Yuk, Kenali Lebih Dekat tentang Sekolah Rumah dan Kelebihannya!

3 July 2018

Sekolah rumah atau homeschooling sudah menjadi pendidikan alternatif bagi sebagian orang tua di Indonesia. Jenis pendidikan ini melibatkan keluarga dan lingkungan dan bersifat informal. Orang tua biasanya yang mengawasi proses kegiatan pembelajaran di rumah dengan melakukannya sendiri atau mendatangkan guru yang memang khusus mengajari anak di rumah.

Ada banyak pertimbangan ketika orang tua memutuskan anaknya untuk bersekolah di rumah. Berikut ini kelebihan-kelebihan sekolah rumah yang perlu Anda ketahui.

 

Melatih Kemandirian

Sekolah Rumah

Sumber : owltutors

 

Salah satu keuntungan memilih sekolah rumah untuk anak adalah Anda bisa melatih kemandirian anak. Anak terbiasa menyiapkan semua materi serta mengerjakan tugas sendiri tanpa meminta bantuan atau menyontek tugas dari teman.

 

Melatih Kreativitas

Sekolah Rumah

Sumber : appliedbehavioranalysisprograms

 

Sekolah rumah memiliki kelebihan yang dapat melatih kreativitas pada anak karena sistem sekolah ini menekankan pada kemampuan individu. Anak akan berkreativitas dan mengeksplorasi sendiri objek dan tugas-tugas yang diberikan tanpa bantuan teman-temannya. Mereka juga bebas berkarya dan menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran mereka dengan lebih terarah.

 

Memaksimalkan potensi anak sejak usia dini

Sekolah Rumah

Sumber : parentinghub

 

Sekolah rumah ini bersifat fleksibel. Anda juga bisa mengadaptasi sistem homeschooling untuk anak dan menerapkannya pada anak sejak dini. Dengan bersekolah di rumah, Anda dapat mengatur waktu belajar, cara belajar, juga materi yang tepat untuk anak sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mereka. Anda juga bisa mengoptimalkan kemampuan anak di bidang akademik maupun nonakademik yang mereka miliki dan mengarahkan mereka agar bisa berprestasi dengan maksimal.

 

Melatih Kepercayaan Diri

Karena pembelajaran dalam sistem sekolah rumah ini lebih menekankan kepada pembelajaran individu, anak akan lebih percaya diri. Mereka belajar sendiri, tidak bersaing, dan juga tidak ada yang akan membandingkan mereka dengan teman-temannya. Selain itu, anak tidak akan menjadi rendah diri dan mampu menunjukkan kepercayaan dirinya pada bidang yang diminati.

 

Memantau minat anak

Sekolah Rumah

Sumber : accendolearning

 

Jika menerapkan pembelajaran sekolah rumah, Anda bisa memantau sendiri perkembangan dan kemampuan anak. Anda juga bisa mengetahui minat dan bakat anak serta mengarahkannya langsung pada apa yang diminatinya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kekurangan anak sehingga bisa memperbaiki atau memberi porsi lebih pada pelajaran yang Anda anggap kurang.

 

Menghindarkan Kenakalan Remaja

Sekolah Rumah

Sumber : domashdayschool

 

Sekolah rumah mampu menciptakan pergaulan yang aman bagi anak. Dengan secara langsung terjun mengajari anak-anak, Anda bisa memantau pergaulan anak agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja karena bisa melihat dengan siapa anak Anda berteman.

 

Mempersiapkan anak untuk terjun ke lingkungan masyarakat

Bersekolah di rumah memiliki kelebihan yang berguna bagi anak yang ingin terjun langsung ke dunia yang bersifat nonakademik seperti tari, musik, olahraga, dan akting. Anak akan belajar pelajaran-pelajaran yang memang mereka butuhkan dan alami dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa mengarahkan dan menggali potensi anak untuk berprestasi di bidang yang mereka minati tanpa melupakan waktu untuk belajar.

 

Kurikulum disesuaikan kebutuhan anak

Sekolah Rumah

Sumber : mymusicalenglish

 

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda. Dengan menerapkan proses belajar di rumah, kurikulum pembelajaran untuk anak akan disesuaikan dengan kebutuhan maupun kemampuan anak.

Pembelajaran sekolah rumah bisa dijadikan pilihan bagi anak Anda. Anda bisa memfokuskan kepada minat dan kemampuan anak serta mengarahkannya langsung pada apa yang mereka sukai.

Leave a reply
7 Permainan Tradisional untuk Melatih Kecerdasan Gerak Kinestetik AnakAnak Suka Bermain dengan Hewan Peliharaan? Perhatikan Tipsnya Agar Tetap Aman

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!