5 Cara untuk Dapat Meningkatkan Ikatan Emosional dengan Anak

23 July 2019

Agar tumbuh kembang anak optimal, tentu setiap orangtua akan memberikan apa pun yang terbaik baginya. Tetapi apakah Anda tahu bahwa tak hanya mengasah kecerdasan fisik dan otak anak saja, namun juga kecerdasan emosionalnya. Salah satu caranya adalah membangun ikatan emosional dengan anak; kedekatan ini akan memengaruhi karakter anak pada usia selanjutnya.

Anak-anak yang memiliki kedekatan emosional dengan orangtuanya biasanya memiliki sifat dan perilaku yang baik, mudah bergaul, memiliki antusias dan minat belajar yang tinggi. Selain itu pula, anak akan lebih mudah bersikap empati dengan orang lain. Tanpa kedekatan emosional, maka anak akan lebih agresif dan sulit diatur.

Seiring dengan berjalannya waktu, menjalin ikatan emosional dengan anak merupakan sebuah momen tersendiri yang akan selalu diingat oleh sang buah hati. Namun bagaimana caranya untuk membangun kedekatan antara orangt ua dan anak? Berikut ini adalah 5 cara untuk membangun ikatan emosional dengan anak dalam kehidupan sehari-hari:

Sesi Membaca Buku Bersama Anak

Ikatan Emosional dengan Anak

pixabay.com

Telah terbukti bahwa bila orang tua sering membacakan buku cerita untuk anak, maka dapat membantunya mengasah kemampuan berbahasa dan membaca. Tak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjalin ikatan emosional dengan anak karena merupakan kegiatan intim yang tak akan dilupakan.

Maka luangkanlah waktu sekitar 10 sampai 20 menit per hari untuk membacakan dongeng atau buku cerita sebelum anak tidur, kemudian ucapkan selamat tidur dan mengecup keningnya. Hal ini dapat tersimpan dalam ingatan anak dan tidak menyita banyak waktu.

Bermain Bersama Anak

Ikatan Emosional dengan Anak

pixabay.com

Kegiatan bermain bersama orang tua merupakan hal yang menyenangkan bagi si kecil. Maka sempatkanlah waktu untuk bermain bersamanya. Misalnya bermain boneka, bermain peran, atau bermain sepeda bersama. Dengan bermain bersama, anak akan menganggap orang tua mereka adalah sahabat mereka juga. Maka lama kelamaan akan membangun ikatan emosional dengan anak ketika ia sudah mulai merasa nyaman dengan Anda.

Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Ikatan Emosional dengan Anak

pixabay.com

Sama seperti bermain, melakukan kegiatan menyenangkan seperti bernyanyi, menari, menggambar, atau berkebun juga dapat mempererat ikatan emosional dengan anak. Melalui beragam kegiatan yang dilakukan bersama anak, ia akan terbuka secara emosional dan menunjukkan ekspresinya secara bebas. Ketika anak mulai merasa nyaman, maka ia akan lebih sering mengajak Anda untuk menghabiskan waktu bersama. Sungguh menggembirakan, ya?

Mendengarkan Anak Bercerita

Ikatan Emosional dengan Anak

pixabay.com

Ketika anak mulai lancar berbicara, ia akan senang bercerita mengenai apa saja yang ia alami hari itu, atau membicarakan perasaannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendengarkan saja apa yang si kecil ceritakan dan berikan pemahaman bahwa Anda memahami perasaan mereka.

Ketika anak merasa bahwa orang tua mereka adalah seorang pendengar yang baik, anak akan lebih terbuka dengan orangtuanya untuk mengutarakan apa yang ada di pikiran maupun perasaan mereka. Cobalah Anda mengerti anak melalui perspektifnya agar mudah memahami perasaannya.

Mengekspresikan Rasa Sayang

Ikatan Emosional dengan Anak

pixabay.com

Terkadang anak belum mengetahui bagaimana caranya untuk mengungkapkan rasa sayangnya kepada orang tua. Oleh sebab itu, ajarkan anak untuk mengekspresikan rasa sayangnya dengan menunjukkan bagaimana melakukannya.

Anda dapat menunjukkan rasa sayang dengan pelukan, ciuman di kening, atau dengan kata-kata dan perlakuan yang menunjukkan rasa sayang Anda. Dengan mengutarakan perasaan sayang Anda melalui hal tersebut, maka akan membantu untuk meningkatkan ikatan emosional dengan anak. Selain itu, anak akan lebih mudah terbuka tentang perasaannya kepada Anda.

Cara-cara di atas tadi tak hanya mempererat ikatan emosional dengan anak, tetapi juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengekspresikan rasa sayang Anda kepada anak. Apakah Anda siap mencobanya?

Leave a reply
Yuk, Kenali 5 Hal yang Sering Bikin Balita Merasa Takut!5 Tips Agar Anak Kembali Semangat Bersekolah Usai Nikmati Liburan Panjang

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!