Si Kecil Malas Mandi? Coba Siasati dengan Permainan Air Mengasyikan

10 October 2017

Mandi dua kali sehari pada pagi dan sore hari, seharusnya rutin dilakukan oleh si kecil. Namun, sering kali rutinitas tersebut membuat si kecil malas mandi. Banyak alasan yang membuat anak tidak mau dimandikan, salah satunya adalah air yang dingin.

Mungkin pengalaman si kecil malas mandi sering Anda alami, terutama saat anak sedang asyik bermain. Saat sudah asyik dengan teman-temannya, mereka kerap malas untuk pulang dan membersihkan diri. Jika sudah begini, biasanya para orang tua akan merasa jengkel dan tak jarang ingin memarahi anak.

Sebenarnya, ada cara sederhana yang bisa dilakukan oleh Bunda untuk mengatasi anak yang malas mandi, yaitu dengan permainan air mengasyikkan. Jangan lupa juga untuk mengajak teman-temannya agar terasa lebih menyenangkan ya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Water Limbo

Water Limbo

Water Limbo

Salah satu permainan air mengasyikkan yang bisa dilakukan untuk mengatasi si kecil malas mandi adalah water limbo. Dalam permainan limbo biasanya ada dua orang yang bertugas untuk memegang seutas tali, lalu satu persatu berjalan melewati bawah tali tanpa boleh merayap, menunduk, ataupun terjatuh. Semakin lama, ketinggian tali akan semakin diturunkan sampai tidak ada yang dapat melewatinya. Uniknya, tali yang digunakan dalam water limbo ini bisa digantikan oleh selang yang mengeluarkan air. Anda bisa memberi tekanan sedikit pada air agar dapat mengalir dengan lurus.

Splash Volleyball

Splash Volleyball

Splash Volleyball

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah kolam pastik atau karet ukuran anak serta spons ukuran besar. Permainannya serupa bola voli, tetapi menggunakan pembatas berupa kolam karet yang telah diisi air. Sementara itu, spons digunakan sebagai pengganti bola voli. Anda bisa membasahi spons agar terasa sedikit berat, lalu mulailah permainannya. Jika spons tersebut menyentuh tanah, nilai akan diberikan kepada pihak lawan. Jika spons masuk ke dalam kolam, orang terakhir yang memegang spons harus masuk ke dalam kolam dan mengambilnya. Kemudian, nilai akan dikurangi.

Balloon Babies

Balloon Babies

Balloon Babies

Permainan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menyiasati si kecil malas mandi adalah balloon babies. Pertama-tama, siapkan balon, kain, dan spidol permanen. Isi balon tersebut dengan air, kemudian Anda bisa menggambar bentuk mata, mulut, dan hidung pada permukaannya. Selanjutnya, bungkus balon dengan kain. Tantang anak untuk berlari atau melompat sambil menjaga balon agar tidak bocor atau pecah.

Duck Race

Duck Race

Duck Race

Siapkan bebek karet serta pistol pastik sesuai dengan jumlah anak dan terpal. Kemudian, buat dua jalur atau lebih dengan kain terpal seperti selokan kecil yang dapat menampung air. Isi terpal tersebut dengan air sampai bebek dapat melaju di lintasan terpal. Mintalah anak Anda untuk menembak bebek karet dengan pistol air sampai ke garis finish.

Busa Imajinasi

Busa Imajinasi

Busa Imajinasi

Anda bisa membuat banyak busa dari sabun mandi. Ajaklah si kecil untuk berimajinasi seperti membuat es krim atau bentuk lainnya. Hal ini dipercaya dapat membuat anak senang untuk mandi.

 

Itu dia beberapa permainan air mengasyikkan yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah si kecil malas mandi. Usai bermain air, ajaklah anak Anda untuk segera mandi dan membersihkan diri dari kotoran yang menempel di tubuh.

Mengatasi anak yang malas mandi memang susah-susah gampang. Namun, pastikan untuk tidak memarahinya saat dia tidak mau melakukannya. Sebaliknya, ajaklah si kecil secara baik-baik atau bisa juga dengan melakukan permainan yang mengasyikkan seperti di atas. Selamat mencoba, Bunda!

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Kiat-Kiat Atasi Si Kecil yang Susah Tidur MalamAgar Anak Rutin Minum Air Putih, Lakukan 3 Hal Ini!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!