3 Manfaat Membaca Buku Bagi Anak

25 November 2019

Anak kecil ketika bertumbuh besar akan mulai senang dengan kegiatan kegiatan baru, salah satunya adalah membaca, membaca buku sendiri adalah jendela dunia yang berarti orang yang suka membaca akan memiliki wawasan yang lebih luas daripada mereka yang tidak menyukai membaca. Dan juga banyak sekali manfaat lain membaca buku bagi anak.

Untuk orang yang gemar membaca buku biasanya sudah diajarkan orang tua mereka sejak kecil sehingga hal tersebut menjadi hal yang biasa saja bahkan bisa menjadi hobi. Dan mengapa orang tua harus mengenalkan dunia membaca kepada anak sejak dini? Karena begini manfaat membaca buku kepada anak.

  • Meningkatkan Kemampuan Otak

Menurut Children Healthcare of Atalanta, ada banyak manfaat baca buku untuk anak, membaca bisa memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang, pengaruhnya juga bisa didapatkan sejak bayi saat mereka masih belum bisa membaca, tapi ketika orang tua membacakan buku pada anaknya.

Buku sendiri terdiri dari rangkaian kata, angka, gambar, dan hal hal lainnya, dan mampu mengembangkan keterampilan anak untuk berpikir, hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana cara mereka berbicara, memecahkan sebuah masalah, menulis, dan juga akan membuat mereka mendapatkan pengalaman yang baru dan berbeda dari lainnya.

Buku fiksi juga bisa merangsang anak untuk dapat mengenali emosi sendiri serta orang-orang di sekitar mereka, anak-anak yang suka membaca buku fiksi biasanya akan lebih memilih imajinasi yang tinggi dan akan memiliki ide kreatif, sedangkan anak yang sering membaca buku nonfiksi bisa membangun citra diri mereka yang kuat, berwawasan tinggi, dan akan membuat mereka lebih percaya diri.

 

  • Membuat Ikatan Orang Tua Anak Menjadi Erat

Orang tua biasanya sering melewati momen penting dengan anak mereka, kondisi tersebut bahkan bisa membuat anak berpikir bahwa diri mereka kurang perhatian dari orang tua, membaca bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk meningkatkan ikatan di antara orang tua dan anak.

Selain membangun ikatan, membaca juga jadi cara orang tua agar bisa mengajari anak berbagai pengetahuan, informasi, dan beberapa aspek kehidupan yang ada di buku yang mereka baca di buku yang Anda berikan.

 

  • Mendukung Masa Depan

Anak yang sering membaca buku biasanya juga sering dan lebih terarah dengan keinginan atau cita-cita mereka di masa mendatang, mereka akan terpacu untuk ingin lebih tahu mengenai hal yang mereka sukai.

Dan ketika usia mereka sudah remaja, mereka akan fokus dan mencari tahu, dan juga bisa saja mempraktikkan apa yang mereka ingin cobakan sesuai cita-cita yang mereka dapatkan dari buku tersebut, selain itu, membaca juga bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi anak Anda agar mereka bisa bertanggung jawab dan resiko dari suatu perbuatan dan suatu perilaku.

Setelah Anda mengetahui manfaat membaca buku untuk anak Anda, tentu saja Anda kini sudah harus mengetahui bagaimana cara memperkenalkan cara membaca buku kepada anak Anda agar anak Anda dari kecil sudah mencintai membaca buku.

Anda bisa memperkenalkan kebiasaan membaca buku kepada anak sebelum bayi dapat membaca dan berbicara, ketika masih bayi, Anda bisa mengenalkan buku yang menarik dan interaktif yang berwarna dan lebih banyak ilustrasi daripada tulisan dan tema yang disukai oleh anak-anak seperti binatang. Pangku anak Anda dan taruh buku di depan anak Anda, dengan begitu anak Anda akan merasa dekat dengan Anda dan Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk membaca.

Anda juga bisa menunjukkan gambar dan menjelaskan beberapa kata-kata dan bisa mengulangi kata-kata tersebut berulang kali, dan jika anak Anda menunjukkan minat dirinya kepada beberapa buku, maka Anda bisa mengulangi hal tersebut berkali-kali, dan Anda juga bisa mengajak anak pergi ke toko buku dan biarkan anak Anda memilih buku bacaan yang anak Anda sukai.

 

Leave a reply
Ini Dampak Jika Anak Telat Bicara Tanda Stress Pada Anak, Harus Tahu!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!