Tips Sukses Liburan Pertama Kali ke Luar Negeri dengan Si Kecil

29 January 2019

Selalu ada pertama kali untuk segala hal termasuk saat Anda memutuskan membawa anak untuk liburan pertama kali keluar negeri. Meski ada banyak opsi menarik berlibur kreatif di sekitar rumah, ada masanya Anda harus membawanya terbang untuk melihat dunia dan mencari pengalaman yang lebih luas.

Rasa ragu dan kekhawatiran pasti ada. Tips berikut ini akan membantu Anda sukses liburan pertama kali ke luar negeri dengan anak!

Pastikan Segalanya Terorganisasi dengan Baik

Untuk bisa menikmati liburan pertama kali di luar negeri bersama si kecil, kunci pentingnya hanya 1: pastikan segalanya terorganisasi. Perencanaan liburan yang matang adalah hal wajib. Pastikan paspor sudah siap dan jadwal keberangkatan sudah diketahui dengan jelas. Untuk perjalanan pertama, Anda juga dianjurkan untuk memilih akomodasi dan transportasi yang paling nyaman bagi anak.

Jangan Lupakan Benda-benda yang Bisa Membuat Anak Merasa Nyaman

Liburan pertama kali bisa jadi pengalaman pertama anak berada jauh dari rumah. Ini akan membawa banyak perubahan termasuk suasana hati dan kenyamanan mereka. Sebelum berangkat, jangan lupa membawa benda-benda kesayangannya seperti selimut, bantal atau boneka Teddy Bear. Ini akan membantu mereka tetap merasa dekat dengan rumah dan nyaman saat berada di penginapan yang asing.

Perhitungkan Berapa Banyak Bawaan Anda

Salah satu kunci liburan pertama yng nyaman bersama anak adalah dengan memastikan Anda tidak kebanyakan barang bawaan. Bepergian dengan jumlah barang minimal akan membantu Anda lebih mudah mengontrol dan mengawasi si kecil. Selain barang-barang yang akan dibawa ke bagasi, sediakan satu tas kecil berisi perlengkapan esensialnya saja. Jangan lupa gunakan stroller atau kursi dorong agar Anda lebih leluasa mengitari area Duty Free untuk berbelanja.

Jaga Suasana Hati Mereka Tetap Senang

Anak-anak terutama yang masih berusia balita cenderung mengalami masa-masa kebosanan, apalagi kalau harus menunggu berjam-jam di bandara. Untuk menjaga suasana hati mereka tetap bagus selama liburan pertama, jangan lupa kemasi mainan kesukaan si kecil bersama dengan buku mewarnai atau beberapa aplikasi bermain di gawai Anda.

Bersiap untuk Hal-hal Darurat

Jika ini adalah penerbangan pertama anak, Anda harus bersiap untuk berbagai risiko yang mungkin terjadi di dalam pesawat. Anak bisa saja ketakutan atau bahkan menangis selama perjalanan. Untuk itu, pastikan Anda menyiapkan air minum yang cukup. Kalau anak sudah cukup besar, permen lolipop atau camilan kesukaan mungkin akan cukup membantu Anda menenangkannya.

Pahami dengan Baik Daerah yang Akan Dituju

Begitu tiba di destinasi, hal pertama yang mungkin ingin Anda lakukan adalah berbaring dan tidur sampai matahari terbit. Karena itu, pastikan Anda sudah mencari tahu sebelum keberangkatan mengenai daerah yang akan didatangi, terlebih karena Anda membawa serta si kecil. Pastikan Anda tahu cuaca setempat untuk mencocokkan jenis pakaian yang harus dibawa dan cari tahu fasilitas kesehatan terdekat di tempat Anda menginap.

Manfaatkan Fasilitas Anak yang Ada di Penginapan

Di resort atau penginapan keluarga, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat bermain atau kolam khusus anak. Jika si kecil sudah cukup besar, Anda bisa memaksimalkan tempat ini untuk mencari waktu khusus bersama pasangan. Sembari menunggui mereka bermain di kolam, Anda bisa duduk di pinggirannya sembari menikmati jus dan membaca buku kesukaan.

Siapkan Obat-obatan

Ketika berada di tempat asing, ada kemungkinan anak akan lebih mudah jatuh sakit. Jangan lupa membawa obat-obatan terutama untuk demam dan flu. Plester dan obat luka juga bisa Anda masukkan ke dalam tas untuk berjaga-jaga seandainya si kecil terluka.

Dengan 8 tips di atas, Anda pasti bisa sukses menjalani liburan pertama kali dengan si kecil ke luar negeri tanpa harus mengorbankan kesenangan pribadi.

Leave a reply
Ini Dia 6 Destinasi Terbaik untuk Liburan Bersama Anak6 Tips Bantu Anak Menghadapi Cuaca Panas

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!