Tidak Sekadar Bermain Air, Ketahuilah 5 Manfaat Berenang untuk Anak

9 April 2018

Permainan air merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Salah satu olahraga yang berhubungan dengan air adalah berenang. Selain sebagai hiburan, anak-anak akan mendapatkan manfaat berenang lainnya.

Berenang memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, baik untuk melatih kepercayaan diri maupun fisik anak. Berikut ini adalah 5 manfaat berenang untuk anak yang wajib Anda tahu.

Melatih Keberanian

Melatih Keberanian - dfrcollection.com

Melatih Keberanian – dfrcollection.com

Mental anak perlu dilatih sejak dini agar mereka menjadi sosok yang kuat dan berani di masa depan. Berenang dapat dijadikan salah satu cara untuk melatih hal tersebut.

Perlawanan dari rasa takut tenggelam saat belajar berenang membuktikan anak memiliki keberanian. Dari berenang, anak belajar untuk menaklukkan derasnya aliran air.  Setelah anak bisa berenang berarti dia memiliki jiwa pemberani.

Melatih Disiplin

Melatih Disiplin - cloversportclub.files.wordpress.com

Melatih Disiplin – cloversportclub.files.wordpress.com

Manfaat berenang yang lainnya adalah mengajari anak disiplin. Waktu yang disisihkan untuk belajar berenang salah satu contoh disiplin dari kegiatan berenang.

Sikap disiplin juga terlihat dari kepatuhan anak untuk mengikuti semua instruksi dan aturan saat belajar berenang. Setelah melewati hal-hal tersebut, anak akan terbiasa dengan pola hidup disiplin sampai dia dewasa.

Meninggikan Badan

Meninggikan Badan - www.shirleyswimmingpool.co.uk

Meninggikan Badan – www.shirleyswimmingpool.co.uk

Bagi anak-anak, salah satu manfaat berenang yang paling ingin didapatkan adalah meninggikan badan. Hal tersebut memang benar, berenang akan membuat otot menjadi kuat dan lentur. Selain itu, hormon-hormon pertumbuhan juga bekerja maksimal saat itu.

Gerakan berenang yang berupa peregangan tangan dan kaki di dalam air sangat mendukung tulang-tulang untuk tumbuh dengan maksimal. Akan tetapi, tinggi badan sangat dipengaruhi oleh keturunan. Hanya saja, dengan berenang, anak akan bertambah tinggi secara maksimal.

Menguatkan Otot

Menguatkan Otot - www.teras.id

Menguatkan Otot – www.teras.id

Tubuh yang ideal akan didapatkan anak saat mereka rajin berenang. Semua anggota tubuh yang digerakkan saat berenang membuat otot tangan dan kaki terbentuk secara sempurna.

Salah satu manfaat berenang adalah seluruh otot akan menjadi kuat. Otot tangan dan kaki akan terbiasa menahan beban yang cukup berat. Otot tubuh akan menjadi kencang sehingga postur badan yang ideal akan dimiliki oleh anak.

Dengan kata lain, berenang merupakan salah satu aktivitas fisik untuk mencegah obesitas pada anak. Agar berat badannya ideal, anak dianjurkan berenang untuk pembakaran kalori.

Membuat Tubuh Lebih Bugar

Membuat Tubuh Lebih Bugar - diginomica.com

Membuat Tubuh Lebih Bugar – diginomica.com

Setiap jenis olahraga pasti membuat tubuh lebih sehat. Salah satu manfaat lainnya adalah membuat tubuh lebih bugar. Kebugaran tersebut akan terasa setelah keluar dari kolam renang.

Saat berenang denyut jantung meningkat, sirkulasi darah lancar, dan otot menjadi kuat. Selain itu, seluruh tubuh mulai dari tangan, kaki, dan badan juga ikut bergerak. Hal tersebut menyebabkan tubuh kembali bugar setelah berenang.

Pepatah menyebutkan di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat. Nah, dengan tubuh yang bugar, anak akan lebih relaks selama beraktivitas. Keadaan tersebut membuat mood anak menjadi lebih baik untuk belajar.

Belajar berenang sejak dini juga dipercaya membuat anak menjadi lebih cerdas. Gerakan-gerakan yang harus diingat dan dipelajari saat berenang akan merangsang perkembangan otak, khususnya di daerah corpus collosum. Daerah tersebut berperan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, akademik, dan spasial anak. Situs hellosehat.com menyebutkan, suatu penelitian telah membuktikan anak yang berenang memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih baik daripada anak yang tidak berenang.

Saat anak diajari untuk berenang, berarti mereka juga belajar untuk menjaga keseimbangan. Misalnya, agar dapat mengambang di air, anak tidak boleh menggerakkan angota tubuh dengan cepat. Anak harus mampu menahan diri untuk menyeimbangkan badannya ketika berada di air.

Anda tertarik untuk mengajari anak berenang? Lakukan sekarang juga. Anda dapat memilih seorang guru renang agar anak dapat berlatih dengan intensif. Jika Anda bisa berenang, latihlah sendiri agar lebih dekat dengan anak. Selamat berolahraga bersama.

Leave a reply
Ajarkan 5 Contoh Pendidikan Seks agar Anak Memiliki Pemahaman yang TepatTidak untuk Menjadi Geng, Inilah 5 Manfaat Berteman yang Perlu Ditanamkan kepada Anak
All comments (1)
  • ratna
    13 April 2018 at 19:40

    terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat :)

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!