Mengenal 8 Tipe Kecerdasan, Si Kecil Tergolong yang Mana Ya?

26 June 2019

Menurut Howard Gardner, pencetus teori kecerdasan majemuk, ada banyak aspek dan keterampilan yang bisa dipakai untuk mengukur seberapa cerdas seseorang. Kecerdasan tersebut juga dapat dinilai dari seberapa baik orang itu berkomunikasi, belajar, bermain, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari tahu apa tipe kecerdasan yang dimiliki oleh buah hati Anda. Dengan demikian, Anda sebagai orang tua dapat mengembangkan potensi anak secara maksimal. Berikut adalah ulasannya.

Kecerdasan Emosional

Tipe Kecerdasan

pixabay.com

Anak yang memiliki tipe kecerdasan ini mampu mengenali emosi, mengidentifikasi, dan menyatakan perasaannya secara akurat. Kemudian dia juga dapat menyesuaikan perilakunya berdasarkan emosi yang dirasakan. Tentunya, anak dengan kecerdasan emosional lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan baru.

Intelegensi Sosial

Berbeda dengan kecerdasan emosional, tipe ini memiliki insting yang lebih peka dalam menjalin persahabatan atau kerja sama dengan orang lain. Selain itu, anak yang memiliki intelegensi sosial akan lebih mampu membangun tim yang solid.

Kecerdasan Matematis-logis

Tipe Kecerdasan

pixabay.com

Tipe kecerdasan ini membuat anak mampu untuk melakukan perhitungan matematis dan menganalisis masalah secara logis. Kecerdasan matematis-logis juga membuat buah hati Anda dapat mendeteksi suatu pola atau penalaran secara deduktif. Dengan demikian, dia pun dapat memikirkan sebuah solusi yang inovatif dan rasional untuk masalahnya.

Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis menyangkut pengetahuan anak tentang planet dan makhluk hidup. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki ketertarikan kuat pada tanaman, gunung, lautan, hewan, dan cuaca. Jika si kecil menunjukkan kecerdasan ini, jangan ragu untuk mendorongnya menjadi seorang ilmuwan atau bekerja di bidang sains.

Kecerdasan Musikal

Tipe Kecerdasan

pixabay.com

Si kecil suka musik? Cari tahu apakah dia memang memiliki kecerdasan musikal. Anak dengan kecerdasan musikal biasanya sangat menghargai musik. Biasanya, anak dengan tipe kecerdasan ini juga suka belajar berbagai alat musik dan berusaha menciptakan musik sendiri.

Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik ditandai dengan seberapa baik anak dalam menggunakan tubuhnya. Hal tersebut bisa dilihat dari seberapa baik dia menggunakan bahasa tubuh saat berkomunikasi, sampai pada ke tugas-tugas atletik yang lebih kompleks. Tipe kecerdasan ini umumnya dikuasai oleh para atlet yang mampu memaksimalkan gerak tubuh mereka.

Kecerdasan Linguistik

Tipe Kecerdasan

pixabay.com

Apakah si kecil suka menulis atau membaca? Kalau ya, dia bisa memiliki kecerdasan linguistik. Tipe ini ditandai dengan kemampuan anak dalam memahami dan menghasilkan sebuah tulisan atau bahasa lisan. Kecerdasan ini juga terkait dengan kemampuan dalam hal komunikasi, kreativitas, dan penalaran abstrak.

Kecerdasan Visual & Spasial

Bukan hanya tentang keterampilan artistik, tipe kecerdasan ini memberi anak kemampuan lebih untuk mengenal lingkungan di sekitarnya. Selain itu, kecerdasan visual dan spasial sangat dibutuhkan untuk bertahan di dunia yang kompleks dan luas ini. Untuk tipe ini, anak akan memiliki tingkat intelegensi yang berkaitan dengan pola, warna, bentuk, arah, dan jarak. Anak dengan kecerdasan visual-spasial juga memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi warna dan objek. Namun, sayangnya mereka akan memiliki kekurangan dalam aspek kemampuan berpikir lateral dan kreativitas.

Demikian delapan tipe kecerdasan pada anak yang patut Anda ketahui. Kira-kira, buah hati Anda masuk yang mana?

Leave a reply
6 Cara Kreatif dan Seru untuk Meningkatkan Kosakata Anak7 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak Agar Kuat

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!