Yuk, Coba Cara ini agar Anak Suka Menabung!

11 November 2018

Mengajarkan anak agar suka menabung sejak dini sangat penting untuk dilakukan, loh Bunda. Kegiatan menabung bertujuan agar anak mampu memahami bagaimana cara mengatur keuangan dengan cara menabung. Berikut ini, beberapa cara agar anak suka menabung.

Kenalkan tentang Uang dan Fungsinya Sebelum Menabung

Anak Suka Menabung

mamapapa.id

Sebelum mengajak anak Bunda untuk menabung, ada baiknya Bunda mengenalkan  terlebih dahulu tentang uang serta kegunaanya. Bunda dapat menunjukkan bentuk uang dan kegunaan uang. Tunjukkan pada si kecil uang berbentuk koin dan kertas serta nominal uang dari terkecil hingga terbesar.

Bunda juga bisa menjelaskan jumlah nominal uang serta barang apa saja yang bisa dibeli dengan nominal tersebut. Selain itu, Bunda dapat mengajarkan si kecil cara berhitung secara bertahap dengan langsung mempraktikkannya.

Bunda bisa menyuruh si kecil membeli 2 saset sampo di warung dengan uang kertas Rp5.000. Setelah si kecil selesai membeli, Bunda bisa menanyakan nominal uang kembalian yang diperoleh setelah berbelanja di warung. Saat itu, Bunda sudah mengajarkan si kecil menggunakan uang dan berhitung.

Berikan Pemahaman tentang Tujuan Keuangan

Anak Suka Menabung

hellosehat.com

Salah satu cara agar anak suka menabung adalah dengan memberikan pemahaman tentang tujuan keuangan dari kegiatan menabung. Untuk mengenalkan anak Bunda tentang tujuan keuangan, Bunda bisa melakukan dengan cara sederhana. Bunda bisa menjelaskan secara perlahan maksud dari tujuan keuangan dengan menabung.

Si kecil bisa membeli barang yang diinginkan setelah uang tabungan terkumpul. Setelah uang yang ditabung banyak, Bunda bisa mengajak si kecil membeli barang yang diinginkan. Pada akhirnya, si kecil akan paham maksud tujuan keuangan dari kegiatan menabung. Melalui kegiatan menabung, Bunda juga menyisipkan pelajaran mengenai cara mengatur keuangan. Selain itu, Bunda bisa mengajak si kecil mempraktikkan langsung cara mengatur keuangan dari uang jajannya.

Berikan Uang Saku untuk Langkah Awal Menabung

Anak Suka Menabung

kumparan.com

Cara selanjutnya agar anak suka menabung adalah dengan memberikan uang saku. Uang saku yang Bunda berikan bisa dijadikan langkah awal untuk menabung. Berikan uang saku yang sesuai dengan kebutuhannya.

Misalnya, uang saku si kecil Rp5.000, berikan uang tersebut dalam bentuk pecahan seribuan dan dua ribuan. Uang pecahan seribuan atau dua ribuan tersebut bisa langsung dimasukkan ke dalam celengan. Tunjukkan cara memisahkan uang yang dipakai untuk jajan dan untuk ditabung.

Melalui uang saku ini, Bunda bisa memberikan pengertian tentang pentingnya menyisihkan uang saku untuk ditabung. Selain itu, si kecil bisa belajar mengenai usaha dan kesabaran serta cara menghargai uang.

Ajari Menabung dengan Celengan

Anak Suka Menabung

educenter.id

Cara selanjutnya untuk mengajak anak suka menabung adalah dengan menyiapkan celengan sebagai media untuk menabung. Bunda bisa mengajak si kecil untuk membeli dan memilih sendiri celengan yang akan digunakan untuk menabung. Ajak si kecil untuk memilih celengan yang unik bentuknya dan berwarna cerah sesuai dengan keinginannya.

Celengan berbentuk karakter-karakter kartun favorit atau superhero bisa menjadi pilihan yang tepat karena bisa membuat anak bersemangat. Setelah itu, Bunda berikan pengertian bahwa celengan yang dibeli digunakan untuk menabung.

Beri Pekerjaan untuk Menabung

Anak Suka Menabung

getorganizedwizard.com

Selain dengan uang saku, cara untuk mengajak anak suka menabung adalah dengan memberikan pekerjaan. Anak Bunda akan menjadi semangat jika isi celengannya bertambah. Untuk menambah isi celengan, Bunda bisa memberi si kecil pekerjaan, seperti membereskan mainan, menyapu lantai, membeli sesuatu di warung, atau membersihkan pekarangan.

Setelah si kecil selesai mengerjakan pekerjaan, Bunda dapat memberikan uang atas jerih payah yang dilakukan saat si kecil berhasil menyelesaikan pekerjaannya. Uang tersebut digunakan untuk mengisi celengan. Si kecil akan belajar tentang kerja keras dan usaha serta cara menghargai uang.

Yuk, terapkan cara-cara di atas agar anak suka menabung dan mengetahui pentingnya menabung sejak dini.

 

Leave a reply
Buah Hati Anda Sering Rewel? Pahami 5 Tips Mendidik Anak Usia 2 Tahun yang BenarIni Loh, Manfaat Mengenalkan Permainan Monopoli bagi Anak!

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!