Cari Musik untuk Perkembangan Anak? Dengarkan Karya Musisi Dunia Ini!

31 January 2018

Musik ternyata bukan sekadar hiburan untuk orang dewasa saja. Penelitian sudah membuktikan bahwa musik untuk perkembangan anak juga sangat diperlukan. Apalagi untuk anak usia 1 sampai 5 tahun yang sedang dalam periode emas. Jaringan otak sedang tumbuh pesat dan stimulasi musik akan sangat membantu perkembangannya.

Sayangnya, tidak semua musik bisa Anda gunakan untuk merangsang perkembangan otak si kecil. Lagu yang keras, apalagi musik dengan lirik-lirik yang tidak mendidik harus dijauhkan dari anak-anak. Musik klasik gubahan para musisi dunia ini adalah pilihan terbaik untuk mendorong otak anak Anda tumbuh berkembang secara maksimal. Tidak hanya cocok untuk belajar, tapi juga bisa diperdengarkan saat si kecil melakukan aktivitas harian lain.

Tritsch-Tratsch-Polka Op. 214 karya Johann Strauss

Tritsch-Tratsch-Polka Op. 214 karya Johann Strauss i.scdn.co

Tritsch-Tratsch-Polka Op. 214 karya Johann Strauss i.scdn.co

Dengan irama yang ceria dan beat yang kuat, gubahan musisi asal Jerman berjuluk The Waltz King ini cocok untuk kegiatan yang melibatkan aktivitas motorik seperti saat si kecil sedang bermain di luar.  Tritsch-Tratsch-Polka juga bagus untuk merangsang anak bergerak sesuai dengan imajinasinya.

The Nutcracker Suite Op.79a karya Tchaikovsky

The Nutcracker Suite Op.79a karya Tchaikovsky upload.wikimedia.org

The Nutcracker Suite Op.79a karya Tchaikovsky upload.wikimedia.org

Dengan irama ceria namun tak begitu menghentak, The Nutcracker Suite Op.79a memang mirip dengan backsound film-film animasi dan kisah dongeng, anak akan menyukai gubahan Tchaikovsky ini. Jika Anda pernah menonton film Elf, lagu ini juga disertakan sebagai salah satu backsound-nya.

Water Music karya George Frideric Handel

Water Music karya George Frideric Handel upload.wikimedia.org

Water Music karya George Frideric Handel upload.wikimedia.org

 

Intronya yang membawa Anda seolah menjelajah ke masa lalu ini akan menciptakan suasana kalem dan membuat Water Music sebagai salah satu pilihan musik untuk perkembangan anak. Cocok sekali diperdengarkan saat anak-anak sedang beraktivitas secara berkelompok.

Canon in D karya Johann Pachelbel

Canon in D karya Johann Pachelbel 1.bp.blogspot.com

Canon in D karya Johann Pachelbel 1.bp.blogspot.com

 

Tidak hanya sebagai musik untuk perkembangan anak, Canon in D juga sering didengarkan orang dewasa untuk mendapatkan suasana hati yang tenang.  Pilihan yang tepat untuk membuat anak-anak menjadi kalem setelah aktivitas fisik yang melelahkan. Canon in D juga cocok diperdengarkan kala anak-anak sibuk membuka buku dongeng warna-warni mereka.

The Great Escape Theme Tune karya Elmer Bernstein

The Great Escape Theme Tune karya Elmer Bernstein static1.squarespace.com

The Great Escape Theme Tune karya Elmer Bernstein static1.squarespace.com

 

Simfoni ini digubah oleh Elmer Bernstein dengan nuansa marching yang kental. Suara drum di sana-sini akan merangsang anak bergerak aktif mengikuti setiap beat lagunya.

Clair de Lune karya Debussy

Clair de Lune karya Debussy abiagds.files.wordpress.com

Clair de Lune karya Debussy abiagds.files.wordpress.com

 

Waktunya membawa anak untuk beristirahat? Alunan piano kalem karya musisi kelahiran Perancis ini sangat cocok untuk menemani si kecil tidur siang. Alunannya akan tetap merangsang otak meski anak sedang beristirahat dan tentu saja termasuk salah satu pilihan terbaik musik untuk perkembangan anak.

Pomp and Circumstance March #1 Op.39 Edward Elgar

Pomp and Circumstance March #1 Op.39 Edward Elgar i.ytimg.com

Pomp and Circumstance March #1 Op.39 Edward Elgar i.ytimg.com

 

Mirip dengan The Nutracker Suite Op.79a karya Tchaikovsky, Pomp and Circumstance March #1 juga akan mengingatkan Anda pada potongan lagu dalam film-film animasi kesukaan anak-anak. Diawali dengan beat yang kencang, Pomp and Circumstance March #1 serta bagian pertengahan yang temponya sedikit melambat, lagu ini akan membuat anak tak bisa menolak untuk bergerak aktif seiring lantunannya.

Moonlight Sonata karya Ludwig van Beethoven

Moonlight Sonata karya Ludwig van Beethovenupload.wikimedia.org

Moonlight Sonata karya Ludwig van Beethoven upload.wikimedia.org

 

Lagu ini merupakan salah satu karya Beethoven yang paling populer dan mungkin tidak asing di telinga Anda. Lagu ini dibuat dengan lantunan piano yang kalem dan menenangkan. Cocok sekali untuk diputar di ruang belajar saat anak senang asik melihat buku dongeng atau menyusun puzzle warna-warni untuk meningkatkan konsentrasi mereka.

Musik untuk perkembangan anak tidak harus diberikan saat anak sudah memasuki usia sekolah atau pra sekolah. Bagi para ibu yang sedang mengandung, memperdengarkan berbagai variasi musik klasik lewat headphone sejak anak berada di dalam kandungan ternyata sama baiknya. Jadi daripada membiarkan anak mendengarkan lagu-lagu yang cenderung merusak, mari mulai mengganti playlist lagu di rumah dengan lantunan-lantunan merdu karya musisi terkenal dunia ini.

Leave a reply
Cara Mudah Menumbuhkan Ikatan antara Anak dengan Ibu yang BekerjaTips Memilih Olahraga yang Tepat untuk Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!