Cara Jitu Mengatasi Anak yang Susah Makan

5 July 2017

Anak Anda tidak berselera saat Anda suapi? Atau hanya mau makan satu jenis makanan saja? Jika iya, berarti anak Anda sedang mengalami penurunan selera makan atau susah makan. Bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan tersebut?

Susah makan pada anak merupakan salah satu masalah yang sering membuat pusing dan khawatir para orang tua. Kondisi ini jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan terjadinya gangguan tumbuh kembang pada anak. Hal ini dikarenakan untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal, diperlukan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Banyak orang tua yang merasa frustrasi menghadapi masalah ini. Namun, sebenarnya ada beberapa cara jitu mengatasi anak yang susah makan. Berikut tipsnya.

Kenali Penyebab Susah Makan Pada Anak

Anak Susah Makan

Anak Susah Makan

Susah makan pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya masalah selera makan yang hilang. Berbagai penyebabnya antara lain:

  • Gangguan pada organ pencernaan
  • Bosan dengan rasa makanan
  • Mencari perhatian
  • Tidak benar-benar lapar
  • Suasana makan yang tidak menyenangkan
  • Kenali penyebab susah makan pada anak, lalu cobalah mencari solusi yang berkaitan dengan penyebab tersebut.

Buat Variasi Makanan

Makanan Sehat

Makanan Sehat

Anda dapat membuat variasi makanan untuk mengatasi anak yang susah makan. Misalnya, membuat aneka bentuk makanan yang lucu seperti nasi berbentuk boneka atau karakter kesayangannya. Selain itu, Anda dapat membuat jadwal menu makanan selama seminggu yang berbeda setiap harinya. Variasi menu ini diharapkan dapat mengurangi rasa bosan si kecil terhadap makanan.

Menyajikan Makanan dalam Porsi Kecil

Porsi Kecil

Porsi Kecil

Terkadang orang tua lupa bahwa si kecil memiliki kapasitas lambung yang kecil pula. Mereka memaksa si anak untuk menghabiskan porsi makannya, padahal dia mungkin saja baru menghabiskan sebotol susu. Alih-alih memaksanya begitu, lebih baik sajikan makanan dalam porsi kecil—tapi berikan dengan sering. Hal ini jauh lebih efektif untuk mengatasi anak yang susah makan daripada memaksanya menghabiskan porsi makan besarnya.

Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Makan Menyenangkan

Makan Menyenangkan

Selera makan anak sering kali dipengaruhi oleh mood. Menciptakan suasana makan yang menyenangkan dapat memperbaiki mood si kecil. Jadi, hindari membentak, menakut-nakuti, atau mengancam si kecil untuk menghabiskan makanan mereka. Hal ini dapat menimbulkan trauma pada anak yang membuatnya membenci aktivitas makan.

Atur Jadwal Makan

Jadwal Makan

Jadwal Makan

Mengatur jadwal makan setiap hari dapat mencegah terjadinya susah makan pada anak. Anak yang sudah terbiasa makan dengan jadwal yang teratur akan memiliki kebiasaan makan di jam yang sama.

Mengajak Anak Menyiapkan Makanannya

Menyiapkan Makan

Menyiapkan Makan

Rasa ingin tahu anak terhadap hal-hal baru sangatlah besar. Mengajak anak terlibat dalam kegiatan menyiapkan makanannya dapat menjadi hal baru yang menarik baginya. Hal ini dapat membantu anak lebih tertarik pada makanan dan mau memakannya.

Hindari Memberikan Minuman Terlalu Sering di Sela Waktu Makan

Sering Minum Saat Makan

Sering Minum Saat Makan

Saat anak makan, usahakan untuk tidak memberikan minum terlalu sering. Hal ini dikarenakan kapasitas lambung anak sangat kecil sehingga jika sudah penuh terisi air, selera makannya akan hilang.

Siapkan Kudapan yang Sehat

Makanan Sehat Anak

Makanan Sehat Anak

Anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi anak yang susah makan, tetapi hasilnya tidak sesuai harapan. Solusi berikutnya, cobalah memberinya kudapan atau makanan ringan yang sehat. Anda dapat membuat kroket isi daging, sayur, dan keju, atau membuat puding susu dengan topping potongan buah segar. Makanan ringan tersebut tidak hanya memberikan variasi rasa, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Demikian beberapa cara jitu mengatasi susah makan pada anak. Semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Finger Painting Latih Kreativitas Anak dengan Cara MenyenangkanMemelihara Binatang Ajarkan Anak 3 Hal ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!