8 Manfaat Membiasakan Si Kecil Menolong Melakukan Tugas Rumah

1 October 2018

Bermain dan belajar merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari si kecil. Selain kedua aktivitas tersebut, Anda bisa melibatkan anak Anda untuk melakukan aktivitas lain, seperti membantu Anda mengerjakan tugas rumah. Dengan membiasakan anak Anda menolong melakukan tugas rumah dapat menanamkan nilai-nilai positif dalam hidupnya. Selain itu, ada banyak manfaat yang diperoleh ketika membiasakan si kecil melakukan tugas rumah. Yuk, simak 8 manfaat membiasakan si kecil menolong melakukan tugas rumah.

Memiliki Hubungan yang Baik dengan Keluarga

Menolong Melakukan Tugas Rumah

combiphar.com

 

Dengan membiasakan si kecil melakukan tugas rumah, seperti mencuci piring setelah makan atau melipat pakaian, dapat mempererat hubungan dengan sesama anggota keluarga. Nilai-nilai positif yang diperoleh adalah si kecil mengetahui pentingnya saling bahu membahu bekerja sama membantu mengerjakan tugas rumah. Pada saat si kecil dewasa, dia akan mengetahui cara berempati dengan keadaan yang ada di sekitarnya. Si kecil juga cenderung akan memiliki hubungan sosial yang lebih baik jika Anda membiasakannya mengerjakan tugas rumah sejak dini.

Melatih Kemandirian

Menolong Melakukan Tugas Rumah

solusisehatku.com

Salah satu manfaat membiasakan si kecil menolong melakukan tugas rumah adalah dapat melatih kemandirian si kecil. Dengan melakukan tugas rumah, Anda memberikan kepercayaan kepada si kecil untuk melakukan tugasnya sendiri tanpa bantuan Anda. Hal ini akan menciptakan kebiasaan positif bagi si kecil. Anda bisa mulai dengan membiasakannya untuk merapikan mainan atau sepatunya ketika selesai digunakan.

Mengatur Waktu

Menolong Melakukan Tugas Rumah

orami.co.id

 

Membiasakan si kecil menolong mengerjakan tugas rumah dapat membuat si kecil mampu mengatur waktunya dengan baik. Si kecil dituntut untuk bisa bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya walaupun dia memiliki tugas lain. Dengan beragam tugas yang si kecil harus lakukan, si kecil harus mampu mengatur waktu agar semua tugasnya dapat diselesaikan dengan baik.

Melatih Kemampuan untuk Fokus

Menolong Melakukan Tugas Rumah

orami.co.id

 

Si kecil akan memiliki fokus atau konsentrasi yang baik jika Anda libatkan dalam mengerjakan tugas rumah. Anda bisa mewajibkan si kecil untuk menyelesaikan tugasnya dalam waktu tertentu sehingga si kecil akan fokus untuk menyelesaikannya. Anda bisa mengatakan bahwa si kecil boleh menonton animasi setelah dia mencuci piring.

Memiliki Kebiasaan Menolong dan Bekerja Sama

Menolong Melakukan Tugas Rumah

kidsdiscover.com

 

Membiasakan si kecil menolong mengerjakan tugas rumah menciptakan nilai positif berupa kebiasaan untuk saling tolong menolong serta bekerja sama di antara sesama anggota keluarga. Hal ini juga akan berdampak baik di kehidupan sosialnya. Dia akan dengan mudah menolong orang lain yang kesusahan.

Melatih Gerak Psikomotorik

Menolong Melakukan Tugas Rumah

mepoenahistoria.com.br

 

Gerakan-gerakan psikomotorik yang dilakukan saat mengerjakan tugas rumah, seperti merapikan mainannya dan melipat pakaian dapat melatih koordinasi gerak otot tangan, jari, dan kaki si kecil agar menjadi lebih kuat dan terasah. Tubuh si kecil juga akan semakin kuat dan berkembang karena secara aktif digunakan.

Melatih Tanggung Jawab dan Hidup Bersih

 Menolong Melakukan Tugas Rumah

mybaby.co.id

 

Nilai positif yang dapat si kecil peroleh ketika Anda membiasakan si kecil menolong melakukan tugas rumah adalah nilai tanggung jawab dan hidup bersih. Ketika Anda memercayainya untuk mengerjakan tugas rumah, Anda sudah mengenalkannya dengan arti tanggung jawab. Si kecil akan menjadi terbiasa dengan tanggung jawab yang harus diselesaikannya. Selain itu, Anda juga mengajarkan si kecil untuk hidup bersih dan rapi.

Melatih dan Meningkatkan Kreativitas

Menolong Melakukan Tugas Rumah

digikids.id

 

Kreativitas dapat datang dari mana saja termasuk dalam kegiatan mengerjakan tugas rumah. Dengan membiasakan si kecil mengerjakan tugas rumah sejak dini, akan melatih dan menciptakan kreativitas si kecil. Si kecil akan mencari cara menyelesaikan tugas rumah dengan cepat dan rapi supaya dia bisa cepat bermain. Si kecil juga akan mencoba mencari sendiri solusi permasalahannya melalui tugas rumah ini.

Ternyata, ada banyak sekali manfaat membiasakan si kecil menolong melakukan tugas rumah. Si kecil akan memiliki rasa tanggung jawab dan terbiasa untuk mandiri di kehidupannya. Hubungan antarkeluarga juga menjadi lebih erat.

Leave a reply
7 Manfaat Mengenali Gaya Belajar Si KecilAnak Masih Memakai Popok di Usia Sekolah? Ini Masalahnya

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!