5 Permainan Air yang Menyenangkan untuk Si Kecil

2 September 2019

Sebagian besar anak-anak menyukai permainan air. Terkena percikan air, basah-basahan, membuat gelembung sabun, dan aktivitas air lainnya, memberikan sensasi tersendiri bagi si kecil. Ingin seru-seruan bersama si kecil? Yuk, lakukan 5 jenis permainan air yang menyenangkan ini bersama buah hati Anda:

Permainan Mencuci Mainan

Permainan Air

pixabay.com

Bermain sambil belajar bisa Anda terapkan lewat aktivitas yang satu ini. Ajak sang buah hati membersihkan mainannya sendiri. Mulailah dengan mengeluarkan mainan yang kecil dan mudah dibersihkan.

Siapkan sabun dan sponge kecil untuk membersihkan semua mainan si kecil. Berikan contoh, kemudian biarkan dia melakukannya sendiri. Jika si kecil mulai terlihat kesulitan, Anda bisa sedikit membantunya.

Permainan Siram-Siram Tanaman

Permainan Air

pixabay.com

Bagi orang dewasa, kegiatan ini memang membosankan dan tidak menarik. Namun, lain ceritanya bagi si kecil. Apa pun jenis permainannya, asal bisa bermain air sepuasnya, pasti si kecil suka. Melalui permainan ini, Anda juga bisa mengajarkan tanggung jawab dan mengajak si kecil menyukai serta merawat tanaman.

Siapkan alat penyiram tanaman berukuran kecil, yang cocok untuk usia si kecil. Kemudian, ajak ia menyiram tanaman bersama-sama.

Permainan Gelembung Sabun

Permainan Air

pixabay.com

Gelembung sabun merupakan salah satu permainan air yang menarik dan tidak pernah membosankan. Untuk mengawali permainan, ajak si kecil mencampur air dan sabun yang dapat menimbulkan gelembung-gelembung sabun ketika ditiup.

Kemudian, siapkan alat untuk meniup gelembung. Anda bisa memanfaatkan kawat, sedotan, atau raket bekas. Ada banyak pelajaran yang bisa Anda berikan kepada si kecil melalui gelembung sabun. Mulai dari, belajar membedakan ukuran gelembung hasil tiupan, melatih koordinasi mata, dan pelajaran ringan lainnya.

Permainan Menembak Balon Air

Permainan Air

pixabay.com

Si kecil belum hafal nama warna? Anda bisa melatihnya dengan permainan ini. Pilih balon warna warni, kemudian isi dengan air secukupnya. Selanjutnya, gambar target pada lantai atau bidang tembakan. Minta si kecil menembak target dengan balon air yang sesuai dengan warna yang Anda sebutkan.

Selain melatih si kecil mengenal warna, permainan tersebut juga melatih konsentrasi, ketangkasan, motorik, dan kecerdasan kinetik. Si kecil belajar menyelaraskan antara gerakan tangan, mata, dan pikirannya.

Berenang

Permainan Air

pixabay.com

Aktivitas dalam air yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Selain melatih fisik dan otot, berenang dapat menumbuhkan kepercayaan diri, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu meninggikan badan. Anda dapat memulai dengan permainan lampu lalu lintas, yang dapat melatih keseimbangan tubuh ketika berada di dalam kolam.

Minta si kecil berdiri di dalam air, menghadap tembok kolam renang. Ketika Anda mengatakan hijau, dia harus menempatkan diri dengan posisi tengkurap, tangan memegang tepi kolam, dan kakinya mengayuh air dengan cepat. Ketika Anda bilang lampu kuning, si kecil harus melambatkan kayuhannya, dan berhenti ketika Anda mengatakan lampu merah.

Manfaat Bermain Air Bagi Si Kecil

Sebagian orang tua terkadang merasa takut ketika si kecil suka bermain air. Padahal, permainan air ini memiliki banyak manfaat bagi anak, di antaranya:

  • Perkembangan fisik: anak akan banyak bergerak ketika main air, sehingga mendorong perkembangan fisik dan koordinasi anggota tubuhnya.
  • Sarana belajar: ketika bermain air, si kecil dapat belajar fisika sederhana, seperti konsep mengapung atau mengambang, perbedaan bentuk benda (padat, cair, dan gas), belajar mengenal kata baru, mengasah kreativitas, dan melatih emosionalnya.

Agar anak melakukan permainan air dengan aman, sebaiknya Anda selalu mengawasi pergerakannya. Selain itu, ingatkan dia untuk tidak meminum air yang dia gunakan untuk bermain, serta berikan penjelasan mengenai bahaya minum air kotor bagi kesehatan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Mengambil Keuntungan Fisik dan Sosial dari 6 Olahraga untuk AnakJus Buah VS Buah Segar untuk Si Kecil, Mana yang Lebih Baik?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!