Cara Melatih Kemandirian Anak Tanpa Pengasuh

12 November 2016

Orang tua wajib mengetahui cara melatih kemandirian anak tanpa pengasuh karena masih banyak orang tua yang membiarkan anaknya bergantung pada pengasuhnya, walaupun sebenarnya anak mereka sudah bisa melakukan banyak hal sendiri. Hal ini dapat menyebabkan anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang kurang bertanggung jawab dan tidak mandiri. Nessi Purnomo, M. PSi, seorang psikolog, mengatakan bahwa kemandirian adalah bekal paling penting untuk anak agar mereka dapat menghadapi dunia luar kelak.

Cara Melatih Kemandirian Anak Dari Orang Tua Akan Berpengaruh Seumur Hidup

Anak yang terlalu sering dimanja atau kurang mandiri cenderung tidak akan mengembangkan otonominya. Oleh karena itu, sangat perlu mendidik anak bersikap mandiri sejak dini. Untuk mengajarkan kemandirian pada anak, mulailah biasakan dengan melakukan hal sederhana cara melatih kemandirian anak seperti berikut ini:

  1. Berlatih untuk Makan Sendiri

    Berlatih untuk Makan Sendiri

    Berlatih untuk Makan Sendiri

Tidak perlu khawatir meja atau ruang makan menjadi kotor dan berantakan. Hal ini adalah cara melatih paling sederhana di tengah rutinitas hariannya. Cara ini juga efektif untuk melatih anak yang akan segera memasuki sekolah TK, tentunya masa ini mengharuskan mereka makan bersama teman-temannya saat jam istirahat tanpa didampingi oleh orang tua atau pengasuh.

  1. Membiarkannya Mandi Sendiri

    Membiarkannya Mandi Sendiri

    Membiarkannya Mandi Sendiri

Mereka harus sudah bisa mandi sendiri. Kalau orang tua ragu dengan kebersihannya, maka bisa dicek kembali setelah anak selesai mandi, dan minta anak membersihkan kembali bagian mana yang belum bersih.

  1. Rapikan Mainan Setelah Bermain

    Rapikan Mainan Setelah Bermain

    Rapikan Mainan Setelah Bermain

Terkadang rumah terlihat seperti kapal pecah setelah anak bermain. Mintalah kepada mereka untuk membereskan mainannya sendiri. Kegiatan ini boleh dibantu oleh asisten rumah tangga jika mainan yang berserakan cukup banyak. Nantinya, mereka akan terbiasa bertanggung jawab untuk merapikan barang miliknya sendiri.

  1. Membereskan Buku dan Alat Belajar

    Membereskan Buku dan Alat Belajar

    Membereskan Buku dan Alat Belajar

Setelah anak selesai belajar, ajak mereka merapikan buku dan meletakkannya kembali ke tempat semula. Seperti halnya di masa sekolah TK, ketika anak sedang gemar-gemarnya menggambar atau mewarnai, mereka bisa saja meletakkan pensil warna di sembarang tempat. Maka ajarkan mereka untuk meletakkan perlengkapan belajar ke tempatnya semula setelah dipakai merupakan cara melatih kemandirian anak yang terbaik.

  1. Memakai Kaus Kaki dan Sepatu

    Memakai Kaus Kaki dan Sepatu

    Memakai Kaus Kaki dan Sepatu

Rutinitas ini bisa diterapkan ketika anak hendak keluar rumah, seperti ke sekolah atau ke tempat lainnya.

  1. Memakai Pakaian Sendiri Setelah Mandi

    Memakai Pakaian Sendiri Setelah Mandi

    Memakai Pakaian Sendiri Setelah Mandi

Minta anak untuk mengeringkan tubuh dengan handuk setelah mandi, setelah itu biarkan mereka memakai pakaiannya sendiri. Jangan lupa, untuk mengajarkannya juga cara menggantung handuk setelah dipakai agar handuk cepat kering.

  1. Merapikan Sepatu

    Merapikan Sepatu

    Merapikan Sepatu

Jika anak baru selesai bepergian, ingatkan padanya untuk menyimpan kembali sepatu yang sudah selesai dipakai pada tempat yang telah disediakan. Terutama pada masa-masa sekolah TK, jangan sampai anak malas untuk melakukan hal sederhana ini.

  1. Meletakkan Pakaian Kotor di Tempatnya

    Meletakkan Pakaian Kotor di Tempatnya

    Meletakkan Pakaian Kotor di Tempatnya

Melakukan hal sederhana lainnya bisa dengan cara ini. Katakan padanya bahwa kebiasaan tersebut dapat membantu si embak untuk mengumpulkan baju kotor, agar dia tidak perlu mencari-cari pakaian yang ingin dicuci.

  1. Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

    Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

    Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Jika dirasa anak sudah agak besar dan layak membantu pekerjaan rumah tangga, maka ajarkanlah mereka mencuci piring, gelas, dan sendok
setelah makan.

  1. Jangan Biarkan Anak Berteriak saat Membutuhkan Sesuatu

    Jangan Biarkan Anak Berteriak saat Membutuhkan Sesuatu

    Jangan Biarkan Anak Berteriak saat Membutuhkan Sesuatu

Karena merasa dimanja, banyak anak yang masih belum mengerti bagaimana bersikap baik terhadap pengasuhnya. Seperti halnya meminta sesuatu dengan kalimat “Mbak, ambilkan mainan!”. Ajarkan anak untuk mengambil sesuatu sendiri atau biasakan mengucapkan kata ‘tolong’ ketika keadaan memang mengharuskannya meminta bantuan pada  orang lain.

  1. Biarkan Anak Mengerjakan PR Sendiri

    Biarkan Anak Mengerjakan PR Sendiri

    Biarkan Anak Mengerjakan PR Sendiri

Peran orang tua di sini hanya boleh membantunya ketika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan PR. Selebihnya, biarkan  mereka melakukannya sendiri. Karena anak yang selalu ‘dituntun’ saat mengerjakan PR, akan menyebabkan mereka malas berpikir.

Demikian beberapa cara melatih kemandirian anak. Semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Bekal Anak TK ke Sekolah Menu Praktis dan IstimewaPerlukah Menyekolahkan Anak ke Preschool?
All comments (1)
  • […] satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melatih kemandiriannya sehingga ia tidak selalu bergantung pada orang lain. Selain itu, sering-seringlah mengajaknya berinteraksi dengan […] Read More[…] satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melatih kemandiriannya sehingga ia tidak selalu bergantung pada orang lain. Selain itu, sering-seringlah mengajaknya berinteraksi dengan teman-teman baru, seperti anak […] Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!