampuan anak dalam bidang akademik pun semakin baik.

Manfaat bermain peran bagi anak yang baru mulai belajar baca tulis tidak hanya sebatas meningkatkan perbendaharaan kata, melainkan juga mengajarkan anak untuk mengenal wujud benda dan warna.

Selain itu, semakin anak sering mengeja dan mengucapkan suatu kata maka pelafalannya akan semakin jelas. Anak pun tidak hanya pandai berkata, tetapi mengerti apa makna dibalik kata tersebut.

Menggali Potensi Diri

Manfaat Bermain Peran

orami.co.id

Aktivitas role playing berdampak positif bagi tumbuh kembang anak. Kegiatan ini mengajarkan anak untuk berani berbicara di depan orang lain, menunjukkan kemampuan mengingat dan berbahasa, mengekspresikan diri, mengeluarkan emosi, dan bersosialisasi.

Jangan hanya melihat anak bermain, cobalah sesekali bermain bersama si kecil. Mulailah dengan membuat alur cerita, gunakan gaya bercerita yang menarik sehingga anak tertarik.

Berbagi peran dengan anak dapat menjadi cara terbaik untuk memahami karakter si kecil dan potensi yang dimilikinya. Lihat apa bakat terpendam si kecil dan beri dukungan agar kelak di kemudian hari ia menjadi anak yang hebat.

Melalui bermain peran, Anda pun secara tidak langsung telah menjalin ikatan emosional dengan buah hati tercinta.

Mengasah Keterampilan Sosial

Manfaat Bermain Peran

orami.co.id

Manfaat bermain peran lainnya adalah melatih keterampilan sosial si kecil. Role playing efektif dalam membantu anak untuk mengerti bagaimana cara bersosialisasi, menempatkan diri, dan berempati terhadap orang lain.

Gunakan kesempatan ini untuk mengajari anak tentang perannya di dalam keluarga, di sekolah, dan lingkungan bermainnya. Anda pun dapat menyelipkan pengetahuan dasar mengenai perilaku yang baik dan buruk pada anak, termasuk dampak apa yang akan diterima si kecil bila ia melakukan tindakan tidak terpuji dan sebaliknya.

Nah, itulah sejumlah manfaat bermain peran yang ternyata sangat berpengaruh terhadap kecakapan dan kreativitas. Agar perkembangan anak semakin pesat, tidak ada salahnya untuk bermain peran bersama si kecil di rumah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Belajar Jadi Mengasyikkan dengan 5 Permainan Edukatif Ini!Yuk kenali perawatan yang tepat untuk anak dengan Down Syndrome

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!