Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

16 February 2018

Di era globalisasi saat ini, Anda pasti tahu jika bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting untuk dikuasai. Anda dituntut untuk dapat bersaing dalam beberapa bidang. Bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk mempermudah Anda dalam berkomunikasi untuk mencapai kesuksesan. Untuk itulah, bahasa Inggris sudah harus dipelajari sejak usia dini. Mengajarkan anak bahasa Inggris sejak dini akan mempersiapkan anak untuk meraih masa depannya. Seperti contohnya, ketika anak ingin melanjutkan studi di luar negeri ataupun untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan di luar negeri. Tidak hanya itu, mengajarkan anak bahasa Inggris ternyata juga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan juga daya ingatnya, lho.

Selain itu, saat masih balita, anak akan menyerap berbagai macam hal dengan sangat baik, termasuk juga dalam hal keterampilan berbahasa asing. Nah, agar anak tidak pusing saat belajar bahasa Inggris, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mengajarkan anak bahasa Inggris.

Gunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari

Gunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari - 1.bp.blogspot.com

Gunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari – 1.bp.blogspot.com

Bahasa Inggris akan lebih mudah diserap jika selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari. Anda bisa menyisipkan bahasa Inggris saat sedang mengobrol dengan anak atau saat membacakan buku sebelum tidur. Anda juga bisa memberikan sapaan ataupun pertanyaan dalam bahasa Inggris. Seperti contohnya, memberikan sapaan “good morning, how’s your day?” atau “have a nice day”.

Kenalkan bahasa Inggris dengan benda-benda di sekitar

Kenalkan bahasa Inggris dengan benda-benda di sekitar - hellosehat.com

Kenalkan bahasa Inggris dengan benda-benda di sekitar – hellosehat.com

Anda bisa mengajarkan anak bahasa Inggris dengan mengenalkan benda-benda yang ada di sekitar rumah. Anda bisa melakukannya dengan melakukan permainan, seperti bermain tebak-tebakan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nama-nama hewan yang ada di lingkungan rumah.

Mengajarkan bahasa Inggris melalui video

Mengajarkan bahasa Inggris melalui video - tctechcrunch2011.files.wordpress.com

Mengajarkan bahasa Inggris melalui video – tctechcrunch2011.files.wordpress.com

Saat ini banyak sekali video berbahasa Inggris yang bisa Anda temukan di Youtube. Hal ini tentu saja akan sangat mempermudah Anda dalam mengajarkan anak bahasa Inggris. Anda bisa mengajarinya sambil bernyanyi atau menari. Anak akan mengikuti nyanyian yang mereka dengar. Nah, sesekali Anda memperbaiki kata-kata yang salah diucapkannya. Tentu saja metode ini akan memudahkan anak dalam menyerap pelajaran karena menggunakan otak kanan dan kirinya.

Mengajarkan bahasa Inggris sambil bermain

Mengajarkan bahasa Inggris sambil bermain - daysofthanksgiving.com

Mengajarkan bahasa Inggris sambil bermain – daysofthanksgiving.com

Masa anak-anak tentunya akan dihabiskan untuk bermain. Nah, Anda bisa memanfaatkan permainan untuk mengajarkan anak bahasa Inggris. Anda bisa menggunakan kartu bergambar atau disebut juga flash cards, yang bergambar buah-buahan, hewan ataupun angka yang mempunyai keterangan dalam bahasa Inggris. Jadi, sambil bermain, anak juga akan belajar mengenal aneka buah, hewan dan angka dalam bahasa Inggris.

Mengajarkan bahasa Inggris dengan buku bacaan

Mengajarkan bahasa Inggris dengan buku bacaan - www.sehatfresh.com

Mengajarkan bahasa Inggris dengan buku bacaan – www.sehatfresh.com

Salah satu cara asyik mengajarkan anak bahasa Inggris adalah dengan menggunakan buku bacaan yang penuh warna dan ilustrasi. Warnanya yang cerah akan menarik perhatian anak. Anda bisa mengajarkan anak berbagai macam kosakata baru dari buku bacaan tersebut. Jika anak sudah banyak menguasai kosakata baru, Anda bisa mengajarinya dengan membacakan buku cerita atau dongeng.

Ajarkan secara rutin

Ajarkan secara rutin - englishquantum.com

Ajarkan secara rutin – englishquantum.com

Salah satu kunci sukses mengajarkan anak bahasa Inggris adalah rutin untuk mengulang pelajaran yang sudah lalu. Hal ini akan terus melatih daya ingatnya dan melatih lidahnya agar semakin luwes saat berbicara dalam bahasa Inggris.  Jadi, jangan pernah bosan untuk  mengulang, ya!

Nah, itu tadi beberapa hal yang Anda bisa lakukan saat mengajarkan anak bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Leave a reply
Bunda, Perhatikan Hal Ini agar Tidak Salah Memilih Sekolah AnakTidak Selalu Buruk, Ini Beberapa Dampak Positif Bermain Bagi Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!