Ini Dia Makanan Lezat untuk Nutrisi Otak Anak

23 November 2018

Secepat anak-anak yang berlari mengelilingi taman bermain, otak mereka juga cepat tumbuh dan berkembang. Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting untuk tumbuh kembang, dan apa yang mereka makan dapat mempengaruhi fokus dan kemampuan kognitif. Tujuh jenis nutrisi otak anak di bawah ini dapat membantu otak si kecil tetap “tajam” dan berkembang dengan baik di masa depan.

Ikan berlemak

Nutrisi Otak Anak

metromerauke.com

Asam lemak Omega-3 pada ikan berlemak adalah komponen penting yang dibutuhkan untuk perkembangan sel otak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Omega-3 dapat membantu mengelola masalah perilaku karena perannya dalam fungsi neurotransmitter. Omega-3 juga merupakan nutrisi otak anak yang sering dikaitkan dengan kemampuan membaca yang lebih baik dan peningkatan fungsi memori.

Contoh penyajian:

Salmon, mackerel, tuna segar, trout, sarden, dan herring adalah sumber Omega-3 yang besar dan harus dimakan minimal seminggu sekali. Sajikan dalam hidangan nugget ikan salmon dan mackerel berbentuk jari (fish finger), burger ikan tuna, dan pai daging fillet salmon. Wah, lezat!

Telur

Nutrisi Otak Anak

suppliertelurayam.com

Protein yang terkandung dalam telur membantu anak-anak berkonsentrasi. Telur juga mengandung kolin yang merupakan vitamin penting dalam produksi sel-sel memori dalam otak.

Contoh penyajian:

Lipat telur dadar dan selipkan dalam tortilla dari gandum utuh untuk camilan sore hari. Roti lapis isi salad telur atau telur rebus yang kuningnya dikocok dengan krim keju dan sayuran cincang juga bisa jadi penyajian nutrisi otak anak yang lezat.

Susu, yogurt, dan keju

Nutrisi Otak Anak

pegipegi.com

Susu, yogurt, dan keju sangat bergizi dan dikemas dengan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim yang semuanya berperan penting sebagai nutrisi otak anak.

Contoh penyajian:

Jika si kecil tidak suka susu, jangan khawatir, tambahkan susu ke dalam bubur, puding, atau pancake. Sementara itu, yogurt bisa digunakan sebagai saus untuk salad sayuran atau buah-buahan.

Penyajian keju yang menarik? Anda dapat menyajikan mozzarella stick (keju mozzarella dipotong dan digoreng dengan tepung roti), cheese fondue (potongan brokoli segar dan roti perancis yang dicelupkan ke dalam keju leleh panas), atau sebagai taburan di atas pasta, omelet, pisang bakar, dan pai daging.

Bayam

Nutrisi Otak Anak

doktersehat.com

Bayam adalah salah satu nutrisi otak anak yang dapat meningkatkan fungsi otak, karena kandungan vitamin K dan folat yang tinggi. Vitamin K sudah terbukti dapat menjaga kemampuan kognitif dan mencegah Alzheimer, sedangkan folat (asam folat) membantu mencegah kerusakan saraf.

Contoh penyajian:

Omelet bayam dan sup bening bayam dan jagung, nuggest campuran ayam dan bayam cincang, serta mie bayam (campuran bayam cincang, telur, dan terigu).

Kacang merah

Nutrisi Otak Anak

hellosehat.com

Nutrisi otak anak yang satu ini adalah kacang merah yang ternyata tinggi protein, vitamin, dan mineral. Kacang merah juga mengandung lebih banyak lemak Omega-3—yang juga penting untuk perkembangan dan peningkatan fungsi otak—dibandingkan kacang lainnya yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Contoh penyajian:

Taburkan kacang merah di atas salad sayuran, es kacang merah, campuran saus spaghetti bolognaise, dan burger dari kacang merah tumbuk yang dicampur keju leleh. Hmm, lezat!

Apel dan Plum

Nutrisi Otak Anak

pharmasee.web.id

Anak-anak sering menginginkan permen atau cokelat batang, terutama ketika mereka merasa lesu. Apel dan plum mengandung quercetin dan antioksidan yang dapat mencegah penurunan kemampuan mental.

Contoh penyajian:

Selain dimakan utuh, kesegaran apel dan plum juga bisa disajikan dalam bentuk smoothie atau jus. Anda juga bisa memanggang pai apel atau pai plum yang lezat dan sehat.

Oat, sereal & roti gandum utuh

Nutrisi Otak Anak

infocampo.com.ar

Dilengkapi karbohidrat, gandum utuh memberikan glukosa dan energi penting untuk bahan bakar otak, juga kaya vitamin B, yang menyehatkan sistem saraf. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang diisi dengan gandum utuh dapat meningkatkan ingatan—terutama ingatan jangka pendek.

Contoh penyajian:

Sarapan bubur gandum dengan buah beri sangat baik untuk kesehatan jantung dan otak. Anda juga bisa memberi si kecil camilan biskuit gandum yang dicocol pada keju leleh, pisang, atau alpukat tumbuk.

Selamat mencoba!

 

 

Leave a reply
Asah Multiple Intelligence Anak dengan Kegiatan Menarik Berikut Ini10 Kiat dalam Memilih Mainan Edukasi untuk Balita Anda

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!