Inilah 5 Alasan Mengapa Anda Harus Membatasi Penggunaan Gadget pada Anak-Anak

7 October 2018

Perkembangan teknologi informasi yang kian tak terbendung membuat penggunaan gadget menjadi semakin bebas. Apabila Anda termasuk orang tua yang terbiasa membiarkan anak bermain menggunakan perangkat tersebut, membatasi penggunaan gadget pada anak adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Gadget yang dimaksud bukan hanya sekadar perangkat ponsel pintar yang terhubung dengan internet saja, tetapi juga berbagai varian perangkat sejenis seperti tablet, notebook, dan konsol gim portabel.

Untuk menambah wawasan Anda sebagai orang tua, inilah 5 alasan untuk membatasi penggunaan gadget anak-anak:

Berdampak Buruk pada Perkembangan Kemampuan Interpersonal

Membatasi Penggunaan Gadget

Pinterest.ca

 

Kemampuan interpersonal adalah hal yang harus dipelajari oleh anak dalam proses tumbuh-kembangnya. Kemampuan interpersonal ini meliputi kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan baik, menjalin relasi dengan individu-individu di sekitarnya, serta bersosialisasi dengan orang-orang baru.

Penggunaan gadget yang tidak dibatasi berisiko mengganggu proses pembelajaran kemampuan interpersonal pada diri anak akibat kurang bergaul dengan teman sebayanya.

Membuat Anak Malas Beraktivitas

Membatasi Penggunaan Gadget

GoKids.com.au

 

Terlalu asyik dengan gadget akan membuat anak cenderung malas beraktivitas. Hal ini dapat membahayakan kesehatan anak Anda dalam jangka panjang karena anak yang kurang bergerak akan mudah terkena obesitas.

Oleh karena itu, batasilah waktu penggunaan gadget pada Anda dan didik mereka untuk selalu aktif bermain di luar rumah.

Tidak Baik bagi Kesehatan Mata

Membatasi Penggunaan Gadget

psychologytoday.com

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bermain gadget terlalu lama dapat merusak organ mata sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti rabun jauh atau rabun dekat. Jika Anda ingin mata anak Anda tetap sehat, membatasi penggunaan gadget adalah hal yang perlu Anda lakukan.

Sebagai tambahan, jangan biarkan anak Anda bermain gadget di ruangan dengan pencahayaan yang minim. Sebab fokus pencahayaan pada layar gadget di tempat gelap dipercaya dapat meningkatkan risiko rabun jauh pada anak.

Konten Daring yang Terlalu Bebas

Membatasi Penggunaan Gadget

tocaboca.com

 

Saat ini internet sudah menjadi sebuah “lahan bermain” yang terlalu bebas untuk diakses. Padahal, tidak semua konten di internet bersifat positif. Ada segudang konten negatif yang dapat membahayakan diri anak Anda.

Dengan membatasi dan mengawasi penggunaan gadget pada anak, Anda akan turut menurunkan risiko dari pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Sebagai saran, Anda dapat menyetel pengaturan parental control pada gadget yang digunakan oleh anak Anda. Hal ini adalah sebuah langkah pencegahan yang cukup efektif untuk menghindari paparan konten negatif di internet.

Mencegah Ketergantungan Anak pada Perangkat Gadget

Membatasi Penggunaan Gadget

toynews-online.biz

 

Anak-anak yang sudah mengalami ketergantungan pada gadget cenderung mudah rewel, senewen, bahkan kasar saat penggunaan gadget-nya tiba-tiba dibatasi. Perilaku ini dalam jangka panjang dapat memengaruhi banyak aspek perkembangan psikis pada anak.

Oleh karena itu, cegahlah anak Anda untuk mengalami ketergantungan pada gadget dengan cara membatasi penggunaan gadget mereka sejak dini. Beberapa pakar psikologi anak bahkan menganjurkan para orang tua agar tidak memperbolehkan anak bermain gadget sebelum menginjak usia 12 tahun. Hal ini dimaksudkan supaya anak dapat mengalami proses tumbuh-kembang yang natural tanpa pengaruh negatif dari teknologi.

Itulah 5 alasan mengapa Anda perlu membatasi penggunaan gadget pada anak-anak. Terlepas dari kelima poin di atas, penggunaan gadget sejatinya juga bisa berdampak baik bagi proses tumbuh-kembang anak. Namun hal ini hanya dapat terjadi apabila Anda selaku orang tua mampu memberikan arahan yang tepat serta melakukan pengawasan yang ketat terhadap konten yang diakses oleh si kecil.

 

Leave a reply
Ini Manfaat Menanamkan Sifat Asertif Pada Anak Sejak KecilKonsentrasi Anak Terganggu? Bisa Jadi 5 Makanan Pelemah Otak Ini Penyebabnya!

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!