Cara Melatih Anak TK Agar Memiliki Kemampuan Mengingat yang Baik

8 November 2016

Saat memasuki usia Taman Kanak-Kanak (TK), kecerdasan otak anak sudah semakin meningkat sehingga mereka lebih cepat dalam mempelajari sesuatu. Di sekolah TK, anak akan diajarkan banyak hal, mulai dari bersosialisasi dengan teman, menyanyi, menari, menggambar, membaca, menulis, sampai berhitung. Oleh karenanya, sangat penting bagi anak TK untuk mempunyai kemampuan mengingat yang baik agar lebih mudah menerima pelajaran dan melakukan aktivitasnya di sekolah. Pada artikel ini akan dijabarkan cara melatih anak TK agar memiliki kemampuan mengingat yang baik.

Bagaimana cara melatih anak TK agar memiliki kemampuan mengingat yang baik?

Orang tua memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan daya ingat anak supaya kapasitas ingatan mereka dapat berkembang secara optimal. Kemampuan mengingat anak dapat dilatih dengan memberikan stimulus-stimulus yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih daya ingat anak.

Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Lewat Dongeng

Buku

Buku

Anak akan lebih mudah mengingat sesuatu jika indra-indra yang mereka punya ikut berperan dalam mengolah informasi yang didapatkan. Dalam belajar, anak TK akan lebih tertarik jika materi disampaikan melalui visual (gambar), auditif (suara), atau kinestetik (gerakan). Kegiatan yang tepat dalam hal ini adalah mendongeng.

Lewat mendongeng, akan tercipta kombinasi antara visual, auditif, dan juga kinestetik. Misalnya, saat bercerita tentang harimau, kita bisa menunjukkan gambar harimau sehingga anak akan melihat bentuk hewan yang diceritakan secara langsung. Kita juga bisa mengenalkan suara harimau dan mengajak anak untuk menirukannya bersama.

Kemudian, ketika di dalam cerita ada gerakan berlari-lari, ajak anak ikut berlari-lari juga. Dengan kombinasi gambar, suara, dan gerakan, anak akan lebih mudah mengingat cerita yang kita sampaikan. Selesai mendongeng, kita juga bisa mengajak anak mengingat kembali jalan cerita, nama tokoh, atau kejadian di dalam cerita untuk mengetes daya ingatnya.

Meninjau Ulang Kegiatan atau Materi di Sekolah

cara melatih anak TK agar memiliki kemampuan mengingat yang baik

cara melatih anak TK agar memiliki kemampuan mengingat yang baik

Saat anak pulang dari sekolah, sebaiknya orang tua meluangkan waktu untuk menanyakan kepada anak apa saja yang telah mereka lakukan hari itu. Hal ini akan menstimulasi otak anak untuk membuat sebuah rangkaian ingatan. Rangkaian ingatan ini akan aktif saat anak mengingat sesuatu yang merupakan bagian dari cerita.

Membuat Anak Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Besar

Membuat Anak Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Besar

Membuat Anak Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Besar

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka sering kali bertanya mengenai suatu hal baru yang belum mereka ketahui. Untuk memanfaatkan hal tersebut, orang tua harus kreatif dalam meningkatkan rasa penasaran anak. Kita bisa menyampaikan materi dengan kemasan yang berbeda agar lebih menarik dan anak semakin penasaran untuk mempelajarinya.

Melatih Daya Ingat dengan Permainan

Melatih Daya Ingat dengan Permainan

Melatih Daya Ingat dengan Permainan

Permainan yang edukatif adalah stimulasi paling efektif untuk melatih daya ingat anak. Salah satu permainan yang bisa melatih kemampuan anak dalam mengingat adalah permainan tebak gambar.

Untuk memainkan tebak gambar, pertama kita perlu menyiapkan gambar berpasangan. Misalnya piring dengan gelas, buku dengan pensil, baju dengan celana, dan lain sebagainya. Sodorkan gambar-gambar tersebut kepada anak dan beri mereka waktu untuk mengingat. Setelah itu, acak gambar tersebut dan biarkan anak menyusun kembali sesuai pasangannya. Melalui permainan ini, anak akan berlatih mengingat pasangan gambar yang disodorkan. Selain permainan tebak gambar, puzzle juga bisa menjadi alternatif permainan untuk  melatih konsentrasi dan daya ingat anak.

Menari dan Menyanyi

Menari dan Menyanyi

Menari dan Menyanyi

Kegiatan menari dan menyanyi memang tidak pernah lepas dalam aktivitas anak TK. Kegiatan ini merupakan cara yang efektif untuk merangsang kemampuan mengingat anak. Ketika bernyanyi, anak akan belajar mengingat lirik lagu dan nadanya. Sementara saat menari, anak akan belajar menyesuaikan gerakan tarian dengan irama musik yang mengiringinya.

Itu adalah beberapa cara melatih anak TK agar memiliki kemampuan mengingat yang baik. Perlu diingat, otak juga perlu diistirahatkan agar dapat bekerja lagi secara optimal. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengistirahatkan otak bervariasi, tergantung kebutuhan tiap anak dalam hal memusatkan perhatian.

Leave a reply
Tips Agar Anak Senang Membaca Sejak Dini
All comments (1)
  • […] mengulang pertanyaan yang sama, Anda harus tetap menghadapinya dengan penuh kesabaran. Terkadang, anak bertanya berulang kali karena memang lupa atau hanya sekadar ingin memastikan […] Read More[…] mengulang pertanyaan yang sama, Anda harus tetap menghadapinya dengan penuh kesabaran. Terkadang, anak bertanya berulang kali karena memang lupa atau hanya sekadar ingin memastikan bahwa yang Anda katakan itu benar. Jika […] Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!