Memperkenalkan Sayuran pada Anak? Ini Dia 6 Rekomendasi untuk Anda!

9 October 2018

Di masa pertumbuhan, ada banyak sekali yang harus Anda perhatikan termasuk mengenai asupan gizi si kecil. Makanan yang diberikan akan menentukan tidak hanya perkembangan otak namun juga fisik anak secara keseluruhan. Di antara semua kesulitan yang akan Anda hadapi selain membujuknya agar tidak susah makan adalah bagaimana memperkenalkan sayuran pada anak sejak dini.

Untuk membantu para orang tua menentukan jenis sayuran apa saja yang sebaiknya diperkenalkan di awal, American Academy of Pedriatic menyiapkan beberapa rekomendasi. Enam sayuran ini dianggap sebagai pilihan terbaik untuk memperkenalkan sayuran pada anak!

Ubi Jalar

Memperkenalkan Sayuran pada Anak

Sajadah.co

 

Makanan jenis umbi-umbian ini tidak hanya disenangi oleh orang dewasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk menjadi alasan kenapa ubi jalar layak Anda coba perkenalkan pada si kecil. Selain mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, ubi jalar punya kandungan beta karoten dan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Wortel

Memperkenalkan Sayuran pada Anak

ResepKoki.id

 

Memperkenalkan sayuran pada anak dengan wortel adalah salah satu ide yang sudah banyak diketahui para orang tua. Warnanya yang cerah serta rasanya yang manis adalah salah satu kelebihan sayuran yang kaya akan vitamin A, B dan C ini. Selain baik untuk kesehatan dan perkembangan mata, wortel punya komposisi kalsium yang tinggi dan baik untuk tulang.

Labu

Memperkenalkan Sayuran pada Anak

hellosehat.com

 

Di masa perkenalan MPASI, labu juga merupakan salah satu jenis makanan nabati yang banyak direkomendasikan. Mirip dengan ubi jalar dan wortel, labu juga memiliki rasa yang cenderung manis. Kandungan serat, kalsium dan vitamin yang tinggi membuat labu wajib Anda masukkan ke dalam menu harian si kecil. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan mulai dari bubur hingga pai labu yang sedap untuk camilannya.

Bayam

Memperkenalkan Sayuran pada Anak

viruspintar.blogspot.com

 

Untuk jenis sayuran hijau, bayam adalah yang paling direkomendasikan karena rasanya yang tidak pahit. Anda bisa membuatkan sayur bening dengan campuran bakso sapi dan pipilan jagung kesukaannya. Bisa juga membuat sajian lezat berupa nasi goreng atau sandwich bayam yang sedap untuk bekalnya sekolah.

Bayam kaya akan nutrisi seperti kalsium, zat besi, mineral, asam folat dan berbagai vitamin yang baik bagi tumbuh kembang anak. Bayam juga merupakan sayuran yang mampu mempertahankan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia dan memelihara kesehatan pencernaan si kecil.

Brokoli

Memperkenalkan Sayuran pada Anak

hellosehat.com

 

Sayuran hijau lain yang sangat direkomendasikan untuk memperkenalkan sayuran pada anak adalah brokoli. Brokoli bahkan sudah boleh diberikan sejak si kecil berada di bawah setahun. Bentuknya yang unik menjadikan brokoli sebagai pilihan food finger yang cocok untuk camilan si kecil. Jika rebusannya tidak cukup menarik perhatian anak, cobalah untuk berkreasi dengan aneka resep menarik dari internet. Ada sandwich brokoli keju, brokoli saus keju hingga ayam dan brokoli panggang keju yang bisa Anda coba di rumah.

Tomat

Memperkenalkan Sayuran pada Anak

portraitnusantara.com

 

Dengan warna merahnya yang menggugah, rasanya tomat adalah salah satu jenis makanan yang cocok untuk memperkenalkan sayuran pada anak. Tomat kaya akan likopen yang akan menjadi sumber antioksidan yang baik  untuk kekebalan tubuh si kecil. Apalagi jika anak Anda mulai aktif beraktivitas di luar rumah.

Tomat juga memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang sangat bermanfaat dalam tumbuh kembangnya. Selain dibuat jus, potongan tomat bisa Anda sajikan dalam bentuk sate dengan bakso ikan atau dada ayam kesukaannya.

Memperkenalkan sayuran pada anak memang bukan hal yang mudah. Terlebih jika si kecil adalah tipikal picky eater. Yang harus Anda lakukan adalah mencobanya dengan sabar. Jika si kecil menolak salah satu jenis sayuran di atas, jangan paksakan dan cobalah beralih pada sayuran lainnya. Jika ada kesempatan lain, Anda mungkin bisa mencobanya lagi.

Leave a reply
Konsentrasi Anak Terganggu? Bisa Jadi 5 Makanan Pelemah Otak Ini Penyebabnya!Mencegah Anak Cedera Saat Aktivitas di Luar Ruangan, Begini Caranya!
All comments (1)
  • paket outbound
    26 October 2018 at 10:44

    makan sayur sayuran sangat berguna buat tubuh di bandingkan makanan makanan lezat

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!