6 Cara Kreatif dan Seru untuk Meningkatkan Kosakata Anak

25 June 2019

Menurut sebuah studi, mengembangkan kosakata anak sejak dini dapat menjadikannya pembelajar yang efisien. Di sisi lain, meningkatkan kosakata anak sangat penting untuk mengembangkan keterampilan komunikasinya. Maka dari itu, yuk bantu si kecil untuk memperkaya kosakatanya! Ikuti beberapa cara kreatif dan seru di bawah ini, ya.

Ajak Main “Pancasila Lima Dasar”, Yuk!

Meningkatkan Kosakata Anak

pixabay.com

Untuk meningkatkan kosakata anak, Anda bisa mengajaknya bermain sesuatu yang sederhana seperti “Pancasila Lima Dasar” misalnya. Apakah Anda ingat tentang permainan jadul ini? Anda bisa mengajak si kecil untuk memainkannya secara rutin, baik itu di rumah ataupun saat kalian bepergian ke luar.

Cara mainnya juga mudah. Anda hanya perlu menggunakan jari-jari saja. Pemilihan tema pun bisa diganti sesuai keinginan. Misalnya saja, Anda bisa meminta si kecil untuk menyebutkan nama-nama hewan yang diawali dengan huruf D, dan begitu seterusnya.

Memasang Aplikasi Permainan Kata

Selain membantu meningkatkan kosakata anak, cara ini juga efektif untuk mengurangi kecanduan anak pada game digital. Dengan begitu, pemakaian gawai pada anak bisa diarahkan ke hal yang lebih positif. Adapun beberapa aplikasi permainan kata yang bisa si kecil coba di rumah, yakni Word Connect, Taboo Junior, Word Farm, dan masih banyak lagi.

Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar

Meningkatkan Kosakata Anak

pixabay.com

Cara ini tak cuma seru, tetapi juga membuat anak lebih mengenal lingkungannya. Pertama, ajak si kecil untuk menuju ke beberapa lokasi di lingkungan rumah. Kemudian minta dia untuk menyebutkan nama benda-benda yang dilihatnya.

Saat melakukan ini, si kecil tentu akan menemukan benda-benda yang namanya tidak dia ketahui sebelumnya. Nah, di sinilah tujuan dari permainan sederhana ini. Ketika dia bertanya tentang hal itu, tugas Anda adalah mengenalkan nama benda tersebut sekaligus menjelaskan tentang fungsinya.

Rajin Mendongeng untuknya

Mendongeng ternyata juga efektif untuk meningkatkan kosakata anak, lho. Menurut Catherine Snow, Ph.D., seorang profesor bidang pendidikan di Harvard Graduate School of Education, perbendaharaan kata jadi kunci keberhasilan anak dalam aspek akademis. Hal tersebut, jelas Catherine, harus mulai diasah sejak usia prasekolah. Dengan demikian, saat anak memasuki usia sekolah, dia sudah memiliki bekal kosakata yang banyak. Jadi, ayo lebih sering membacakan dongeng untuk si kecil!

Bermain Peran

Meningkatkan Kosakata Anak

pixabay.com

Selain mendongeng, ajak juga buah hati Anda untuk bermain peran. Cara ini akan mendorong anak untuk berpikir lebih kreatif dan terus menambah kosakata baru. Sebelum memulai permainan ini, buat kesepakatan dengan si kecil tentang tema cerita yang ingin kalian perankan.

Misalnya saja, ajak dia untuk memerankan tokoh kartun atau karakter imajinasi yang disukainya. Kemudian susun cerita yang akan kalian perankan secara runtut. Untuk mendapat hasil belajar yang maksimal, lakukan permainan ini dengan sungguh-sungguh, ya. Dengan begitu, si kecil pun akan merasa lebih bersemangat ketika melalui proses belajar dan bermain ini.

Memperkenalkan Lagu Baru

Memperkenalkan lagu baru juga efektif dalam meningkatkan kosakata anak. Melalui lagu, anak akan belajar banyak hal, termasuk membaca, mengingat, dan menambah kosakata. Itulah kenapa menyanyi dan bermusik menjadi bagian penting dalam pengajaran di kelas prasekolah. Hal tersebut bahkan telah diperkuat oleh hasil studi tahun 2016 yang dirilis University of Southern California’s Brain and Creativity Institute. Berdasarkan studi tersebut, pengalaman musik pada masa kanak-kanak bisa mempercepat perkembangan otak si kecil, terutama dalam aspek penguasaan bahasa dan keterampilan membaca.

Demikian beberapa cara kreatif yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kosakata anak. Yuk, asah terus keterampilan komunikasi si kecil, sehingga dia pun akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Liburan Tiba! Ikuti 7 Tips Ini Supaya Kualitas Tidur Anak Tidak TergangguMengenal 8 Tipe Kecerdasan, Si Kecil Tergolong yang Mana Ya?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!