Bingung Memilih Sepatu Nyaman untuk Anak? Baca Tipsnya di Sini

15 May 2019

Si kecil mulai lancar berjalan, waktunya memilih sepatu yang tepat untuknya. Kali ini, Anda perlu membelikan sepatu yang nyaman dan dapat memberinya perlindungan total. Bagaimana cara memilih sepatu nyaman untuk kaki si kecil? Apakah berdasarkan modelnya yang bagus? Atau harganya yang mahal? Simak tipsnya dalam artikel ini, ya!

Tips Jitu Memilih Sepatu Nyaman untuk Anak

Memilih Sepatu Nyaman

pixabay.com

1. Perhatikan ukuran sepatu

Ada cara yang praktis dan mudah dalam membeli sepatu tanpa perlu capek-capek keluar rumah. Yaitu, dengan membeli secara online. Namun, membeli sepatu melalui cara ini berisiko, ukuran sepatu tidak tepat untuk kaki si kecil.

Ukuran sepatu yang tidak sesuai dengan kaki si kecil, tentunya akan membuat dia merasa tidak nyaman ketika berjalan. Sepatu yang kekecilan, dapat membuat kakinya lecet. Sebaliknya, jika ukuran sepatu kebesaran, si kecil bisa jatuh karena keserimpet.

  • Oleh karena itu ketika hendak membeli sepatu nyaman untuk anak, sebaiknya Anda langsung mengajaknya ke toko sepatu. Dalam mengukur sepatu anak, gunakan langkah-langkah berikut:
    Jika Anda ingin mengetahui ukuran sepatu yang dicoba si kecil pas untuk kakinya atau tidak, minta dia berdiri ketika mencoba sepatu tersebut.
  • Lapisi kaki si kecil dengan kaos kaki sebelum mencoba sepatu.
  • Pastikan tidak ada ruang kosong di ujung sepatu dan jempol si kecil tidak menekuk. Caranya, tekan bagian ujung sepatu yang dicoba si kecil dengan jari Anda.
  • Sepatu yang kebesaran satu nomor mungkin membuat Anda lebih hemat dalam beberapa waktu ke depan. Namun, hindari membeli sepatu seperti ini, karena akan membuat si kecil tidak nyaman mengenakannya.
  • 2. Pilih yang membuat si kecil nyaman

    Mengikuti model sepatu yang sedang tren memang keren. Namun, sepatu keren tersebut belum tentu membuat si kecil nyaman. Dibanding mengikuti tren fashion anak, sepatu yang menunjang keseimbangan tubuh lebih penting untuk dipilih. Terlebih jika si kecil baru mulai bisa berjalan. Dia membutuhkan sepatu yang mampu mendukungnya berdiri tegap dan tidak menyulitkannya berjalan, karena keseimbangan tubuhnya belum cukup baik.

    3. Pilih sesuai kebutuhan

    Anda tentunya tahu, sepatu terbuat dari berbagai macam bahan. Mulai dari kanvas, kulit, kain, maupun plastik. Sepatu akan membuat kaki si kecil tertutup rapat dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, Anda perlu memilih bahan sepatu yang sirkulasi udaranya baik. Sedangkan untuk plastik, bahan tersebut lebih cocok dan nyaman digunakan sebagai bahan baku sendal.

    4. Pilih sesuai selera si kecil

    Mengenakan barang yang dia sukai, akan membuat anak senang dan lebih antusias berjalan. Ini bagus, karena sekaligus dapat melatih kemampuan berjalannya agar lebih lancar.

    Tips Merawat Sepatu Anak Agar Awet

    Memilih Sepatu Nyaman

    pexels.com

    Selain memilih sepatu nyaman untuk anak, cara perawatan sepatu juga perlu Anda perhatikan. Berikut tips merawat sepatu si kecil agar awet:

  • Pastikan kaki si kecil dalam kondisi kering saat hendak mengenakan sepatu. Karena kaki yang basah dapat mengundang bakteri yang menyebabkan kaki menjadi bau.
  • Hindari membiarkan si kecil mengenakan sepatunya seharian penuh. Pelindung kaki ini juga butuh diistirahatkan sejenak agar sirkulasi udaranya lancar.
  • Hindari banyak berjalan di permukaan tanah yang tidak rata, karena dapat membuat sol sepatu cepat rusak.
  • Teratur mencuci sepatu, setidaknya seminggu sekali.
  • Simpan sepatu di tempat yang kering. Sebelum disimpan, pastikan sepatu benar-benar kering dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.
  • Hindari menumpuk sepatu. Posisi terbaik untuk menyimpan sepatu si kecil adalah dengan menggantungnya.
  • Nah, demikian tips memilih dan merawat sepatu anak dengan tepat. Meski alas kaki terkesan sepele, namun Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih sepatu nyaman untuk anak. Pastikan si kecil mengenakan sepatunya dengan nyaman, ya, Bunda!

    Leave a reply
    3 Penyakit pada Anak Akibat Bakteri Kolam RenangTips Menata Kamar Anak yang Sempit Agar Terasa Lebih Menarik

    Leave Your Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Free Call

    We are pleased to answer all your questions

    +62 888 1 800 900
    Recent Posts
    Live Chat via Whatsapp!