Tips Agar Anak Senang Membaca Sejak Dini

9 November 2016

Jika melihat anak malas belajar, orang tua tentunya merasa sangat khawatir. Salah satunya belajar baca, yang sangat penting di usia dini karena membaca dapat meningkatkan kosakata pada anak dan kemampuan untuk berkomunikasi. Selain itu, seseorang tidak akan mampu menulis jika tidak diawali dengan membaca. Saat di rumah, berikut adalah artikel tips agar anak senang membaca yang dapat dicoba orang tua mengajarkan anak agar semakin fasih dalam membaca.

Mengapa Tips Agar Anak Senang Membaca Ini Penting?

Jika anak tidak tertarik untuk belajar baca, hal itu patut untuk membuat Anda khawatir, beberapa tips ini akan membantu Anda agar anak senang membaca kembali:

  1. Pahami Suasana Hati Anak

    Pahami Suasana Hati Anak

    Pahami suasana anak

    Jangan mengajak anak untuk belajar ketika keadaan mereka sedang lelah, marah, lapar, atau mengantuk. Mereka tidak akan mau menurutinya. Berbeda halnya jika kondisi hati mereka dalam keadaan baik. Anda harus memahami suasana hatinya, karena kualitas belajar yang baik sangat bergantung pada kondisi sang anak.

  1. Terapkan disiplin

    Terapkan disiplin

    Terapkan disiplin

    Batasi kegiatan yang paling banyak menyita waktu anak di luar sekolah, seperti menonton TV dan bermain game. Mereka harus memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat termasuk belajar baca.

  1. Beri Pujian

    Beri Pujian

    Beri pujian  Ketika anak selesai membaca, berilah pujian. Hal ini dapat mendorong anak untuk belajar baca kembali, karena merasa senang dipuji. Anda juga boleh memberikan pujian dengan memberikan hadiah yang mereka sukai, tetapi jangan terlalu sering, cukup sekali-sekali saja.

  1. Ciptakan Tempat yang Nyaman

    Ciptakan Tempat yang Nyaman

    Ciptakan Tempat yang Nyaman

Tak harus menyediakan satu ruangan untuk dijadikan tempat kegiatan membaca. Anda bisa sedikit memberi sentuhan kenyamanan di sudut ruangan keluarga, dengan rak buku rendah, karpet, bantal-bantal berkarakter lucu, atau sofa yang empuk. Dijamin anak akan bersemangat membaca buku jika disediakan tempat yang nyaman.

  1. Biarkan Anak Memilih Buku

    Biarkan Anak Memilih Buku

    Biarkan Anak Memilih Buku

Mungkin Anda menginginkan buku ensiklopedia sebagai bacaan anak yang bagus untuk pengetahuannya. Namun, anak justru memilih buku cerita dongeng tentang pangeran dan putri atau buku lain yang menarik perhatiannya saat berada di toko buku. Belikan buku yang diinginkan oleh anak, dan tetap belikan buku lain yang lebih bermanfaat, karena mungkin suatu saat mereka akan tertarik membacanya.

  1. Membaca Sambil Bernyanyi

    Membaca sambil bernyanyi

    Membaca sambil bernyanyi ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Biasanya para orang tua mengajarkan anaknya dengan menerapkan metode ini, membaca huruf abjad dari A sampai Z sambil bernyanyi. Cara ini sangat efektif, karena lebih mudah diingat oleh anak-anak.

  1. Berikan Contoh dari Orang Tua

    Berikan Contoh dari Orang Tua

    Berikan Contoh dari Orang Tua

Perlihatkan pada anak Anda bahwa orang tuanya gemar membaca. Orang tua yang gemar membaca kemungkinan akan memiliki anak-anak yang gemar membaca juga. Karena anak adalah para peniru yang baik.

  1. Menggunakan Kartu Bergambar

    Menggunakan Kartu Bergambar

    Menggunakan Kartu Bergambar

Biasanya kartu bergambar akan disukai oleh anak-anak, karena gambar-gambarnya yang menarik. Tak semua kartu bergambar dilengkapi dengan tulisan, ada yang hanya memperlihatkan gambar saja seperti hewan, buah, benda, atau orang. Anda boleh membuat kartu bergambar sendiri yang dilengkapi dengan gambar dan tulisan.

  1. Jangan Terlalu Lama Belajar

    Jangan Terlalu Lama Belajar

    Jangan Terlalu Lama Belajar

Anak akan merasa bosan jika waktu belajar terlalu lama. Dampaknya, mereka akan merasa tidak senang ketika Anda mengajaknya belajar lagi. Mereka akan berpikir bahwa belajar adalah hal yang membosankan. Jadi, cukup ajak anak Anda belajar selama 15-20 menit saja, terutama saat masih tahap perkenalan.

  1. Usahakan agar Anak Belajar Membaca Setiap Hari

    Usahakan agar Anak Belajar Membaca Setiap Hari

    Usahakan agar Anak Belajar Membaca Setiap Har

Sebagai orang tua, Anda wajib meluangkan waktu untuk mengajarkan anak membaca setiap hari. Aktivitas ini bisa dimulai dengan membaca bacaan yang menyenangkan, seperti cerita bergambar. Jika anak sudah terlihat dapat membaca lebih baik, ajaklah untuk membaca bacaan yang lebih kompleks.

Demikian beberapa tips agar anak senang membaca yang bisa Anda terapkan di rumah untuk membuat anak Anda senang belajar membaca. Selamat menikmati momen bersama buah hati, ya.

Leave a reply
Cara Melatih Anak TK Agar Memiliki Kemampuan Mengingat yang BaikMenciptakan Preschool Sendiri di Rumah dengan Metode High/ Scope

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!