Bunda, Yuk Ajarkan Si Kecil Menjaga Kesehatan Mata dengan 5 Tips Berikut

20 December 2017

Sehat itu mahal harganya. Begitulah kalimat yang sering diserukan melalui iklan televisi atau radio untuk mengajak masyarakat agar selalu menjaga kesehatan. Namun, kesehatan yang dimaksud tak hanya tubuh saja, lho, Bunda. Menjaga kesehatan mata pun harus dilakukan sejak dini.

Biasanya, rabun jauh menjadi salah satu kelainan mata yang kerap menyerang anak, meskipun tak jarang pula ditemukan kelainan rabun dekat karena unsur genetik. Kondisi mata yang tak sehat pasti akan berdampak pada segala aktivitas yang dilakukan oleh si kecil. Agar kelainan tersebut tak terjadi pada si kecil, yuk ajarkan ia menjaga kesehatan mata dengan cara-cara berikut:

Tidak Menonton Televisi Terlalu Dekat

menjaga kesehatan mata

hellosehat.com

Anak-anak selalu suka menonton televisi, terlebih saat acara favorit mereka sedang tayang. Seakan tak ingin ada keseruan yang tertinggal, si kecil pun akan menyaksikan tayangan tadi dari jarak yang amat dekat. Padahal, menonton televisi terlalu dekat bisa merusak mata, karena retina harus bekerja ekstra keras untuk mengatur cahaya dari televisi yang masuk ke mata.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa memberikan batas berupa garis dari lakban yang menandakan jarak minimum si kecil untuk menonton televisi. Jangan lupa dampingi si kecil saat ia sedang menonton televisi ya, Bunda, dan jelaskan mengapa si kecil tidak boleh menonton televisi terlalu dekat.

Biasakan Anak untuk Tidak Membaca Sambil Tiduran

menjaga kesehatan mata

educenter.co.id

Cara menjaga kesehatan mata yang kedua adalah membiasakan si kecil membaca sembari duduk. Membaca di kamar, terutama di atas tempat tidur pasti membuat rasa kantuk cepat menyerang. Inilah yang kemudian membuat si kecil tanpa sadar merebahkan badannya sambil terus membaca.

Padahal, membaca sambil tiduran hanya akan mempercepat terjadinya rabun jauh, karena saat tiduran, buku yang dibacanya pun semakin dekat jaraknya ke mata. Selain itu, membaca sambil tiduran juga akan membuat mata jereng atau kedua bola mata hitam tak simetris posisinya.

Tidak Berlama-Lama Memandangi Layar Komputer

menjaga kesehatan mata

ingeniero.abranera.com

Kebiasaan lain yang mampu merusak mata adalah berlama-lama memandangi layar komputer tanpa beristirahat. Laiknya televisi, layar komputer juga memancarkan cahaya yang begitu terang. Masalahnya, layar komputer tidak mungkin dilihat dari jarak tertentu, karena harus dioperasikan dengan kedua tangan. Menatap layar dari jarak yang begitu dekat pun tak mungkin bisa dihindari.

Tak hanya komputer, terlalu lama menatap layar ponsel pun akan berakibat sama, apalagi keberadaan benda tersebut kini semakin tak bisa dipisahkan dari si kecil. Solusinya, Bunda hanya perlu membatasi waktu si kecil berinteraksi dengan komputer atau pun ponsel, misalnya dua jam setiap harinya.

Rajin Mengonsumsi Buah dan Sayur

menjaga kesehatan mata

i1.wp.com

Mengonsumsi buah dan sayur menjadi cara yang bisa dibilang ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan, buah dan sayur yang kaya serat ini juga memiliki efek yang positif untuk kesehatan tubuh lainnya, seperti menjaga kesehatan kulit dan pencernaan. Hal ini disebabkan karena buah dan sayur mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh, termasuk mata.

Rutin Memeriksakan Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

adriaticmedianethr.files.wordpress.com

Cara menjaga kesehatan mata yang tak kalah pentingnya dengan mengonsumsi buah dan sayur juga membiasakan diri untuk tidak melakukan aktivitas yang merusak mata adalah rutin memeriksakan kesehatan mata. Meskipun Bunda telah membiasakan hal-hal tersebut, tak ada salahnya untuk tetap membawa si kecil ke dokter mata minimal setiap enam bulan sekali. Dengan demikian, Bunda bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mata si kecil dengan lebih jelas dan detail.

Nah, itu dia tips ringan untuk mengajari si kecil menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

Leave a reply
Kenali 6 Ciri Anak Siap Sekolah Berikut Ini Yuk, Bunda!5 Menu Sarapan Sehat untuk Mengawali Aktivitas Si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!