5 Ide Berlibur Kreatif untuk Balita Cerdas

2 May 2018

Berlibur bersama anak balita, cukup merepotkan. Selain membawa banyak perlengkapan, Anda juga harus menentukan liburan yang sesuai. Daripada pergi ke tempat wisata atau wahana permainan di pusat perbelanjaan, Anda bisa menjajal liburan di rumah. Banyak ide berlibur kreatif yang bisa Anda terapkan untuk merangsang kecerdasan si kecil.

Berikut 5 ide liburan kreatif yang bisa Anda coba dirumah bersama balita.

Memasak Bersama

Berlibur Kreatif

tabloidbintang.com

Memasak merupakan salah satu cara menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama si kecil di rumah. Anda dapat mengajak anak untuk membuat kue atau memasak makanan kesukaannya. Berikan tugas-tugas sederhana yang sudah bisa ia lakukan. Misalnya mengayak terigu, mengaduk adonan atau memberi hiasan pada makanan.

Selalu beri contoh dan dampingi si kecil karena ia tentu belum terlalu mahir melakukan tugas tersebut. Jangan lupa jauhkan posisi benda tajam dan panas dari si kecil agar tidak terluka. Kegiatan memasak bersama, dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik serta mengasah kepekaan indra si kecil.

Mendekorasi Kamar

Berlibur Kreatif

buythebutchercover.com

Mendekorasi ulang kamar anak merupakan salah satu ide berlibur kreatif yang menyenangkan. Mulailah kegiatan dengan mengajak anak untuk menata ulang posisi kamar tidurnya. Kemudian tanyakan kepadanya mengenai warna tembok yang diinginkan. Bila tak ingin mengganti cat, Anda pun dapat menambah stiker di dinding.

Selain itu, ajak anak untuk membuat kerajinan sederhana hasil buatan tangannya untuk dipajang di kamar. Misalnya bingkai foto dari kardus bekas atau pom-pom dari benang wol sebagai elemen dekoratif kamar.

Selain membuat kamar si kecil terlihat baru dan segar, kegiatan ini dapat membuat anak semakin kreatif serta mampu bekerja sama. Anda juga dapat mengajaknya untuk menata ulang ruang keluarga.

Berkemah di Halaman

Berlibur Kreatif

Scouting magazine.org

Bila Anda memiliki halaman yang cukup luas, manfaatkan kegiatan berlibur dengan berkemah. Tak perlu banyak perlengkapan yang harus disiapkan. Anda cukup menyediakan tenda, bantal, alas tidur dan selimut. Sediakan juga alat lukis agar anak dapat melukis pemandangan di sekeliling area kemah. Jangan lupa siapkan losion antinyamuk agar melindungi anak dari gigitan.

Anda pun dapat menyediakan alat barbeque atau api unggun untuk membakar jagung, sosis dan aneka makanan lainnya. Dijamin agenda berlibur kreatif dengan si kecil menjadi semakin menyenangkan.

Berkebun

Berlibur Kreatif

motherbabychild.com

Mengenalkan alam untuk anak bisa dimulai dengan kegiatan berkebun di lingkungan rumah. Sebagai permulaan, Anda bisa meminta anak dengan membersihkan rumput liar atau dedaunan kering di sekitar tanaman.

Kemudian ajak anak untuk menanam tanaman. Jelaskan padanya mengenai jenis-jenis tanaman yang dapat menjadi pilihan termasuk apa kegunaannya. Pilihlah tanaman yang cepat tumbuh seperti cabai, daun bawang, dan kacang agar hasilnya dapat segera dilihat.

Memang aktivitas berkebun akan membuat si kecil sering memegang tanah basah sehingga membuat tangan dan bajunya kotor. Namun biarkan saja agar ia semakin menikmati saat-saat berlibur kreatif ini. Jangan lupa ajari anak untuk merawat tanaman dengan rutin menyiram serta memberi pupuk.

Main Air

Berlibur Kreatif

marianswimmingpool.com

Bermain air tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak balita. Bila Anda tak memiliki kolam renang di rumah, Anda bisa memanfaatkan kolam karet yang dapat dibeli di pasaran. Letakkan kolam di tempat yang teduh agar anak nyaman beraktivitas.

Untuk menambah keseruan, Anda dapat mengajak anak tetangga yang seusia dengan anak untuk bermain bersama. Kegiatan berlibur kreatif ini juga dapat membuat tubuh buah hati tetap bugar  serta melatih kemampuan motoriknya.

Ide-ide berlibur kreatif ini sangat cocok diterapkan para orang tua, terutama saat masa liburan hanya singkat serta anggaran sedang menipis. Selamat mencoba!

Leave a reply
5 Alasan Mengapa Seni Tari Penting untuk Anak Usia DiniLakukan 5 Trik Ini Jika Anak Takut Disuntik
All comments (1)
  • paket outbound
    6 November 2018 at 16:25

    bayi yang di airnya lucu, hehehe sudah berani berenang

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!