Yuk, Cari Tahu Manfaat Musik untuk Perkembangan Anak

18 December 2017

Tahukah Anda? Musik ternyata tidak hanya sekadar menjadi hiburan, tapi juga memiliki dampak positif terhadap kesehatan serta tumbuh kembang anak. Usia 2 hingga 5 tahun adalah periode paling penting dalam pertumbuhan si kecil.

Pada usia tersebut, otak si kecil akan berkembang secara pesat yang memungkinkan mereka untuk menyerap informasi dua kali lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Inilah alasan mengapa para orang tua perlu memberikan stimulus yang tepat, dan salah satu stimulus yang direkomendasikan adalah musik.

Anda bisa mengenalkan alat musik pada si kecil sejak usia dini, seperti organ, keyboard, ataupun piano. Mempelajari sebuah instrumen akan membantu si kecil lebih peka terhadap nada dan meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan serta interaksi sosial. Ada banyak manfaat musik untuk perkembangan anak yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini ulasannya.

Meningkatkan Keterampilan Akademik

manfaat musik

blessingsnursery.com

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa musik memiliki hubungan dengan matematika. Saat si kecil belajar musik, mereka akan secara otomatis memahami ketukan nada dan irama yang kemudian mengasah kemampuan dalam membagi, mengenali pola, dan menciptakan pecahan.

Saat sang buah hati tumbuh dewasa, mereka akan mulai melafalkan lagu dan melatih memori jangka pendek dan panjang secara tidak langsung.

Menumbuhkan Keterampilan Sosial

manfaat musik

i.pinimg.com

Manfaat musik untuk perkembangan anak lainnya adalah menumbuhkan keterampilan sosial. Biasanya, seorang anak yang dimasukkan kelas musik oleh orang tuanya akan ditempatkan di dalam satu kelas dengan anak-anak lainnya. Di sinilah mereka akan berinteraksi serta berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, musik juga akan mendorong kerja sama tim untuk menghasilkan harmonisasi lagu yang baik.

Melatih Kesabaran dan Sikap Disiplin

manfaat musik

kidmons.com

Belajar musik mengajarkan anak-anak tentang kesabaran dan sikap disiplin. Sebelumnya, anak-anak akan diajari cara memegang alat musik yang benar. Selain itu,bermain alat musik juga mengajarkan si kecil untuk bersabar dan tekun agar bisa mahir memainkannya.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

manfaat musik

todaysparent.com

Meningkatkan rasa percaya diri juga menjadi salah satu manfaat musik untuk perkembangan anak. Pembelajaran sejak dini akan mengajarkan anak Anda untuk beradaptasi dengan kritikan saat melakukan kesalahan. Selanjutnya, si kecil akan berusaha untuk mengoreksi kesalahan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan diri yang dimiliki seorang anak pun akan mengalami peningkatan. Mereka akan menyadari bahwa perlu melakukan kesalahan berulang kali untuk bisa menguasai suatu alat musik.

Membantu Menambah Perbendaharaan Kata

manfaat musik

babysmiles.com.au

Suatu lirik lagu dipercaya akan membantu menambah perbendaharaan kata anak-anak dibandingkan dengan mereka yang jarang mendengarkan musik. Dengan demikian, manfaat musik untuk perkembangan anak ini bisa dimanfaatkan oleh para orang tua saat mengajarkan suatu kata pada si kecil.

Meningkatkan Keterampilan Fisik

manfaat musik

i.pinimg.com

Instrumen seperti perkusi dipercaya dapat membantu anak-anak mengembangkan koordinasi serta sistem motoriknya. Mereka membutuhkan gerakan tangan dan kaki yang secara otomatis akan mengembangkan keterampilan fisik di usia dini.

Membantu Stimulasi Otak Kiri

manfaat musik

chataboutchildren.com

Seorang anak pasti akan mengikut alur ritme dari musik yang membantu mengasah otak kirinya. Pada saat anak bermain dan bergerak sesuai dengan alunan instrumen musik, kepekaan otak kiri mereka akan secara otomatis terasah.

Nah, itu dia beragam manfaat musik untuk perkembangan anak. Ternyata, banyak sekali ya manfaatnya. Nah, mulai sekarang mungkin para orang tua bisa mempertimbangkan musik untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak di usia produktif. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ini Dia Tips Memilih Aksesori untuk Anak AndaKenali 6 Ciri Anak Siap Sekolah Berikut Ini Yuk, Bunda!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!