7 Cara Mudah Membuat Anak Merasa Dicintai

23 January 2019

Menurut Anda, apa kunci paling penting dalam tumbuh kembang anak? Selain makanan yang bergizi, pendidikan yang baik dan fasilitas mumpuni, anak butuh kasih sayang, waktu dan perhatian dari Anda. Sebagai orang tua, Anda adalah pengaruh paling penting yang akan membuat anak merasa dicintai, aman dan terbangun kepercayaan dirinya.

Ada banyak cara mudah dan hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak merasa dicintai. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, tetaplah usahakan untuk melakukan hal-hal berikut ini!

Jadilah Pendengar yang Baik

Meskipun terdengar mudah, banyak sekali orang tua yang gagal melakukan hal ini terutama jika sedang sibuk. Padahal, mendengarkan adalah cara mudah membuat anak merasa dicintai. Dengarkan  secara aktif apa yang disampaikan anak dengan cara menghentikan apa yang sedang Anda lakukan. Buat kontak mata dengannya dan tunjukkan antusisme atas apa yang mereka sampaikan. Jika Anda terlalu sibuk, pastikan Anda membahasnya kembali dengan anak di hari berikutnya.

Tunjukkan Kasih Sayang

Salah satu cara paling mudah membuat anak merasa dicintai adalah dengan memberikan pelukan dan ciuman bahkan di hari biasa. Kontak fisik akan membantu meningkatkan hubungan emosional dengan anak. Menurut Child Trend, sebuah organisasi riset nonprofit, studi menunjukkan bahwa anak yang tumbuh dengan kehangatan dan kontak fisik dengan orang tuanya cenderung punya rasa percaya diri yang tinggi. Selain itu, mereka juga punya kemampuan komunikasi yang lebih baik dan mengalami lebih sedikit masalah psikologis.

Berikan Pujian yang Tulus

Pujian memang bisa membuat anak merasa dicintai. Tapi alih-alih kuantitas, memberikan pujian yang berkualitas jauh lebih penting. Jangan hanya sekadar memuji ketika dia berhasil mencapai sesuatu tapi berikan juga penghargaan atas usaha yang telah dilakukan si kecil, tanpa peduli apapun hasilnya. Kunci memberikan pujian yang baik adalah menghargai apa yang sudah mereka lakukan dan usaha keras yang sudah dikerahkannya.

Mintalah Bantuan pada Anak

Memberikan tugas, meminta bantuan dan memberikannya kesempatan melakukan sesuatu akan membuat anak merasa dibutuhkan. Minta anak mengatur meja makan, membuang sampah atau mengajak peliharaannya jalan-jalan. Katakan kalau Anda sangat menghargai apa yang sudah mereka lakukan di dalam rumah. Ucapkan terima kasih ketika anak mengajari Anda cara memainkan puzzle barunya.

Ciptakan Waktu Bersama

Sesibuk apapun Anda, menyisakan setidaknya satu hari dalam seminggu adalah langkah penting membuat anak merasa dicintai. Ajak dia jalan-jalan atau sekadar pergi makan ke tempat favoritnya. Bisa juga mengajaknya berkendara sembari mengobrol berdua.

Ciptakan Ritual Sebelum Tidur

Waktu yang Anda habiskan sebelum tidur adalah saat yang tepat untuk lebih terhubung dengan anak. Berbincang bersama, membacakan buku dongeng kesukaannya atau sekadar membantunya memilih piyama akan menjadi bonding time yang berkualitas. Buat sesi khusus untuk mengucapkan terima kasih atas hal baik yang sudah dia lakukan hari ini dan sebaliknya.

Nikmati Waktu Makan Bersama

Riset menujukkan bawah ada manfaat fisik, mental dan emosional yang didapatkan dari makan bersama anggota keluarga secara rutin. Jadikan waktu makan malam bersama sebagai saat quality time yang bebas gawai dan berbagai gangguan lain.  Anak akan merasa dicintai dan merasa penting ketika orang tua menunjukkan ketertarikan yang tulus tentang apa yang mereka alami seharian.

Membuat anak merasa dicintai memang bukan sesuatu yang bisa Anda lakukan dalam sehari dua hari saja. Memupuk semua kebiasaan baik sedari kecil akan membuat anak tumbuh menjadi orang dewasa yang baik pula. Lakukan langkah-langkah di atas demi mewujudkan harapan Anda menciptakan generasi yang bahagia, memiliki impian tinggi serta sukses di kemudian hari.

Leave a reply
Anak Makan Terlalu Banyak? Begini Cara Menghadapinya!5 Trik Rahasia agar Anak Tumbuh dengan Bahagia

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!