Stimulasi Simpel Ini Bikin Si Kecil Jadi Anak yang Bahagia Loh

8 January 2019

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Mereka ingin si kecil tumbuh dengan perasaan dicintai, berhasil mewujudkan mimpi, dan menemukan kesuksesannya di masa depan. Namun pada dasarnya, sebagian besar orang tua menginginkan satu hal, yakni membesarkan anak yang bahagia. Karena itu, berikut adalah beberapa stimulasi sederhana yang bisa membantu Anda untuk membuat si kecil jadi anak yang bahagia.

Membacakan dongeng setiap hari

Anak yang Bahagia

pixabay.com

 

Ini adalah salah satu cara termudah untuk membahagiakan anak Anda. Saat membacakan dongeng untuknya, gunakan suara yang berbeda pada setiap karakter. Hal itu akan memberi anak pengalaman membaca yang lebih jelas dan positif. Selain itu, stimulasi sederhana ini juga sangat bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan membaca anak. Seperti dipaparkan oleh Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research, membacakan cerita dengan suara lantang setiap hari akan membuat perkembangan si kecil satu tahun lebih cepat daripada anak-anak yang tidak menerima rangsangan tersebut. Ditambah lagi, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan anak.

Membuat jurnal inspirasi bersama si kecil

Anak yang Bahagia

Pixabay.com

 

Yuk, bantu si kecil untuk mulai merekam kisahnya sendiri! Dengan menyimpan catatan tertulis tentang inspirasi, temuan, pertanyaan, dan pengalaman hariannya, anak dapat belajar banyak hal. Anda juga bisa membantunya menuliskan momen konkretnya, seperti misalnya ketika si kecil melihat lautan untuk pertama kalinya atau menghabiskan malam di rumah kakek-nenek, atau apa yang ia perhatikan ketika bepergian dengan kereta api. Suatu hari nanti, itu pasti akan menjadi kenangan yang sangat berharga untuknya. Dengan meluangkan waktu untuk menuliskan ide dan pengalamannya, anak-anak bisa belajar banyak kata dan pengalaman penting lainnya.

Bernyanyi

Anak yang Bahagia

pixabay.com

 

Musik dapat memengaruhi emosi dan membantu anak untuk belajar banyak hal. Karena itu, jangan ragu untuk sering mengajak anak bernyanyi bersama. Ini merupakan salah satu kegiatan seru yang bisa membuat si kecil jadi anak yang bahagia. Untuk balita misalnya, Anda bisa menyanyikan lagu pengantar tidur atau lagu dengan alunan musik menenangkan. Sementara bagi anak yang lebih besar, lagu juga dapat memperkenalkan ide dan kosa kata yang rumit.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Queensland di Australia pada 2015 menunjukkan bahwa musik juga dapat meningkatkan keterampilan sosial anak. Peneliti menemukan bahwa kombinasi unik dari interaksi tatap muka, kreativitas, dan suara dapat memperkuat hubungan emosional yang positif dan memupuk rasa empatik pada anak-anak.

Memasak bersama

Anak yang Bahagia

nomsterchef.com

 

Anda juga bisa meluangkan waktu untuk memasak bersama si kecil. Jadikan ia asisten koki Anda dan cobalah untuk memasak sesuatu yang mudah. Kegiatan ini akan memberi Anda kesempatan untuk berbicara dan mengajarkan anak hal-hal baru. Anda bisa mengenalkan kepadanya nama rempah-rempah, sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Tanpa ia sadari, si kecil telah mempelajari banyak kosa kata baru bersama Anda. Dan yang terpenting, semua itu ia lakukan dengan hati bahagia.

Membuat sebuah misi keluarga

Anak yang Bahagia

ids.uni.edu

 

Ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk membangun dasar yang kuat bagi keluarga Anda, sehingga si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang bahagia serta cerdas saat dewasa. Pertama, jadikanlah pendapat dan ide anak sebagai pusat dalam stimulasi ini. Tanyakan kepada si kecil bagaimana ia ingin orang lain melihat keluarganya, lalu coba pahami setiap ucapannya. Setelah itu, susunlah sebuah misi keluarga dengan si kecil. Ajak ia untuk menerjemahkan ide-idenya ke dalam tindakan nyata.

Inilah lima stimulasi sederhana yang bisa Anda coba untuk mendorong si kecil menjadi anak yang bahagia. Semoga bermanfaat!

Leave a reply
Anak Sering Susah BAB? Mungkin Ini Beberapa PenyebabnyaIngin Bawa Balita ke Pantai? Sebaiknya Perhatikan Ini Ya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!