Tips Mengajarkan Pola Makan yang Baik pada Anak

1 November 2018

Hidup sehat pada anak dimulai dari pengaturan pola makan yang baik. Pola makan ini dibentuk dari kebiasaan sehari-hari yang diterapkan sejak dini. Namun, tak jarang Anda akan menemukan berbagai mitos kebiasaan makan yang justru bisa mengancam kebutuhan gizi buah hati. Agar Anda tidak terjebak dalam pola makan yang buruk, berikut beberapa mitos kebiasaan makan pada anak yang perlu dihindari:

  1. Harus menghabiskan makanannya hingga tidak bersisa

Pola Makan yang Baik

hellosehat.com

Faktanya, tidak perlu memaksa si kecil menghabiskan makanannya hingga bersih. Karena yang paling penting dalam mengajarkan pola makan yang baik adalah membiarkan anak melahap makanan sesuai kemampuan lambungnya dan terpenuhi angka gizinya.

  1. Memaksa anak makan sayur dengan sembunyi-sembunyi

Pola Makan yang Baik

hellosehat.com

Agar si kecil mau makan sayur, terkadang orangtua menyembunyikan sayuran di dalam makanan. Cara ini justru dapat menimbulkan trauma pada anak dan membuatnya tidak menyadari manfaat sayur yang sesungguhnya. Sebaiknya ganti cara ini dengan mengolah dan menyajikan sayuran menjadi bentuk yang lebih menarik, seperti dibentuk menjadi tokoh kartun yang disukai si kecil.

  1. Sering memberikan camilan kepada anak

Pola Makan yang Baik

hellosehat.com

Meski camilan memang diperlukan, namun sebaiknya tidak berlebihan. Cukup satu kali sehari disela-sela waktu makannya. Selain itu, ganti camilannya dengan camilan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur yang dikukus.

  1. Jus buah baik untuk anak

Pola Makan yang Baik

hellosehat.com

Faktanya, buah dan sayuran utuh tetap menjadi nutrisi terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada anak. Karena jus buah tinggi gula dan kalori, serta rendah serat sehingga tidak bagus untuk kesehatan anak.

  1. Membiarkan anak susah makan 

Pola Makan yang Baik

hellosehat.com

Kebanyakan orangtua akan langsung menyerah ketika anak menolak makanan yang diberikan. Kebiasaan ini sebaiknya segera dihentikan dan jangan menyerah untuk menawarkan makanan pada anak. Agar lebih menarik, kombinasikan dengan makanan yang disukai si kecil. Karena anak perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan rasa makanan yang baru hingga perlahan menyukainya.

 

Pentingnya Mengajarkan Pola Makan yang Baik pada Anak

Pola makan yang tidak baik pada anak dapat berefek buruk pada kesehatan, antara lain:

  • Mengalami stunting atau pertumbuhannya terhambat
  • Berat badan kurang
  • Kebutuhan gizi tidak terpenuhi
  • Kebiasaan makan sembarangan dan tidak sehat akan terbawa hingga dewasa

Untuk mencegah efek buruk di atas, Anda dapat menerapkan tips mengajarkan pola makan yang baik pada anak, berikut ini:

  1. Makan bersama

Pola Makan yang Baik

beritagar.idberitagar.id

Kebiasaan yang baik di mulai dari keluarga, termasuk pola makan sehat. Dengan makan bersama, orangtua dapat memberi contoh nyata tentang pola makan yang baik kepada anak. Selain itu, makan bersama yang menyenangkan akan membentuk ingatan dalam benak si kecil bahwa makan adalah salah satu kegiatan keluarga yang berharga dan menyenangkan.

  1. Ajak anak memasak makanan bersama

Pola Makan yang Baik

BundaAsraf.com

Seringnya, anak kecil lebih antusias menghabiskan makanan di piring jika makanan tersebut adalah hasil karya mereka sendiri. Ajak si kecil untuk membantu mempersiapkan makanannya, serta berikan pujian saat dia telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.

  1. Biarkan anak memilih makanannya sendiri

Pola Makan yang Baik

Widhiaanugrah.com

Terlalu banyak komentar dan memarahi anak yang mengkonsumsi makanan tidak sehat justru akan membuatnya semakin penasaran dan tergiur untuk terus mengkonsumsi makanan tersebut. Biarkan dia memilih makanan yang disukai, buat perjanjian seberapa banyak makanan kesukaannya yang boleh dikonsumsi, serta perlahan berikan pengertian dan pemahaman agar anak mulai menyukai makanan sehat.

  1. Mengenalkan sayuran dengan berkreasi dengan makanan

Pola Makan yang Baik

hellosehat.com

Wortel rebus akan tetap menjadi wortel jika disajikan begitu saja di atas piring. Namun, akan lain ceritanya jika Anda mengubahnya menjadi bunga, matahari, atau roket yang menarik minat si kecil dan membuatnya lebih menikmati menu yang disajikan.

  1. Kenalkan manfaat makanan pada anak

Pola Makan yang Baik

allaboutkiids.com

Menjelaskan pentingnya buah dan sayuran bagi kesehatannya, akan membuat anak memahami alasan Anda menyajikan makanan tersebut di atas meja. Selain itu, berikan pengertian tentang makanan tidak sehat, dampak buruknya, serta batasan konsumsi hariannya

 

Mengajarkan pola makan yang baik mungkin tidak langsung dipatuhi oleh si kecil. Namun, kesabaran dan kegigihan Anda perlahan akan membuatnya memahami pentingnya mengkonsumsi makanan sehat. Jadi, jangan menyerah!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Cara Sederhana yang Ampuh Menurunkan Emosi Si KecilPencegahan Stunting pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!