6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Saat Musim Hujan Tiba

17 November 2017

Di penghujung bulan September, matahari sudah mulai jarang terlihat, sementara langit mendung dan rintik hujan kian kerap menyapa. Ya, musim hujan sudah tiba, dan ini berarti payung dan jas hujan mulai kembali diperlukan. Akan tetapi, hal lain yang tidak boleh terlupa bagi Bunda adalah menjaga kesehatan tubuh anak dan keluarga.

Cuaca yang tak menentu dan kelembapan udara yang tinggi menjadi penyebab utama munculnya virus dan bakteri penyebab penyakit, seperti demam, flu, bahkan tipus. Jika tidak dijaga dengan baik, kekebalan tubuh si kecil pun lama kelamaan akan menurun dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, lakukan tips menjaga kesehatan tubuh anak berikut ini untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil:

Jaga Makanan Si Kecil

Jaga Makanan Si Kecil - Joy Bauer

Jaga Makanan Si Kecil – Joy Bauer

Agar senantiasa terhindar dari penyakit, si kecil harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Hal ini bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil. Bunda bisa memasak makanan berkuah, seperti sayur sup atau bayam. Pastikan si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan sebaiknya hindari konsumsi es ketika musim hujan tiba, karena dapat menyebabkan radang tenggorokan, batuk, dan pilek.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup - SIstirahat yang Cukup - SheKnowsheKnows

Istirahat yang Cukup – SheKnows

Tips menjaga kesehatan tubuh anak saat musim hujan tiba berikutnya adalah dengan cukup beristirahat. Biasakan si kecil untuk tidur siang minimal 2 jam setiap harinya, dan jangan sampai ia terjaga hingga larut malam. Paling tidak, pastikan si kecil sudah tidur maksimal pukul 10 malam. Jangan sampai si kecil kurang tidur, karena akan menyebabkan tubuhnya menjadi lemas, tak bertenaga, dan rentan terserang penyakit.

Konsumsi Vitamin

Konsumsi Vitamin - Bebee.ro

Konsumsi Vitamin – Bebee.ro

Cara paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh anak ketika memasuki musim hujan adalah dengan mengonsumsi vitamin, terutama vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh. Saat masa peralihan, tubuh akan mengalami proses penyesuaian yang menyebabkan berkurangnya imunitas. Pada saat inilah Bunda harus sigap memberikan si kecil asupan vitamin C, agar imunitasnya tetap terjaga.

Selalu Sediakan Payung atau Jas Hujan Saat di Luar Rumah

Sediakan Payung - Baby Digezt

Sediakan Payung – Baby Digezt

Saat si kecil pergi ke sekolah atau beraktivitas di luar rumah, selalu sediakan payung atau jas hujan ya Bunda. Memang, anak-anak sangat suka bermain hujan. Namun, tubuh yang terkena guyuran air dalam waktu lama akan sangat mudah terserang demam dan flu. Jika Bunda lupa membekali si kecil dengan payung atau jas hujan, jemputlah si kecil setelah ia selesai beraktivitas untuk mencegahnya pulang ke rumah menerjang hujan.

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih - Momjunction

Perbanyak Minum Air Putih – Momjunction

Udara dan cuaca yang dingin lebih cenderung mengundang rasa lapar daripada haus, sehingga si kecil pasti akan lebih sering makan daripada minum. Padahal, minum air putih juga bisa membantu menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh. Dehidrasi tidak terjadi pada musim kemarau saja, lho, Bunda, jadi perhatikan asupan cairan si kecil ya.

Jaga Kebersihan Rumah

Jaga Kebersihan Rumah - Businessinsider.com

Jaga Kebersihan Rumah – Businessinsider.com

Tips menjaga kesehatan tubuh anak yang terakhir adalah selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Bersihkan selokan dan tutup tempat penampungan air, karena nyamuk menyukai tempat-tempat kotor dan air yang menggenang. Ingatkan si kecil dan keluarga untuk selalu mencuci tangan memakai sabun sehabis beraktivitas, selepas menggunakan toilet, dan sebelum makan.

Menjaga kesehatan tubuh anak tidak sulit kok, Bunda. Justru mengobati si kecil yang sakit lebih menguras tenaga dan pikiran. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Leave a reply
5 Makanan Berserat yang Baik untuk Pencernaan Anak6 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!