Lakukan 7 Cara Sehat untuk Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

15 November 2018

Kelebihan berat badan sering terjadi pada anak. Jika tidak dijaga, kelebihan berat badan akan meningkat dan berubah menjadi obesitas. Kelebihan berat badan akan membuat anak susah bergerak sehingga banyak penyakit yang muncul seperti darah tinggi, kolesterol, asma, jantung, dan mengalami gangguan pernapasan.

Untuk menghindari resiko-resiko penyakit akibat kelebihan berat badan, Anda harus mencari cara untuk menurunkan kelebihan berat badan si kecil. Berikut ini adalah 7 cara sehat untuk menurunkan kelebihan berat badan si kecil.

  1. Perbanyak Makan Sayur dan Makan Buah

Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

dfrcollection.com

Salah satu cara sehat untuk menu menurunkan kelebihan berat anak Anda adalah memperbanyak makan sayur dan makan buah. Sayur dan buah merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang penting, seperti vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, sayur dan buah harus dikonsumsi oleh anak Anda setiap hari. Anda bisa memasukkan sayur dan buah ke dalam makanan dan mengolah berbagai sayur dan buah-buahan menjadi makanan olahan yang cantik dan menggugah selera.

  1. Ajak Melakukan Aktivitas

Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

kompasiana.com

Berat badan yang berlebih sering terjadi pada anak diakibatkan karena kurang gerak. Anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan berbagai aktivitas yang akan melatih gerak psikomotorik. Aktivitas-aktivitas yang membuat si kecil bergerak seperti bermain bola, bersepeda, berkebun, bermain layangan, atau  mengajak si kecil melakukan tugas rumah sangat disarankan. Anak Anda akan aktif bergerak dan mengeluarkan keringat sehingga kalori di tubuhnya dapat terbakar dengan sempurna.

  1. Ajak Berolahraga

Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

elshinta.com

Selain mengajak melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerak, Anda bisa mengajak anak Anda untuk berolahraga. Anak yang sering berolahraga jarang menderita kelebihan berat badan yang mengarah pada obesitas. Berolahraga secara teratur membuat anak Anda menjadi lebih sehat, aktif, dan dapat menurunkan kelebihan berat badan pada anak Anda.

  1. Atur Pola Makan

Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

ibudanbalita.com

Berat badan yang ideal tidak mudah didapatkan jika makanan yang dimakan tidak sehat. Untuk menurunkan kelebihan berat badan si kecil, Anda harus mengatur pola makan si kecil. Makanan yang dikonsumsi si kecil harus memiliki nutrisi dan jumlah asupan kalori yang cukup. Anak Anda membutuhkan sekitar 1.800 sampai 2.200 kalori setiap hari. Dengan mengatur pola makan dengan asupan kalori yang sesuai, Anda bisa menurunkan berat badan si kecil sekitar 1kg sampai 2 kg dalam sebulan.

  1. Atur Waktu Tidur

Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

klikdokter.com

Tidur yang teratur merupakan salah satu cara menurunkan kelebihan berat badan anak Anda. Anda bisa mengatur waktu tidur si kecil. Menurut penelitian, tidur dipercaya bisa membakar kalori tubuh kurang lebih 10%. Selain itu, tidur yang teratur sangat penting dalam membuat anak lebih disiplin dan kemampuan otaknya akan semakin berkembang.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

starberita.com

Cara lain untuk menurunkan kelebihan berat badan pada anak Anda adalah dengan memperbanyak meminum air putih. Air putih yang diminum secara teratur dapat mengganti cairan tubuh si kecil yang hilang karena melakukan berbagai aktivitas.  Hindarkan anak Anda dari konsumsi minuman manis dan minuman bersoda yang berlebihan karena zat yang terkandung pada minuman manis dan bersoda dapat menaikkan berat badan dan tak jarang menjadi obesitas.

  1. Konsumsi Makanan Segar

Menurunkan Kelebihan Berat Badan si Kecil

sahabatnestle.co.id

Cara lain untuk menurunkan kelebihan berat badan pada anak Anda adalah dengan memberikan si kecil makan-makanan yang segar. Makanan seperti yoghurt tanpa pemanis, buah, susu, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan, memiliki kalori rendah, dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk si kecil.

Semoga ke-7 cara di atas dapat membantu Anda menurunkan kelebihan berat badan si kecil. Selamat mencoba!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Mendandani Anak Gemuk, Lakukan Beberapa Trik ini!Tips Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!