Ini lo Manfaat Memperkenalkan Alam sejak Dini pada Anak

1 July 2018

Memperkenalkan alam sejak dini kepada anak perlu dilakukan. Anda bisa memperkenalkan alam dengan berbagai cara yang asyik dan menyenangkan kepada anak. Anda bisa mengajak anak mengeksplorasi keadaan alam seperti binatang, tumbuhan, tanah, dan batu-batuan di lingkungan di sekitar rumah. Yuk, cari tahu manfaat-manfaat lainnya tentang alam pada anak.

 

Meningkatkan keaktifan anak terhadap kegiatan fisik

Memperkenalkan Alam sejak Dini

Sumber : borncute

 

Memperkenalkan alam sejak dini bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan anak Anda terhadap berbagai kegiatan fisik. Anak-anak berusia di atas satu tahun senang sekali melakukan berbagai kegiatan fisik seperti berlari, memanjat, dan menyentuh objek-objek yang menarik di sekitar mereka. Anak lebih mudah merasa bebas dan aktif berlari-lari dan menikmati alam. Mereka juga cenderung lebih berani bereksplorasi dan beradaptasi dengan lingkungan dan objek-objek yang ada di sekitar mereka.

 

Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak

Memperkenalkan Alam sejak Dini

Sumber : calmmother

 

Salah satu cara meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak adalah dengan memperkenalkan alam sejak dini. Alam berperan penting dalam menjaga keseimbangan pertumbuhan dan perkembangan anak Anda dari sisi emosional, fisik, intelektual, dan spiritual. Keadaan alam di sekitar cenderung menarik anak-anak untuk mengingat, melihat, dan menyentuh objek-objek yang ada.

 

Menjadi lebih kreatif

Memperkenalkan Alam sejak Dini

Sumber : musicearlychildhoodpresenter

 

Manfaat lain mengenalkan alam sejak dini kepada anak Anda adalah anak menjadi lebih kreatif karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan di alam terbuka mampu merangsang anak untuk berinteraksi dengan alam. Mereka juga lebih antusias dan memiliki rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang mereka temukan di alam lingkungan sekitar.

 

Mampu memecahkan masalah

Memperkenalkan alam sejak dini dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memecahkan masalah. Anak akan melihat dan berinteraksi secara langsung semua objek yang ada di sekitar alam. Karena sering berinteraksi dengan alam, anak akan menggunakan memorinya untuk mengingat dan mengembangkan pemikiran yang dihubungkan dari satu peristiwa sebelumnya dengan peristiwa lainnya.

 

Meningkatkan prestasi akademik

Memperkenalkan Alam sejak Dini

Sumber : learningpotential

 

Jika Anda memperkenalkan alam sejak dini kepada anak, kemampuan prestasi akademik anak di sekolah cenderung akan meningkat. Anak-anak yang sering diajak untuk mengenal alam lebih dekat, mereka dapat belajar di alam terbuka dengan alam yang menjadi subjeknya. Mereka akan mendapatkan pengalaman-pengalaman belajar yang berbasis alam.

 

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Memperkenalkan Alam sejak Dini

Sumber : yandex

 

Kemampuan bersosialisasi anak akan meningkat saat Anda memperkenalkan alam sejak dini kepada anak. Anak-anak yang sering bermain di alam terbuka cenderung lebih fleksibel dalam berkomunikasi dan bergaul dengan banyak orang.

 

Meningkatkan kualitas penglihatan

Manfaat memperkenalkan alam sejak dini pada anak adalah meningkatnya kualitas jarak pandang mata anak. Semakin sering Anda mengajak anak menghabiskan waktu di alam terbuka, kemungkinan anak menderita penyakit rabun jauh dan rabun dekat akan semakin sempit. Hal itu terjadi karena anak akan sering memandang berbagai pepohonan yang hijau serta langit yang biru yang terdapat di alam bebas sehingga mempertajam jarak pandang mata anak Anda.

 

Meningkatkan rasa syukur dan penghargaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Memperkenalkan Alam sejak Dini

Sumber : lentinemarine

 

Rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa serta rasa menghargai alam akan tercipta ketika Anda memperkenalkan alam sejak dini kepada anak. Anda bisa mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada di sekitar lingkungan dan juga mengajarkan pentingnya mensyukuri nikmat atas keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan.

 

Mengurangi Stres

Memperkenalkan Alam sejak Dini

Sumber : mghclaycenter

 

Manfaat lain adalah dapat mengurangi stres pada anak Anda. Anak bisa bermain dan berlari menikmati alam bebas dengan udara yang bersih dan pemandangan yang hijau tanpa harus menghirup polusi udara.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat memperkenalkan alam sejak dini kepada anak, jangan ragu lagi untuk mengajak anak Anda untuk melakukan berbagai kegiatan positif di alam terbuka.

Leave a reply
Anak Suka Coret-Coret? Ternyata ini lo Manfaatnya!7 Permainan Tradisional untuk Melatih Kecerdasan Gerak Kinestetik Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!