Manfaat Sarapan bagi Si Kecil

3 November 2018

Tahukah Bunda? Sarapan sebelum beraktifitas sangatlah penting bagi si kecil. Bukan hanya sekedar mengisi perut yang kosong setelah tidur malam yang panjang, namun rutinitas wajib di pagi hari ini memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si kecil. Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat sarapan bagi si Kecil dan kombinasi sarapan yang tepat? Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Sarapan bagi Si Kecil

Manfaat Sarapan

hellosehat.com

Pagi hari ketika si kecil bangun tidur, cadangan energi dan nutrisinya sudah habis. Oleh karenanya, dia membutuhkan asupan nutrisi yang baru. Selain sebagai isi ulang energi, berikut ini manfaat sarapan bagi buah hati Anda:

  1. Mendukung pertumbuhan dan memenuhi kebutuhan gizi anak
Manfaat Sarapan

clubnutricia.co.id

Pada masa pertumbuhan, anak memerlukan energi dan nutrisi yang cukup. Dengan sarapan dan makan teratur tiga kali sehari, kebutuhan nutrisi tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Sarapan di pagi hari akan membantu anak untuk lebih fokus dan produktif. Selain itu, sarapan juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak.

  1. Mengurangi risiko obesitas
Manfaat Sarapan

cintaihidup.com

Anak yang terbiasa sarapan setiap pagi cenderung memiliki berat badan yang ideal dibanding mereka yang melewatkan sarapannya. Karena ketika anak tidak sarapan, dia cenderung menghabiskan makan siang dalam porsi besar dan banyak ngemil.

  1. Melatih pola makan yang baik
Manfaat Sarapan

educenter.id

Anak yang terbiasa sarapan, umumnya memiliki pola makan yang baik dan teratur. Kebiasaan sehat ini dapat membantu melindungi tubuhnya dari penyakit.

 

Panduan Sarapan Sehat agar Si Kecil Mendapatkan Manfaat Sarapan

Manfaat Sarapan

nestle-cereals.com

 

Sereal merupakan menu sarapan yang praktis. Namun, meski diklaim terbuat dari gandum utuh dan menyehatkan, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih menu sarapan yang satu ini. Perhatikan komposisi dari sereal yang Anda beli. Karena beberapa jenis sereal terkadang mengandung terlalu banyak pemanis, pewarna makanan, dan penyedap. Jika Anda ingin menambahkan susu pada sereal Si Kecil, pilih jenis susu yang tidak mengandung gula agar konsumsi gulanya tidak berlebihan.

Kombinasi sarapan sehat seharusnya bukan sekadar sebagai pengganjal perut si kecil saja, namun memiliki nilai gizi yang seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin, lemak, serat, dan air. Adapun beberapa bahan makanan yang dapat dipilih untuk mendapatkan manfaat sarapan, antara lain:

  • Sumber karbohidrat: roti gandum, nasi, kentang, oatmeal, biji-bijian, atau nasi merah.
  • Lauk pauk untukmemenuhikebutuhanprotein tubuh: ayam, telur, susu, daging tanpa lemak, tahu, atau tempe.
  • Buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral: pisang, pepaya, apel, stroberi, jeruk, selada, tomat, wortel, buncis, ketimun, atau buah dan sayur lainnya.
  • Air: bisa diperoleh dari buah dan sayur, susu, yoghurt, atau air putih.

Pantangan dalam Sarapan Si Kecil

Manfaat Sarapan

bonusfamilies.com

Selain manfaat sarapan, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat mempersiapkan sarapan Si Kecil:

  • Berlebihan dalam sarapan
Manfaat Sarapan

parentingclub.co.id

Takaran yang dianjurkan dalam satu piring sarapan adalah 4/5 porsi karbohidrat, 1/4 porsi lauk pauk, dan 1/2 porsi sumber vitamin dan mineral (buah dan sayur). Sarapan yang berlebihan justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada anak.

  • Sarapan dengan menu yang sama setiap hari
Manfaat Sarapan

hellosehat.com

Berikan variasi menu pada sarapan Si Kecil agar dia tidak bosan. Selain itu, sarapan dengan menu yang sama setiap hari dapat membuat Si Kecil kekurangan sumber gizi tertentu.

  • Jam sarapan terlalu siang
Manfaat Sarapan

hellosehat.com

Ketika tidur malam, seluruh cadangan energi Si Kecil sudah terkuras habis. Oleh karena itu, dia membutuhkan asupan energi sesegera mungkin untuk memulai segala aktifitas di pagi hari. Jadi, jangan tunda sarapannya.

Nah, ternyata ada banyak sekali manfaat sarapan bagi tumbuh kembang Si Kecil, ya, Bunda. Oleh karena itu, jangan sampai buah hati Anda melewatkan sarapannya, ya!

Leave a reply
Pencegahan Stunting pada Anak, Ini yang Harus DilakukanCara Jitu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!