Sulit Mengubah Perilaku Anak? Coba Terapkan Metode Soundingini!

14 October 2018

Apakah Anda pernah mendengar metode sounding? Masih banyak ibu-ibu yang belum mengenal atau memahami secara detail metode ini. Metode sounding sendiri merupakan jenis metode yang menggunakan kata-kata positif yang dilakukan berulang-ulang melalui pikiran alam bawa sadar saat anak hampir terlelap. Tujuannya adalah untuk mengubah perilaku anak menjadi lebih baik. Penanaman perilaku yang baik akan menjadi lebih mudah dilakukan melalui metode ini. Ingin tahu bagaimana cara penerapan metode ini? Yuk, simak cara-caranya!

Lakukan Saat Anak belum Tidur Pulas

Metode Sounding

review.bukalapak.com

 

Kelebihan metode sounding adalah metode ini menggunakan kata-kata positif yang diucapkan saat anak Anda hampir tidur terlelap. Untuk menerapkan keberhasilan metode ini, Anda perlu tahu dulu tanda-tanda apakah anak Anda siap untuk dibisiki. Tanda-tandanya berupa ekspresi wajah yang belum terlelap, masih ada respons saat diajak bicara, serta gerakan anggota badan yang masih bergerak. Metode ini tidak akan berhasil jika si kecil telah tertidur dengan nyenyak. Oleh karena itu, pastikan apakah anak Anda sudah tertidur atau belum karena kata-kata positif yang ingin disampaikan oleh Anda tidak akan mampu terserap oleh pikiran alam bawa sadar.

Lakukan di Saat Waktu Tidur Siang atau Malam

Metode Sounding

hellosehat.com

 

Selanjutnya, keunikan dari metode sounding ini adalah dapat diterapkan di setiap waktu. Anda bisa menerapkannya saat anak Anda tidur siang atau malam. Lakukan soundingatau berbisik 5 menit sebelum anak tertidur dengan nyenyak. Keberhasilan penerapan metode ini bisa ditandai dengan masih adanya respons dari si kecil. Saat itulah kata-kata berbentuk motivasi dan penguatan dapat diterima dengan baik oleh alam bawah sadar si kecil. Anda bisa menyampaikan hal-hal yang ingin Anda ubah dari perilaku anak Anda.

Lakukan Saat Anak Bermain

Metode Sounding

hellosehat.com

 

Memilih waktu yang tepat saat ingin menerapkan metode soundingsangatlah penting. Metode ini akan lebih terlihat jelas keberhasilannya saat anak Anda sedang fokus melakukan sesuatu, seperti menonton animasi atau bermain. Ketika si kecil tidak menghiraukan panggilan Anda, maka Anda bisa langsung melakukan proses penerapan metode ini. Si Kecil bahkan tidak akan menyadari apa yang Anda bicarakan saat itu  karena dia sedang berada di dalam pikiran bawah sadarnya. Saat itulah, Anda bisa mulai membisikkan kata-kata positif yang ingin Anda sampaikan.

Gunakan Saat Anak Mendapatkan Pola Asuh yang Berbeda

Metode Sounding

hellosehat.com

 

Ketika Anda bekerja, tidak jarang Anda meminta pertolongan orang tua untuk menjaga anak. Pola asuh yang berbeda di antara orang tua dan Anda sering membuat anak kebingungan. Jika Anda merasa pola asuh yang digunakan oleh orang tua bertentangan dengan pola asuh Anda, Anda bisa menerapkan metode soundingini. Contohnya adalah perilaku mandiri. Anda menginginkan anak memiliki perilaku mandiri yang tidak akan menyusahkan orang tua Anda. Anda bisa membisiki anak untuk menjadi mandiri.

Lakukan Berulang-ulang

Metode Sounding

beritagar.id

 

Dalam melakukan metode soundingini, diperlukan konsistensi. Anda harus melakukannya secara berulang-ulang. Usaha soundingpertama atau kedua kali mungkin belum berhasil. Jangan menyerah. Ketidakberhasilan terjadi mungkin disebabkan karena kondisi anak Anda sudah tidur terlelap sehingga proses soundingtersebut tidak mampu mencapai pikiran alam bawah sadar si kecil. Lakukan proses ini sampai terlihat perubahan tingkah laku si kecil. Setelah berhasil, Anda bisa mencoba untuk memberikan kata-kata penguatan yang lain.

Sekarang Anda bisa mencoba menerapkan metode sounding ini kepada si kecil. Lakukan secara rutin dan berulang-ulang dan lihat keberhasilannya. Selamat mencoba!

Leave a reply
Sulit Mengenal Beberapa Huruf? Yuk, Kenali Gejala Disleksia Sejak Dini!Temukan Dampak dari Masa Lalu Orang Tua yang Belum Selesai untuk Si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!