5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Merencanakan Liburan Keluarga

29 July 2019

Merencanakan liburan keluarga harus dilakukan serius karena liburan keluarga adalah momen yang sangat spesial. Anda akan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama-sama. Pergi jauh jadi kesempatan untuk membangun ikatan dan memori yang akan diingat selamanya.

Entah Anda dan keluarga akan liburan pertama di luar negeri seperti berpetualang di Thailand atau staycation di Singapura, pastikan semuanya daftar liburan telah terpenuhi. Ini akan membantu liburan Anda berjalan lancar dan diingat karena alasan yang menyenangkan.

Waktunya merencanakan jenis liburan

Merencanakan Liburan Keluarga

pixabay.com

Tentukan prioritas untuk liburan Anda. Misalnya, jika sehari-hari Anda banyak menghabiskan waktu bersama anak dan membutuhkan waktu untuk sendirian, kemukakan hal ini pada pasangan. Misalnya Anda akan mengambil waktu untuk pergi sendirian.

Anda bisa merencanakan liburan keluarga yang menenangkan, seperti staycation di apartemen. Biasanya apartemen memiliki fasilitas yang ramah keluarga seperti microwave atau mesin cuci. Pilih penginapan yang ramah keluarga atau lihat ulasan yang ditinggalkan oleh para keluarga.

Cara terbaik untuk istirahat dari rutinitas sehari-hari adalah mengubah suasana seluruhnya, seperti pergi berkemah. Jika Anda memiliki bayi yang masih kecil, sebaiknya bawa kasur tiup daripada sleeping bag agar tetap hangat.

Pastikan administrasi lengkap

Merencanakan Liburan Keluarga

pixabay.com

Anda sudah mengetahui memutuskan destinasi liburan, memesan penginapan, dan tiket perjalanan. Sekarang waktunya Anda melengkapi adminsitrasi:

  • Paspor dan visa: Semua, termasuk bayi, juga harus memiliki paspor.
  • Asuransi: Asuransi diperlukan untuk menutup biaya kesehatan, pemulangan, harta benda, atau pembatalan. Pilih asuransi yang bisa menutup biaya kondisi tertentu, seperti alergi atau, jika Anda sedang hamil, pilih asuransi yang menutup biaya lahiran.
  • Vaksin: Atur jadwal liburan satu minggu sebelum vaksin, untuk memastikan bayi dalam kondisi baik saat berlibur.
  • Pindai semua dokumen: Penting untuk memindai semua dokumen perjalanan, simpan di cloud, sebagai bentuk antisipasi jika hilang di tengah jalan
  • Waktunya berkemas

    Merencanakan Liburan Keluarga

    pixabay.com

    Merencanakan liburan keluarga artinya membawa banyak pakaian. Namun, kemanapun Anda pergi, pastikan untuk berkemas seenteng mungkin dan tetap membawa hal-hal yang penting. Anda bisa berkemas dengan dua strategi ini:

  • Gunakan packing cubes: Wadah dari kain ini dapat membantu Anda merapatkan pakaian, mengurangi tempat, dan tetap membuat barang-barang Anda terorganisir. Gunakan vacuum bag untuk membawa barang-barang besar seperti jaket atau selimut bayi untuk memaksimalkan tempat.
  • Ganti botol dengan sampo dan sabun batangan: Ini akan menghemat tempat dan mengurangi penggunaan plastik. Anda bisa membawa parfum batangan, tabir surya batangan, atau pelembab batangan dari brand seperti Lush atau Ethique.
  • Waktunya melakukan perjalanan

    Merencanakan Liburan Keluarga

    pixabay.com

    Merencanakan liburan keluarga bisa dimulai dengan memilih waktu yang tepat. Misalnya pergi saat jam tidur anak. Selama anak terlelap, Anda bisa menikmati perjalanan. Saat anak bangun, Anda bisa mengambil istirahat bersama anak.

    Beri tahu anak Anda rencana perjalanannya agar mereka lebih rileks. Misalnya, jika anak akan terbang menggunakan pesawat untuk pertama kali, bacakan cerita tentang terbang, tunjukkan foto bagian dalam dan luar pesawat. Anda juga bisa bercerita berapa lama anak akan pergi. Anda bisa bilang, “Kita akan tiba di rumah nenek saat matahari hilang dan suasana sudah gelap.”

    Jangan lupa untuk memenuhi tas anak dengan air dan cemilan favoritnya. Bawa juga mainan supaya anak bisa beraktivitas selama perjalanan, seperti buku stiker, buku mewarnai, boneka tangan, dan lainnya. Anda bisa membawa mainan baru sehingga anak menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi mainan tersebut.

    Jika melakukan perjalanan lama dengan kendaraan pribadi, lakukan ini:

  • Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat
  • Taruh kain di atas bangku, kemudian simpan car seat di atas kain tersebut. Ini memudahkan Anda untuk bersihkan remah-remah makanan di akhir perjalanan.
  • Istirahat selama satu atau dua jam. Jika Anda memiliki bayi baru lahir, pastikan ia duduk di car seat, ditemani oleh orang dewasa yang duduk di sebelah untuk mengawasinya.
  • Merencanakan liburan keluarga tidak perlu kaku. Terkadang kondisi anak yang tidak diprediksi memaksa Anda untuk mengubah rencana. Buatlah rencana cadangan jika rencana semula tidak mungkinkan untuk dijalankan.

Leave a reply
Anak Susah Tidur? Mari Kenali 6 Penyebabnya5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Memilih Mainan untuk Balita

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!